Semua Tentang Jamur Permukaan dan Cara untuk Menghilangkannya

Bagaimana cara mengatasi jamur permukaan? Apakah menurunkan kelembaban udara saja cukup dilakukan? Simak jawabannya di sini.

Kami antijamur.net mengembangkan informasi berikut untuk mengatasi beberapa pertanyaan dan kekhawatiran paling umum tentang jamur permukaan dalam ruangan (biasanya tumbuh di atas perabotan, kusen, dinding kayu, wallpaper, lantai kayu), bagaimana hal itu mempengaruhi kesehatan manusia, dan cara-cara bagaimana Anda dapat mencegah atau membasminya.

  • Apa itu jamur permukaan?
  • Apa yang membuat jamur tumbuh?
  • Haruskah saya khawatir tentang jamur di rumah saya?
  • Masalah kesehatan apa yang bisa disebabkan oleh jamur?
  • Bagaimana saya bisa tahu jika ada jamur di rumah saya; Haruskah saya menguji rumah saya apakah sudah terserang jamur?
  • Bagaimana saya bisa terkena jamur?
  • Berapa banyak jamur yang dibutuhkan untuk membuat saya sakit?
  • Apakah ada beberapa jamur lebih berbahaya daripada yang lain?
  • Apa itu chartorum Stachybotrys?
  • Bagaimana Stachybotrys bisa mempengaruhi kesehatan saya?
  • Bagaimana saya tahu kapan Stachybotrys chartarum hadir di rumah saya?
  • Bagaimana saya bisa mencegah pertumbuhan jamur di perabotan dalam rumah?
  • Bagaimana Jamur Harus Dibersihkan?
  • Haruskah pemutih atau biosida lainnya (desinfektan, pembersih, atau fungisida) digunakan untuk membunuh jamur?
  • Haruskah saya menggunakan generator ozon untuk mengatasi masalah jamur dalam rumah yang ada?
  • Siapa yang harus melakukan pembersihan?
  • Siapa yang bisa saya hubungi jika saya menduga bahwa saya memiliki masalah jamur, atau jika saya menginginkan lebih banyak informasi tentang jamur dalam ruangan?

Apa itu jamur permukaan?

Jamur ini (mold)  adalah jenis fungi. Mereka tumbuh di lingkungan sekitar rumah yang lembab. Partikel kecil jamur ditemukan di mana-mana, terbang diudara dalam dan luar ruangan. Di alam, jamur membantu memecah bahan mati, dan dapat ditemukan tumbuh di tanah, makanan, tanaman dan barang lainnya. Jamur juga sangat umum di bangunan dan rumah yang merusak perabotan Anda. Jamur membutuhkan kelembaban untuk tumbuh. Di dalam ruangan, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jamur dapat ditemukan dimana tingkat kelembaban tinggi, seperti ruang yang gelap dan kurang ventilasi, kmar tidur, ruang tamu, kamar mandi, ruang bawah tanah dan pancuran. Jamur menghasilkan sel mikroskopik yang disebut “spora” yang menyebar dengan mudah melalui udara. Spora juga bisa disebarkan oleh air dan serangga. Spora hidup seperti biji, membentuk koloni jamur baru saat mereka menemukan kondisi yang tepat.

Apa yang membuat jamur permukaan tumbuh?

Jamur hanya membutuhkan beberapa hal untuk tumbuh dan berkembang biak:

  • Nutrisi (makanan)
  • Tempat yang cocok untuk tumbuh
  • Kelembaban

Banyak bahan bangunan (seperti kayu dan kayu olahan) Menyediakan makanan yang bisa mendukung pertumbuhan jamur. Bahkan debu yang telah menempel pada bahan atau perabotan ini bisa menjadi sumber makanan jamur. Jamur bisa tumbuh hampir di mana saja asalakan ada cukup kelembaban atau kelembaban tinggi. Mengontrol kelembaban adalah kunci untuk menghentikan pertumbuhan jamur dalam ruangan, karena semua jamur memerlukan air untuk tumbuh. Kelembaban bisa berasal dari:

Antisipasi Banjir Dengan Furniture Tahan Banjir
  • Banjir dari luar (air hujan, sungai yang meluap, arus, gelombang badai, dll.)
  • Banjir dari dalam ruangan (meluap dari bak mandi, tumpahan yang tidk segera dibersihkan, toilet, wadah pengeringan udara atau sistem pembuangan limbah)
  • Kondensasi (disebabkan kelembaban dalam ruangan yang terlalu tinggi atau permukaan yang terlalu dingin)
  • Air bocor dari luar bangunan (atap, dinding, lantai)
  • Pipa saluran air dalam ruangan atau pipa air yang rusak
  • Penyedotan udara yang buruk dari kelembaban dapur dan kamar mandi (uap dari shower atau uap sehabis memasak)
  • Penggunaan humidifier
  • Mengeringkan pakaian basah di dalam ruangan, atau tidak menggunakan pengering pakaian di luar ruangan (termasuk pengering listrik)
  • Tanaman rumah (disiram air, dll)
  • Kelembaban dari tubuh kita (keringat, rambut basah di bantal, nafas)
  • Hangat, udara lembab dari luar ruangan
  • Tumpahan cairan

Haruskah saya khawatir tentang jamur permukaan di rumah saya?

Iya dan tidak. Di satu sisi, akan selalu ada jamur di rumah Anda dalam bentuk spora dan potongan sel jamur. Kehadiran jamur di udara normal. Di sisi lain, seseorang seharusnya tidak membiarkan jamur tumbuh dan berkembang biak di dalam rumah. Bila ini terjadi, tingkat keterpaparan Anda dapat meningkat, sehingga meningkatkan risiko masalah kesehatan potensial.

Bahan bangunan, barang rumah tangga dan perabotan juga bisa rusak. Mould (jamur permukaan) perlu makan untuk bertahan hidup, dan sangat senang makan rumah Anda jika Anda mengizinkannya. Namun ada baiknya jika aware terhadap resiko bahaya jamur bagi kesehatan kita.

Masalah kesehatan apa yang bisa disebabkan oleh jamur?

Ada empat jenis masalah kesehatan yang timbul dari paparan jamur: penyakit alergi, efek iritan, infeksi, dan efek toksik. Bagi orang yang peka terhadap jamur, gejala seperti iritasi hidung dan sinus atau hidung mampet, batuk kering, mengi, ruam kulit atau terbakar, mata berair atau memerah bisa terjadi. Orang dengan alergi parah pada jamur mungkin memiliki reaksi yang lebih serius, seperti gejala seperti demam atau sesak napas. Orang dengan penyakit kronis atau orang dengan masalah sistem kekebalan mungkin lebih mungkin terkena infeksi dari jamur, virus dan bakteri tertentu. Jamur juga bisa memicu serangan asma pada penderita asma. Sakit kepala, masalah ingatan, perubahan suasana hati, mimisan dan nyeri tubuh kadang-kadang dilaporkan terjadi dalam keluhan luka, namun penyebab gejala fisik ini belum dipahami.

Efek toksik dari jamur tertentu tidak dipahami dengan baik, dan saat ini merupakan topik yang kontroversial di komunitas medis dan ilmiah. Ada bukti efek toksik jangka panjang spesifik dari mengonsumsi makanan dengan toksin jamur.

 

Obat Kayu Yang Ampuh Atasi Jamur Permukaan Pada Kabinet

Sayangnya, sangat sedikit yang diketahui mengenai risiko kesehatan sebenarnya dari pernapasan atau kontak kulit dengan racun jamur. Penyakit alergi sekarang dianggap sebagai masalah kesehatan yang paling mungkin terkait dengan eksposur jamur. Penelitian tentang efek kesehatan yang mungkin terkait dengan paparan jamur berlanjut sampai sekarang.

Bagaimana saya bisa tahu apakah ada jamur di rumah saya, atau haruskah saya menguji rumah saya unutk mengetahui adanya jamur?

Pertumbuhan jamur dalam ruangan biasanya bisa terlihat atau berbau. Dalam kebanyakan kasus, jika pertumbuhan jamur terlihat ada, pengambilan sampel tidak diperlukan. Tidak ada standar berbasis kesehatan atau pencahayaan yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi hasil sampling jamur. Departemen Kesehatan tidak merekomendasikan pengujian jamur atau pengambilan sampel untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah jamur, atau untuk melihat jenis jamur yang mungkin tumbuh. Sampling untuk jamur di udara bisa mahal dan, jika dikerjakan, sebaiknya hanya dilakukan oleh para profesional berpengalaman. Selidiki masalah jamur dengan cara berikut ini:

  • Carilah pertumbuhan jamur yang terlihat (mungkin terlihat seperti kapas, beludru, kasar, atau kasar dan memiliki warna yang berbeda seperti putih, abu-abu, coklat, hitam, kuning, atau hijau). Jamur sering muncul sebagai pewarnaan atau pertumbuhan yang kabur pada furnitur atau bahan bangunan (dinding, langit-langit, atau apapun yang terbuat dari kayu atau kertas). Carilah tanda-tanda kerusakan kelembaban atau air (kebocoran air, air berdiri, noda air, kondensasi, dll.).
  • Periksa di sekitar unit penanganan udara (AC, tungku). Periksa secara rutin kumparan evaporator, permukaan liner, dan saluran pembuangan udara.
  • Cari daerah di mana Anda melihat bau jamur. Jika Anda bisa mencium bau apek, rumah Anda mungkin sudah dijangkiti masalah jamur.
  • Jika orang-orang alergi jamur memiliki beberapa gejala yang tercantum di atas saat berada di rumah Anda, Anda mungkin memiliki masalah jamur.

Bagaimana saya bisa terkena jamur permukaan?

Jamur hampir di mana-mana, mengapung di udara dan di semua permukaan. Orang terkena jamur 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dan 365 hari setahun. Eksposur meningkat saat bahan mouldy dalam ruangan menjadi kering, rusak atau terganggu, menyebabkan spora dan sel jamur lainnya dilepaskan ke udara lalu dihirup. Paparan yang meningkat juga bisa terjadi jika orang langsung menangani bahan mouldy atau sengaja memakan jamur.

Berapa banyak jamur yang dibutuhkan untuk membuat saya sakit?

Itu tergantung situasinya dan orangnya. Pertanyaan ini sulit dijawab dengan cara yang sama sulit untuk mengatakan berapa banyak sinar matahari yang menyebabkan sengatan sinar matahari: jumlahnya bervariasi dari orang ke orang. Apa yang bisa ditolerir seseorang dengan efek sedikit atau tidak ada dapat menyebabkan gejala pada orang lain.

Kehadiran jangka panjang jamur indoor akhirnya bisa menjadi tidak sehat bagi siapa saja. Mereka yang memiliki masalah kesehatan khusus harus berkonsultasi dengan dokter medis jika mereka merasa kesehatannya dipengaruhi oleh jamur dalam ruangan. Jenis orang berikut mungkin akan terpengaruh lebih cepat dan lebih parah akibat serangan jamur dalam rumah daripada yang lain:

  • Bayi dan anak-anak
  • Orang tua
  • Individu dengan kondisi pernapasan kronis atau alergi atau asma
  • Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah (misalnya, orang dengan HIV atau AIDS, atau penerima transplantasi organ)

Apakah beberapa jamur lebih berbahaya daripada yang lain?

Beberapa jenis jamur bisa menghasilkan bahan kimia yang disebut “mycotoxins”. Jamur ini biasa terjadi, dan kadang-kadang disebut sebagai “jamur toksik”. Ada sedikit laporan bahwa “jamur racun” di dalam rumah dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang unik atau langka. Jika Anda pikir Anda memiliki masalah jamur di rumah Anda, Anda tidak perlu mencari tahu jenis jamur apa yang mungkin ada di dalam rumah Anda. Semua jamur harus diperlakukan sama bila menyangkut risiko kesehatan dan pemindahan. Semua pertumbuhan jamur dalam ruangan harus segera dilepaskan, tidak peduli jenis jamur apa yang ada, atau apakah dapat menghasilkan mikotoksin atau tidak.

Apa itu chartorum Stachybotrys?

Stachybotrys chartarum (juga dikenal sebagai atlas Stachybotrys) adalah jamur hitam kehijauan yang dapat tumbuh pada bahan seperti drywall atau sheetrock, plafon/ langit-langit dan kayu saat menjadi lembab. Tidak semua jamur hitam kehijauan adalah Stachybotrys chartarum.

Beberapa strain Stachybotrys chartarum dapat menghasilkan mycotoxins. Apakah jamur menghasilkan mikotoksin tergantung pada apa jamur tumbuh dan kondisi seperti suhu, pH, kelembaban atau faktor lainnya. Bila mikotoksin hadir, keduanya terjadi pada spora jamur hidup dan mati, dan mungkin ada dalam bahan yang terkontaminasi jamur. Sementara Stachybotrys tumbuh, lapisan lendir basah menutupi sporanya, mencegahnya menjadi udara. Saat jamur mati dan mengering, arus udara atau penanganan fisik dapat menyebabkan spora menjadi udara.

Saat ini, belum ada uji coba untuk mengetahui apakah pertumbuhan Stachybotrys yang ditemukan di bangunan tersebut menghasilkan racun. Juga tidak ada tes darah atau urine yang dapat mengetahui apakah seseorang telah terpapar spora Stachybotrys chartarum atau toksinnya.

Bagaimana Stachybotrys bisa mempengaruhi kesehatan saya?

Biasanya, tingkat udara dalam ruangan Stachybotrys rendah. Seperti jenis jamur lainnya, pada tingkat yang lebih tinggi efek kesehatan yang merugikan dapat terjadi. Ini termasuk gejala seperti dingin, ruam, radang sinus, iritasi mata dan kejengkelan asma. Beberapa gejala lebih umum – seperti ketidakmampuan berkonsentrasi atau kelelahan. Biasanya, gejala hilang setelah jamur sudah diatasi dengan obat anti jamur untuk bangunan.

Bagaimana saya bisa mencegah pertumbuhan jamur?

Air adalah kuncinya. Tanpa itu, pertumbuhan jamur tidak bisa dimulai, apalagi berkembang biak dan menyebar. Cara termudah untuk mencegah jamur dari mendapatkan pijakan adalah mengendalikan kelembaban. Jaga agar rumah Anda tetap bersih dan kering. Bila air berdiri selama 24 jam, jamur biasa bisa bertahan. Menjaga tingkat kelembaban di bawah 60%, mengeluarkan atau menyaring kelembaban dari kamar mandi dan dapur ke luar adalah beberapa cara untuk mencegah kondisi yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur. Cara lainnya meliputi:

  • Bersihkan dan keringkan tumpahan dalam waktu 24 jam
  • Keringkan bahan bangunan basah dan karpet dalam waktu 24 jam
  • Gunakan AC atau dehumidifier untuk mengurangi tingkat kelembaban dalam ruangan di bawah 60%. Jika Anda memiliki sistem pendingin udara sentral dan perlu dehumidifier untuk mengurangi kelembaban relatif di bawah 60%, Anda harus memiliki sistem pengkondisian udara.
  • Catatan: Sementara kebanyakan ahli menyarankan kelembaban relatif kurang dari 60%, di bawah 50% paling baik untuk mengendalikan pertumbuhan jamur dan tungau debu. Tungau debu adalah hewan mikroskopik yang berhubungan dengan laba-laba, kutu dan tungau lainnya. Tungau debu memakan jamur atau hewan mati (serpih) dan meninggalkan protein alergenik. Tungau debu mengurangi produksi alergen pada tingkat kelembaban yang lebih rendah ini.
Penyerap Kelembaban Bandung

Bagaimana jika saya telah mengusakan mencegah, tapi jamur masih tumbuh?

Jawabannya sederhana, kelembaban belum diatasi secara maksimal. Untuk membantu menghilangkan secara tahan lama dan permanen, terutama pada perabotan, dinding ataupun lantai kayu, gunakan obat anti jamur kayu yang efektif. Di Indonesia, sudah tersedia obat anti jamur permukaan yang ampuh serta aman dan ramah lingkungan, yakni BioCide Surface Film Preservative (SFP). Obat anti jamur  BioCide sudah marak digunakan ibu rumah tangga dan industri furniture untuk mengatasi masalah jamur permukaan. Sembari Anda terus mengusahakan cara-cara dan metode anti lembab ruangan, gunakan obat tersebut agar lebih efektif dan membuat jamur hilang selamanya.

Bagaimana Jamur Permukaan Harus Dibersihkan?

Jamur harus dibersihkan segera setelah muncul. Orang yang membersihkan jamur harus terbebas dari gejala dan alergi. Area jamur kecil harus dibersihkan dengan menggunakan deterjen / air sabun atau pembersih komersial atau pembersih jamur. Sarung tangan dan kacamata harus dipakai saat membersihkan. Area yang dibersihkan kemudian harus dikeringkan. Buang semua spon atau lap yang digunakan untuk membersihkan jamur.

Jika jamur kembali dengan cepat atau menyebar, itu mungkin berarti Anda memiliki masalah mendasar, seperti kebocoran air. Setiap kebocoran air pertama-tama harus diperbaiki saat memecahkan masalah jamur.

Haruskah biosida lainnya (fungisida) digunakan untuk membunuh jamur?

Menggunakan pemutih atau bahan kimia lainnya untuk membunuh pertumbuhan jamur dalam ruangan diperlukan dalam kebanyakan kasus. Tujuannya adalah untuk menghilangkan pertumbuhan jamur dengan membersihkan atau menghilangkan bahan berjamur. Menggunakan obat anti jamur seperti BioCide SFP di atas juga dibutuhkan agar jamur tidak semakain menyebar.  Jika Anda memutuskan untuk menggunakan pemutih atau bahan kimia lainnya, baca dan ikuti secara hati-hati petunjuk label dan laporan bahaya (peringatan bahaya).

Kenapa Direkomendasikan BioCide SFP dan Bukan Fungisida lain?
BioCide Surface Film Preservative menjadi produk yang kami sarankan untuk Anda karena bisa dengan efektif mencegah serangan jamur permukaan dan juga lumut. BioCide Surface Film Preservative mengandung zat aktif yang dapat mencegah kedua hama tersebut.

Aplikasinya pun sangat mudah. Proteksi yang diberikan bisa didapatkan dengan pencampurannya pada bahan finishing water based. Dengan demikian, lapisan finishing yang diaplikasikan pada suatu media memiliki perlindungan antijamur dan antilumut lebih tinggi. Hal ini sangat krusial untuk mebel dan produk kayu yang diletakkan di area lembab dan luar ruangan.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya, kenapa tak memakai cat antijamur yang sudah tersedia di pasaran? Jawabannya terkait masalah kehematan. Penggunaan BioCide SFP akan membuat Anda lebih hemat dibanding membeli cat antifungal lainnya.

Biocide

Menarik, bukan? Produk ini juga bisa dipakai sebagai pembasmi juga lho untuk jamur dan lumut yang sudah menyerang. Untuk fungsi ini, Anda bisa aplikasikan langsung BioCide SFP ke area yang berjamur.

Keunggulan BioCide Surface Film Preservative untuk Atasi dan Cegah Jamur Permukaan

  1. Efektif digunakan dan sudah terbukti. Produk BioCide sudah diandalkan berbagai pelaku usaha berorientasi pasar ekspor hingga nasional.
  2. Bisa dilakukan untuk beberapa fungsi sekaligus. Dari segi proteksi, BioCide Surface Film Preservative bukan hanya bisa memberikan proteksi anti jamur, namun juga proteksi anti lumut.
  3. Bisa digunakan sebagai pembasmi jamur secara langsung atau pencegah jamur. Sebagai pencegah, dapat dicampurkan ke bahan finishing yang hendak digunakan.
  4. Konsentrasi yang tinggi sehingga penggunaannya menjadi lebih hemat.
  5. Mudah digunakan oleh berbagai pihak meski tetap harus dengan standar keamanan yang baik

Siapa yang bisa saya hubungi jika menduga bahwa rumah  saya telah terserang jamur, atau jika saya menginginkan lebih banyak informasi tentang jamur?

Untuk informasi tambahan tentang dampak kesehatan dari pemaparan jamur dan informasi tentang pembasmian jamur  permukaan yang aman dan efektif, hubungi nomor yang tertera pada website ini dan telusuri artikel lainnya di situs web ini. Jika Anda memiliki keluhan tentang apartemen, hotel atau tempat kerja, dan membutuhkan obat anti jamur yang dapat segera mengatasi masalah tersebut segera hubungi kami.

Bagaimana Cara Membeli BioCide Surface Film Preservative?

Tak ada yang bisa menampik kualitas yang ditawarkan fungisida BioCide Surface Film Preservative. Oleh sebab itu jangan ragu untuk segera memesan kedua produk ini. Opsi pembelian yang tersedia juga banyak lho.

Mau beli langsung? Buat Anda yang ingin membeli langsung serta berkonsultasi tatap muka dengan CS dan teknisi kami, silahkan ke Bio Service Point dan agen kami. Bio Service Point berlokasi di Yogya, Jepara, serta Cirebon. Adapun agen kami telah tersebar di beberapa kota yang informasi alamatnya bisa Anda minta ke CS.
Mau beli di olshop langganan? Tentu bisa. Cari saja produk kami di toko daring langganan Anda. Prosedur pembeliannya tentu mengikuti tiap toko online tersebut.

Mau beli secara daring di antijamur.net? Kenapa tidak?! Kami memang membuka layanan pesan langsung di antijamur.net. Anda bisa menghubungi CS kami lewat kontak yang disediakan dan nanti Anda akan dipandu step by step pemesanannya.

Kiranya, itulah informasi yang bisa kami bagikan di kesempatan ini. Kami di Antijamur.net berkomitmen untuk memberikan informasi terkait hama jamur dan solusi penanganannya. Dalam hal ini, kewaspadaan perlu dialamatkan pada jamur permukaan. Jamur yang bisa membusukkan kayu ini harus diwaspadai oleh masyarakat umum hingga pelaku usaha furniture, kerajinan, dan bangunan.

Oleh sebab itu, diperlukan suatu solusi tersendiri. Salah satu yang paling efektif ialah dengan menggunakan BioCide Surface Film Preservative. Penggunaan obat ini bisa memberikan perlindungan sebagai pembasmi (diusapkan ke bagian berjamur) ataupun pencegah (dicampur ke cat).

Semoga bermanfaat.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.