Cara Mengatasi Jamur Pada Palet Kayu

Mold atau jamur permukaan kayu berarti pengganggu bagi pengguna kayu. Ada ribuan jamur yang bisa mendarat di permukaan kayu dan tumbuh. Beberapa jamur ini menurunkan polimer struktural yang memberi efek pada kayu. Yang lain hanya menggunakan gula, protein atau senyawa lain yang tersimpan di dalam kayu, dan yang lainnya masih mungkin hanya tumbuh pada material di permukaan kayu (seperti debu atau serbuk sari). Beberapa tidak terlihat dengan mata telanjang, sementara yang lain dapat  menghitamkan kayu.

Untuk keperluan tinjauan singkat ini, kami akan mempertimbangkan jamur yang menghasilkan spora berpigmen pada permukaan kayu. Spora ini biasanya bisa menjadi udara dan dapat mendarat di kayu basah mana pun dimana mereka berkecambah untuk menghasilkan hifa yang tumbuh ke dalam kayu untuk menggunakan gula, protein, dan senyawa lain yang tersimpan. Setelah jamur memperoleh energi yang cukup, ia menghasilkan spora di permukaan kayu untuk memulai siklus lagi pada potongan kayu yang lain. Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari tapi juga bisa meluas sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tergantung dari jamur dan kondisi lingkungannya.

Spesies kayu juga bisa mempengaruhi risiko jamur. Spesies dengan lebih banyak gubal (bagian tepian kayu) atau lebih gula disimpan berisiko tinggi mengalami serangan jamur. Spora jamur biasanya dapat disikat dari permukaan kayu; Namun, jamur masih sangat hidup dan bisa terus tumbuh dan menghasilkan spora baru jika kayu tetap basah.

Ada kekhawatiran terhadap beberapa jamur permukaan yang dapat mereka hasilkan. Cadangan spora, seperti partikel udara lainnya, dapat menyebabkan asma. Jelas, semakin banyak spora meningkatkan risiko serangan asma.

Beberapa jamur permukaan juga mampu menghasilkan racun dan jamur ini telah menarik banyak perhatian media. Sedangkan toksin yang diproduksi oleh jamur seperti Stachybotrys chartarum, Fusarium spp. dan sejumlah spesies lainnya dapat menyebabkan efek kesehatan manusia pada tingkat yang sangat tinggi, tingkat yang dihasilkan oleh jamur pada kayu cenderung rendah (pada kenyataannya, banyak jamur ini tidak tumbuh dengan baik pada kayu) dan senyawanya tidak terlalu mudah menguap.

Beberapa orang, bagaimanapun, sangat sensitif terhadap spora jamur dan mungkin tidak ada tingkat keterpaparan yang aman untuk segmen populasi yang sangat kecil ini. Bagi sebagian besar orang, spora jamur adalah gangguan. Risiko utama yang terkait dengan jamur pada palet bekas adalah potensi spora untuk mencemari bahan seperti pallet kayu.

Pencegahan Jamur Pada Palet Kayu

Seperti semua kegiatan, pencegahan selalu disukai dan ada berbagai metode untuk membatasi pertumbuhan jamur pada kayu yang digunakan untuk palet. Hampir semua jamur yang menyerang kayu membutuhkan oksigen, suhu yang memadai, sumber makanan, dan air bebas atau cair untuk tumbuh. Cukup sulit untuk membatasi suhu oksigen atau kontrol pada palet kecuali bila kayu disimpan dalam pendingin dan beberapa jamur bahkan dapat tumbuh dalam kondisi dingin. Mengendalikan kelembaban tetap menjadi cara terbaik untuk membatasi jamur.

Membatasi kelembaban palet kayu bisa sulit karena beberapa alasan. Pertama, banyak palet dibangun menggunakan kayu hijau atau basah. Kayu pada akhirnya akan kering di bawah 20 persen MC, namun jamur jamur dapat tumbuh dan merata pada palet saat proses ini terjadi.

Kiln drying adalah salah satu metode untuk membatasi kolonisasi jamur pada palet, namun ini menambahkan biaya ke produk yang sering dirancang hanya untuk penggunaan tunggal. Selain itu, bahkan kiln-dried wood dapat mengalami serangan jamur juga.

Banyak produsen juga memiliki kesalahpahaman bahwa perlakuan panas akan memberikan perlindungan terhadap serangan jamur. Sedangkan perlakuan panas akan membunuh jamur pada atau di dekat permukaan kayu, umumnya tidak mengeringkan kayu. Akibatnya, spora yang jatuh di permukaan kayu basah menemukan substrat bebas dari pesaing. Hasilnya adalah risiko serangan jamur yang berpotensi lebih tinggi. Beberapa produsen juga mencoba menggunakan ruang perlakuan panas mereka sebagai tungku yang dimodifikasi. Ini hanya akan bekerja jika operator memahami proses pengeringan dan memiliki aliran udara yang baik sehingga tidak menghasilkan kantong dimana aliran udara dan karena itu pengeringan terbatas.

Jamur pada palet kayu juga bisa diatasi dengan aplikasi fungisida BioCide Fungicide. Bahan kimia ini diaplikasikan dengan cara mencelupkan atau menyemprotkan segera setelah digergaji dan bisa memberi perlindungan selama 2 sampai 3 tahun. Obat ini bagus untuk membatasi tumbuhnya jamur pada  kayu gergajian baru yang masih basah. Banyak bahan kimia ini aktif terhadap beberapa kelompok jamur dan digunakan dalam kombinasi yang dirancang untuk memberikan perlindungan luas pada kayu basah.

Jadi, bagaimana produsen memutuskan apakah perawatan akan melindungi palet mereka tanpa mengambil risiko yang tidak efektif? Cara termudah untuk memutuskan adalah menguji keampuhan bahan fungisida yang dipakai.  Jika sesuai, kami menggunakan berbagai tingkat sistem dan kemudian memasukkan perawatan yang dikenal sebagai kontrol positif (yaitu melindungi kayu). Papan ditumpuk dengan perawatan dan kemudian ditutup dengan plastik untuk menahan pengeringan. Kumpulan kayu disimpan di daerah teduh selama satu sampai tiga bulan. Papan diperiksa secara visual pada interval bulanan untuk tingkat perubahan warna, yang berfungsi sebagai ukuran keefektifan. Percobaan ini dapat dijalankan setiap saat sepanjang tahun dan memberikan ukuran pengobatan pada produksi aktual kayu.

Jadi, mengingat kesulitan dalam membatasi jamur permukaan pada palet kayu, Penting untuk diingat bahwa waktu adalah musuh terbesar kayu. Kayu yang lebih panjang tetap basah di bawah kondisi suhu yang tepat, semakin tinggi risiko perkembangan jamur. Log atau kayu dapat dijajah selama penyimpanan dan jamur ini dapat dengan cepat tumbuh ke permukaan untuk menghasilkan spora mereka. Jamur yang terbentuk di dalam kayu juga lebih sulit dikendalikan dengan menggunakan bahan kimia atau penghalang, sehingga menambah pentingnya mencegah pertumbuhan lebih banyak.

Ada sejumlah langkah yang bisa membantu mengurangi risiko jamur setelah aplikasi oabt anti jamur BioCide Fungicide pada palet kayu

Dari sudut pandang produsen:

  • Jangan menyimpan log dalam waktu lama setelah pemotongan. Log yang lebih tua akan memiliki jamur yang tumbuh di dalamnya dan jamur ini dapat dengan cepat tumbuh ke permukaan.
  • Jangan simpan kayu basah dalam tumpukan padat dalam waktu lama (lebih dari tiga hari), terutama dalam kondisi hangat.
  • Ciptakan aliran udara yang baik sehingga angin alami mempercepat pengeringan permukaan yang akan mengurangi risiko pertumbuhan jamur.
  • Hindari memiliki koleksi kayu berjamur yang lebih tua; Hal ini dapat meningkatkan risiko jamur mengkolonisasi kayu yang baru dipotong

Dari perspektif pallet manufacturer:

  • Kenali pemasok Anda dan pastikan kayu yang Anda terima baru saja digergaji.
  • Jangan menyimpan bahan hijau dalam waktu lama; Semakin lama Anda melakukannya, semakin tinggi risiko serangan jamurnya.
  • Jangan menyimpan kayu yang diberi perlakuan panas dalam kondisi tidak kering; buat aliran udara yang baik agar permukaan kayu kering. Ini akan membantu mengurangi risiko jamur.

Dari perspektif pengguna palet:

  • Simpan palet tempat mereka bisa mengering dan tidak akan diputar ulang.
  • Jika Anda bisa mengaplikasikan fungisida ringan BioCide Fungicide, lakukanlah. Ini akan mengurangi risiko jamur.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.