Ensiklopedia Jenis Bambu yang Tumbuh di Indonesia

Indonesia termasuk negara yang menjadi habitat bagi pertumbuhan berbagai jenis bambu. Beragam jenis tanaman bambu ditemukan tumbuh di Indonesia dengan karakteristiknya yang beragam.

Dengan persebarannya yang merata dan ketersediaannya yang melimpah, bambu kerap dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan masyarakat. Dari kebutuhan meterial bangunan sampai bahan baku produk kerajinan

Bambu Sebagai Material Alami yang Serbaguna

bambu yang telah dipanen dan siap didistribusikan

Pemanfaatan bambu sudah sejak lama dilakukan, terutama dalam kaitannya sebagai pengganti kayu solid. Tanaman ini memiliki bentuk silinder yang halus teksturnya dan juga kuat. Bambu juga sering digunakan sebagai kerangka pembuatan rumah atau bangunan lainnya. Pemanfaatan bambu juga cukup beragam dan memberikan pengaruh penting bagi kehidupan sehari-hari.

Beberapa pemanfaatan lain dari adanya bambu, di antaranya:

  1. Untuk bahan baku pembuatan furniture
  2. Sebagai material pembuatan peralatan rumah tangga dan kebutuhan dapur, seperti sendok, tempat bumbu, sumpit, dan lainnya.
  3. Bahan baku pembuatan produk kerajinan

Produk olahan yang terbuat dari bambu seperti yang sudah disebutkan di atas tentu kualitasnya juga baik. Meski tidak sekuat kayu, dengan perawatan dan cara pengolahan yang benar produk tersebut dapat memberikan hasil optimal. Peran bambu sebagai pengganti kayu solid memang diterapkan pada banyak hal, namun yang paling besar biasanya pada industri mebel.

Mengingat pentingnya waktu penanaman yang cukup sebelum dipanen agar kualitas bambu yang dihasilkan dapat lebih optimal, maka dibutuhkan waktu tiga hingga tujuh tahun untuk mendapat kualitas bambu terbaik setara kayu jati.

Keberadaan bambu yang jenisnya beragam serta mudah untuk tumbuh dan berkembang di Indonesia tentu menjadi angin segar. Bantuan terhadap pemenuhan bahan baku serta devirsifikasi bahan baku membuat industri mebel Indonesia menjadi lebih semarak.

Jenis Bambu di Indonesia

Terdapat berbagai macam tanaman bambu yang tumbuh di Indonesia. Persebaran pertumbuhan tanaman ini cukup merata di seluruh wilayah sehingga ketersediaan jenisnya cukup terjaga.

Jenis bambu yang tumbuh di Indonesia, antara lain bambu apus, ampel, gendang, betung, dan jenis bambu Jepang. Dari beberapa jenis bambu ini, setiap jenisnya memiliki karakter yang berbeda. Dapat diketahui dari bentuk batang, warna, tinggi, hingga coraknya.

1.  Bambu Apus

bambu apus yang baru saja dipanen

Jenis bambu apus tumbuh secara berkelompok dan membentuk rumpun yang rapat. Bagian batangnya tertutupi bulu halus berwarna cokelat atau bahkan hitam. Tinggi bambu apus dapat mencapai hingga 22 meter.

Diameter batang bambu ini rata-rata mencapai 4 sampai 15 cm dengan panjang ruas berkisar 20-60 cm. Pertumbuhan bambu apus cocok di dataran rendah yang wilayahnya cenderung panas maupun lembab.

Baca juga: BioCide Bantu Bisnis Anyaman Bambu Jadi Makin Sukses

2.  Bambu Ampel

bambu ampel yang dibudidayakan

Bambu ampel memiliki bentuk batang yang menyerupai tongkat emas. Mampu tumbuh hingga tingginya mencapai 12 hingga 18 meter. Semakin tinggi, batangnya akan semakin melengkung.

Pada  bagian daun bambu apus dapat tumbuh sampai mencapai ukuran kurang lebih 17 cm. Bentuk daunnya memanjang, menyerupai daun pisang. Keunikan dari bambu apus yaitu bagian akarnya yang kuat, sangat cocok ditanam untuk mencegah terjadinya erosi.

3.  Bambu Andong

bambu andong

Selanjutnya ada jenis bambu andong yang tumbuh dengan batang berwarna hijau dengan aksen garis berbentuk vertikal memanjang berwarna putih. Seiring dengan berjalannya waktu, garis vertikal putih tersebut akan kering.

Batang dari bambu andong cukup berat, pada kondisi basah ataupun kering. Daya tahan dari bambu ini menjadi kekurangan yang sangat menonjol karena jenis bambu andong cukup mudah terkena serangan rayap.

4.  Bambu Gendang

bambu gendang di dekat jalan kampung

Selanjutnya, ada salah satu bambu yang tumbuh di Indonesia dengan karakteristik yang unik, yakni  bambu gendang. Berbeda dengan jenis pada umumnya, bambu gendang hanya tumbuh maksimal sekitar 2 meter dengan batang yang panjangnya kurang lebih 18 cm.

Karena hal itulah jenis bambu ini sering digunakan sebagai tanaman pagar rumah. Yang menjadi ciri lain dari bambu ini adalah bentuk batangnya yang menggelembung lalu mengecil pada bagian bawah hingga terlihat mungil dan lucu.

Baca juga: Asli Indonesia, Ini Bambu Tutul yang Terancam Punah!

5.  Bambu Betung

bambu betung untuk membuat furniture

Bambu betung tumbuh dengan membentuk rumpun atau secara berkelompok seperti jenis bambu pada umumnya. Memiliki panjang pada tiap ruas batang hingga mencapai 40 sampai 50 meter dengan diameter batang sekitar 12 hingga 18 cm.

Semakin tinggi pertumbuhannya, pohon bambu betung biasanya akan melengkung. Pada umumnya, bambu betung tumbuh dengan baik di wilayah dengan jenis tanah alluvial yang subur dan lembap. Namun, tanaman ini juga mampu untuk bertahan hidup pada daerah yang kering seperti pada dataran rendah.

6.  Bambu Jepang

bambu jepang untuk dibudidayakan

Yang terakhir, ada jenis bambu jepang yang memiliki batang dengan bentuk tegak berwarna hijau keabuan. Umumnya, jenis bambu jepang mampu tumbuh hingga kurang lebih 4 sampai 5 meter. Dengan ukuran diameter sekitar 3 cm dan panjang ruasnya sekitar 30 cm.

Baca juga: Cat Kayu Mengkilap untuk Kerajinan Bambu Tampak Lebih Menarik

Saat ditanam secara berdekatan, tanaman bambu jepang akan tumbuh menyerupai bentuk pagar. Penanaman jenis bambu jepang ini banyak dilakukan di halaman depan atau di bagian samping rumah, karena dapat menjadi pagar alami.

Itulah beberapa jenis bambu yang tumbuh di Indonesia dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai macam kebutuhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.