Maksimalkan Manfaat Limbah Kayu dengan BioCide!

Hingga hari ini, pemenuhan kebutuhan kayu masih belum juga mencukupi dan justru akan semakin memprihatinkan. Namun di balik keprihatinan itu, industri woodworking masih saja menghasilkan sampah-sampah berupa limbah kayu.

boneka-dari-limbah-kayu

Contoh produk dari limbah kayu,

Material seperti itu sering diabaikan karena adanya label “limbah” yang melekat. Padahal, ada banyak potensi pemanfaatan yang bisa kita lakukan. Contohnya saja dalam pembuatan wooden craft atau kerajinan kayu. Kita bisa melihat contohnya pada beragam patung candi dari kayu, boneka, gantungan kunci, pin, hingga pensil-pensil dari bahan ini. Selain sangat menarik, karya-karya tersebut telah membantu meningkatkan efisiensi pemanfaatan kayu sehingga tidak ada yang sia-sia lagi.

Namun demikan, diperlukan kehati-hatian khusus dalam pemanfaatan kayu jenis ini. Sebab kerap kali kondisi kayu limbah kurang baik atau memang merupakan bagian yang kurang berkualitas sehingga dibuang. Persoalan estetika bisa diatasi dengan teknik finishing yang baik. Misalnya saja dengan aplikasi cat BioColours yang merupakan cat water based untuk keseragaman warna yang lebih baik.

Bagaimana dengan aspek ketahanannya?

Faktor ini sangat krusial namun kadang dilupakan orang. Buktinya bisa kita lihat pada beberapa produk kerajinan kayu yang tidak awet. Produk-produk wooden craft tersebut mudah ditumbuhi jamur hingga diserang kutu bubuk. Jelas hal ini sangat menganggu.

Bukan saja konsumen yang dirugikan oleh ketahanan limbah kayu yang buruk. Produsen pun juga. Biasanya, produsen akan sangat was-was pada tahap produksi. Sebab selama tahap produksi memang ada fase-fase tertentu yang rentan diserang jamur dan serangga. Misalnya saja tahap penyimpanan dan pengiriman barang. Bila tidak diantisipasi sejak dini, kerugian besar siap menantang.

Antisipasi yang dilakukan sendiri bisa diupayakan dengan treatment pengawetan. Pada treatment ini, kita resapkan obat pengawet ke dalam kayu. Sehingga obat pengawet yang terdiri dari insektisida dan fungisida itu bisa membuat kayu limbah tak lagi disukai hama. Sangat sederhana bukan prinsip kerjanya?

Namun, manfaat yang didapat dari treatment ini terbukti efektif. Apalagi bila dilakukan dengan obat pengawet berkualitas seperti BioCide. Dengan treatment ini, maka pemanfaatan limbah kayu dapat benar-benar dimaksimalkan.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn