membersihkan jamur

Cara Efektif Cegah Jamur Permukaan Pada Furniture Kayu dengan Mudah

Furniture kayu dirumah rawan terserang jamur. Apalagi jika kondisi rumah sedang lembab. Seperti saat musim penghujan. Namun walaupun tidak dalam musim penghujan kadang jamur juga tumbuh pada furnitur.

Furnitur berbahan kayu paling banyak digunakan di rumah. Kayu mudah didapat dan harganya juga bersaing. Media ini juga memiliki daya tahn yang baik. Bahkan beberapa jenis kayu juga bisa dijadikan aset investasi dimana semakin tua usianya akan semakin mahal harganya.

promo produk white agent wa-250

Sayangnya furnitur berbahan kayu juga sangat rentan untuk diserang jamur. Mugkin jamur yang menyerang tidak membuat furnitur yang anda miliki roboh atau membusuk. Namun meninggalkan bekas noda yang cukup menjengkelkan.

Baca Juga : begini cara membersihkan kayu dari jamur yang efektif

Umumnya jamur yang tampak di furnitur berwarna putih dan menyebar ke seluruh bagian furnitur. Mulanya hanya di pojok pojok funritur, namun lama kelamaan jamur menyebar dan mebuat furnitur berbau tidak sedap. Jika hal terseut sudah terjadi pada furnitur kayu yang ada di rumah anda, tentunya anda tidak bisa tinggal diam. Selain merusak kondisi furnitur yang anda miliki hal ini juga bisa mempengaruhi kesehatan anda.

promo produk biocide insecticide

jamur pada lemari
Furniture lemari kayu terserang jamur

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kondisi rumah yang berjamur atau lembab mempengaruhi tingkat kesehatan penghuninya. Apalagi bakal jamur atau yang dikenal dengan spora merupakan organisme yang kasat mata. Sehingga keberadaanya bisa terhirup oleh anda sheingga menimbulkan banyak masalah kesehatan.

Jangan biarkan jamur merusak furnitur yang ada dirumah anda. Bahkan kesehatan anda juga ikut terganggu. Untuk mengatasinya, anda perlu tahu bagaimana cara mencegah jamur permukaan pada furnitur yang efektif dan aman untuk lingkungan.

Cegah Jamur Permukaan Muncul Kembali Pada Furniture Kayu Dengan Biocide Sfp

Jika anda melihat pad permukaan furnitur yang anda miliki nampak bintik putih menyebar, bisa dipastikan furnitur kayu anda terserang jamur permukaan. Jenis jamur ini juga biasa dikenal dengan jamur tempe.

jamur bintik putih
jamur pada permukaan kayu

Umumnya jamur ini akan hilang jika di lap. Namun kemudian akan muncul kembali. Begitu seterusnya sampai anda heran mengapa jamur ini tidak kunjung hilang dan pergi? Jika anda mengalami hal demikian sudah saatnya anda melakukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Jamur permukaan pada furnitur kayu paling sering menyerang di indonesia ataupun dibanyak negara lain di dunia. Ciri khas seranganya adlah menapaknya bintik ataupun gumpalan putih yang rata arau menyebar di beberapa bagian furnitur. Dalam kasus yang sudah terlambat biasnaya berubah menjadi hitam dan sulit untuk di hilangkan.

Jamur permukaan memang membuat furnitur jadi tampak tidak menarik dan kotor. Dalam beberapa keadaan juga menyebabkan bau tidak sedap. Apalagi jika jamur ini menyerang furnitur kayu di ruang dapur. Anda harus segera mengatasinya daripada jamur tersebut turut mengkontaminasi makanan yang anda miliki.

Cara membersihkan dan menghilangkan jamur permukaan pada furnitur yang paling efektif adalah dengan menggunakan obat anti jamur. Pasalnya jika hanya dilap jamur ini tidak akan hilang apalagi jika anda menggunakan lap lembab atau basah dan tidak mengeringkanya dengan baik. Yang terjadi justru jamur akan bertambah banyak.

Tidak ingin langkah pembasmian jamur justru menjadi bumerang bukan? Nah berikut ini silahkan perhatikan apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi jamur permukaan furnitur dengan baik dan benar:

  • Siapkan peralatan yang akan di gunakan seperti sikat, lap kering dan lap basah, cairan obat anti jamur furnitur, dan koran bekas
  • Sebaiknya lakukan proses penghilangan jamur diluar ruangan. Hal ini untuk mencegah spora jamur kembali ke ruangan tersebut dan mengkontaminasi mebel kembali
  • Sikat bagian furnitur yang berjamur untuk menghilngkan jamurnya. Kemudian lap dengan menggunakan lap kering. Pastikan gunakan alas koran bekas untuk furnitur yang sedang di bersihkan tersebut.
  • Siapkan cairan anti jamur untuk membasmi jamur permukaan tersebut setelah dilap kering
  • Celupkan lap yang masih bersih kedalam larutan cairan anti jamur
  • Lap bagian furnitur secara merata terutama bagian yang awalnya berjamur
  • Biarkan hingga cairan anti jamur tersebut keirng dengan sendirinya atau di jemur dibawah sinar matahari

Mudah bukan cara menghilangkan jamur permukaan pada furniture kayu. Anda juga bisa menggunakan metode lain misalnya dngan menggunakan kuas atau semprotan untuk mengaplikasikan anti jamur tersebut.

Tips lain yang bisa anda coba selanjutnya setelah funritur benar benar bersih dan kering, di ruangan anda meletakkan furnitur bisa anda beri pendingin ruangan atau AC. Selain itu jika ruangan memang benar benar pengap, anda bisa mencoba memberikanya ventilasi udara atau menggunakan dehumidifier pengatur kelembapan udara.

membersihkan jamur
menghilangkan jamur pada kayu

Jika dehumidifier terlihat mahal anda bisa menggantinya dengan menggunakan dessicant absorber yang biasa digunakan pada kontainer. Anda bisa menggunakanya untuk menyerap lembab ruangan dimana anda meletakkan furnitur tersebut.

Dessicant absorber dipilih karena memiliki daya serap lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan silica gel. Hal yang perlu dicermati selanjutnya adalah memilih obat anti jamur permukaan yang tepat. Kami merekomendasikan anda untuk menggunakan obat anti jamur terbaik dari biocide sfp atau surface film preservative. Obat jamur permukaan ini merupakan jenis fungisida yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jamur pemrukaan atau jamur tempe.

Apa Itu Biocide SFP ?

Biocide surface film preservatif atau biocide sfp merupakan jenis fungisida yang berbentuk cairan. Obat anti jamur ini diformulasikan khusus untuk jamur pemrukaan dan lumut. Jika digunakan untuk mengatasi jamur substrat jenis fungisida ini tidak akan berhasil mengatasinya.

Bahan aktif dari iocide sfp adalah diuron yang dirancang untuk mematikan spora jamur namun masih ramah lingkungan. Namun demi kemanan saat penggunaan produk ini anda dapat menggunakan masker dan sarung tangan.

Cairna obat jamur permukaan dari biocide sfp drancang dapat dilarutkan kedlaam berbagai jenis cairan. Tidak hanya air namun juga larutan solvent seperti thinner, minyak atau bahkan bensin. Jadi sesuai dengan kebutuhan anda, bia mengaplikasikan biocide dengan berbagai larutan tersebut.

Biocide sfp mengandung bahan aktif yang efektif menyerang jamur permukaan. Anda bisa menggunakan biocide sfp dengan campuran 1:50 untuk biocide dan larutan pelarutnya. Misalnya satu kemasan biocide 130 gram dapat diencerkan dengan 50 liter air atupun thinner. Irit sekali bukan? Apalagi jika anda hanya menggunakan seidkit sesuai dengan kebutuhan serangan jamur di furnitur anda.

biocide pencegah jamur permukaan

Tentunya obat ini akan sangat ekonomis. Anda bisa mengaplikasian biocide sfp dengan berbagai teknik. Mulai dari di lap, di kuas ataupun menggunakan semprotan. Sifat cairan pada obat jamur ini memudahkan nad auntuk emnggunakanya. Bahkan nad ajuga bisa mengawetkan dan mencegah furnitur kayua anda berjamur dengan mencmpur biocide sfp ini kedalam bahan finishing yang anda gunakan, mislanya dengan cat atau dengan plitur atauvarnish yang akan di gunakan untuk finishing furnitur anda.

Untuk mendapatkan produk ini, silahkan hubungi kontak yang tersedia di website ini atau segera menghubungi customer service di nomor yang ada di akhir artikel ini. Selain itu silahkan juga bisa membeli secara online di marketplace yang ada di indonesia.