kursi kayu berjamur

Tips Ampuh Cegah Jamur Permukaan Di Lemari Dengan Biocide SFP

Lemari kayu berjamur dengan ditandai warna putih menyebar pada permukaan lemari. Biasanya jenis jamur ini akan hilang jika di bersihkan dengan lap kain. Namun kemudian akan muncul lagi. Mengapa demikian? Ikuti penjelasanya dibawah ini.

Jenis jamur yang berwarna putih menyebar pada permukaan furnitur biasa dikenal dengan jamur permukaan atau jamur tempe. Jenis jamur ini muncul baik pada mebel kayu, furnitur kayu atau bahkan pada rotan. Tidak hanya itu jenis bahan seperti mdf atau bahan kayu campuran lainya juga menjadi sasaran jenis jamur ini.

promo produk white agent wa-250

Baca Juga : cara mencegah jamur pada lemari

Lemari yang berada di ruangan yang lembab juga akan menjadi sasran dari jenis jamur ini. Oleh karena itu anda jangan heran jika melihat warna putih putih menyembul di atas permukaan mebel lemari kayu dirumah anda.

jamur pada lemari
Furniture lemari kayu terserang jamur

promo produk biocide insecticide

Dalam beberapa kasus jenis jamur ini akan hilang ketika dilap saja. Namun ada jenis jamur permukaan yang sulit untuk di bersihkan dengan lap kain. Hal ini tergantung dengan jenis serangan jamur permukaan ini. Sehingga cara mencegah pertumbuhan jamur permukaan ini penting untuk dilakukan.

Baca Juga : tips menghilangkan jamur di lemari pakaian

Jenis lemari kayu merk olympic yang banyak beredar di pasaran merupakan salah satu kasus lemari kayu yang mudah diserang jamur permukaan ini. Jamur ini membuat noda pada permukaan furnitur. Namun jika di biarkan begitu saja jamur ini akan merusak permukaan furnitur kayu.

Cara Mencegah Dan Mengatasi Munculnya Jamur Permukaan Di Lemari Kayu

Banyak mebel lemari yang di jual di pasaran sudah jadi menggunakan bahan particle board bukan bahan kayu murni. Baik particle board dan kayu dapat diserang oleh jamur permukaan ini dengan mudah. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena kayu ataupun particle board yang digunakan untuk lemari tersebut biasanya tidak di awetkan terlebih dahulu atau tidak di treatment menggunakan anti jamur.

Jenis jenis jamur pada kayu pada dasarnya dapat di cegah dengan teknik pengawetan kayu yang tepat. Namun jika sudah berbentuk mebel seperti lemari tentunya akan berbeda cara penangananya.

Teknik mengawetkan kayu memang membutuhkan ongkos lagi. Sehingga banyak produsen furnitur yang tidak melakukan pengawetan karena memang membutuhkan biaya lebih. Padahal tuntutan pasar akan produksi dan harga yang murah nyata adanya.

Nah untuk mencegah munculnya jamur permukaan pada lemari kayu, anda bisa mencoba beberapa tips yang kami berikan di bawah ini:

  • Lakukan proses pembersihan dengan rutin pada lemari. Hal ini untuk mencegah munculnya diaspora jamur tersebut. Lakukan pembersihan pada lemari dengan menyeluruh. Bagian bagian lemari bersihkan dengan seksama. Pasalnya bagian bagian tersebut jadi rentan terkena serangan jamur. Kotoran dan udara yang lembab merupakan kombinasi yang paling pas untuk menyebabkan jamur berkembang biak. Mengingat hal ini membersihkan lemari adalah suatu hal keharusan.
  • Pastikan kondisi ruangan ataupun lemari dalam keadaan benar benar bersih dan kering. Kondisi ruangan tidak lembab. Ada sirkulasi udara yang bagus di ruangan tersebut.
  • Segera bersihkan dengan lap kain yang bersih dan kering jika lemari terkena cipratan air. Air yang merasuk ke dalam subtrat kayu dapat memunculkan jamur pada pemrukaan kayu.
  • Jika terlihat munculnya tanda tanda jamur pada lemari seperti bercak bercak putih segera di bersihkan dengan kain lap bersih yang kering
  • Anda bisa menggunakan penyerap lembab ruangan seperti dessicant absorber yang bisa mneyerap kelembapan bagian bagian lemari
  • Ingat pula jangan mengundang jamur tumbuh di lemari anda. Jamur aka mudah tumbuh jika anda menyimpan pakaian kotor ataupun makanan pada lemari tersebut
  • Jika cat telah mengelupas atau rusak segra refinishing lemari anda. Gunakanlah cat yang mengandung bahan anti jamur atau anda bisa mencampurkan bahan anti jamur pada cat sebelum di aplikasikan untuk melakukan refinishing lemari kayu

Beberapa tips tersebut sangat berguna untuk mencegah tumbuhnya jamur dan membuat lemari bebas jamur. Namun pertanyanya bagaimaan jika jamur sudah muncul pada permukaan lemari kayu? Untuk mengatasi hal ini bukan hal yang mudah. Kita harus melihat bagaimana serangan jamur yang terjadi pula.

Jika sudah terserang jamur, anda membuthkan obat anti jamur yang sesuai dengan jenis jamur tersebut. Jamur yang menyebar pada permukaan lemari kayu berwarna putih tergolong dalam jenis jamur permukaan. Untuk mengatasinya anda membutuhkan anti jamur permukaan.

jamur bintik putih
jamur pada permukaan kayu

Cara menghilangkan jamur pada lemari kayu dengan menggunakan obat anti jamur permukaan sangat mudah. Anda bisa mebuat larutan cairan obat anti jamur permukaan. Kemudian celupkan lap bersih dan kering untuk membersihkan bagian yang berjamur.

Rekomendasi obat anti jamur permukaan pada lemari kayu yang dapat anda gunakan adalah biocide sfp. Obat anti jamur kayu yang satu ini mengandung bahan aktif diuorn dan carbendazim calcium bis yang memang direkomendasikan untuk mengatasi jamur permukaan kayu pada mebel. Khususnya pada mebel kayu interior.

 

Biocide sfp memiliki banyak kelebihan. Berbentuk cairan, obat anti jamur permukaan lemari ini dapat dicampur dengan larutan air atau solvent untuk membuat larutan guna menghilangkan jamur permukaan pada mebel.

Cara mengatasi jamur pemrukaan yang sudah terlanjur terjadi pada furnitur kayu seperti ini cukup efektif dengan menggunakan biocide sfp. Obat anti jamur ini diformulasikan khusus sehingga mampu mengatasi jamur permukaan namun tidak berbahaya bagi penggunanya. Tentunya dengan catatan anda tidak meminum atau menghirup obat anti jamur ini.

biocide pencegah jamur permukaan

Keunggulan lain dari biocide sfp adalah dapat dgunakan pada mdia mebel lain selain kayu. Kayu campuran, rotan, serat alam bahkan bambu dapat di aplikasikan menggunakan biocide sfp. Nah berikut ini langkah mudah untuk mengatasi jamur permukaan dengan menggunakan biocide sfp:

  • Bersihkan furnitur yang akan di hilangkan jamurnya. Caranya dengan dilap menggunakan kain lap bersih dan kering
  • Pastikan debu debu dan kotoran yang menempel pada lemari telah hilang
  • Siapkan larutan air dengan biocide sfp dengan perbandingan 1:100. Jadi anda cukup sedikit sekali menggunakan biocide untuk di tuangkan kedalam air 1 liter.
  • Celupkan kain yang bersih dan kering pada larutan bioce sfp.
  • Bersihkan bagian lemari yang berjamur tersebut
  • Lap lemari kemudian biarkan kering dengan sendirinya
  • Lakukan jika jamur kembali muncul

Mudah sekali bukan aplikasi pengunaan biocide sfp untuk mengatasi jamur permukaan pada lemari? Anda bisa mengkombinasikan pencegaha dan penggunaan obat anti jamur ini dengan menggunakan dessicant absorber atau penyerap lembab ruangan. Setelah lemari di bersihkan dengn biocide anda dapat menggantungkan atau meletakkan dessicant absorbent untuk menyerap kelembapan lemari tersebut.

Anda bisa mendapatkan biocide sfp dengan menghubungi customer care kami di nomor yang tertera pada website atau di bawah artikel ini. Selain itu anda bisa membeli biocide sfp langsung secara online di marketplace yang ada di indonesia seperti tokopedia, bukalapak, shopee.