anti jamur kayu

Inilah Merk Cairan Anti Jamur Kayu Ekonomis Dan Ramah Lingkungan

Musim penghujan meninggakan masalah jamur permukaan pada furnitur kayu. Lakukan pembasmian jamur kayu dengan menggunakan cairan anti jamur kayu yang ekonomis dan efektif.

Ketahui rekomendasinya di bawah ini. Jamur muncul akibat kondisi lingkungan yang lembab. Faktor kelembapan inilah yang menyebabkan jamur mudah tumbuh. Selain itu kondensasi atau penguapan juga memicu tumbuhnya jamur di rumah anda. Tidak heran ruangan dapur ataupun kamar  mandi sering sekali ditemui muncul jamur.

Jamur ini menempel pada permukaan furnitur kayu ataupun pada tembok. Lama kelamaan akan tampak menumpuk berwarna putih putih layaknya jamur tempe. Dalam kondisi yang sudah berbahaya menyebabkan bau tidak sedap pada ruangan.

Baca Juga : Jenis Jamur pada Furniture Paling Sering Ditemukan

furniture kena jamur

Cara menghilangkan jamur pada kayu tidak cukup hanya di lap saja. Pasalnya spora jamur yang kasat mata sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Jika anda mengelap sampai bersihpun kadang masih bisa tumbuh jamur kembali. Oleh karena itu pastikan anda tahu bagaimana mengatasi jamur pada kayu dengan baik.

Jamur pada kayu biasanya terdiri dari dua jenis, jamur subtrat dan jamur permukaan. Umumnya jamur yang menmpel pada furnitur kayu yang sudah jadi adalah jamur permukaan. Sedangkan jamur pada kayu log atau yang baru saja ditebang biasanya merupakan jamur substrat.

Baca Juga : Perawatan Kursi Cafe Outdoor Agar Bebas Jamur dan Awet Digunakan

Mengatasi kedua serangan jamur tersebut juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Mengatasi serangan dengan benar akan menghasilkan pembasmian yang efektif sehingga jamur tidak akan kembali datang.

Bijak Memilih Cairan Obat Anti Jamur

Kayu Cara efektif mengatasi jamur kayu adalah dengan menggunakan obat anti jamur kayu yang sesuai. Jadi obat yang anda gunakan sesuai dengan jenis jamur kayu yang menyerang. Jika jenis jamur permukaan maka menggunakan obat anti jamur kayu permukaan dan jika terserang jamur subtrat kayu maka di atasi dengan menggunakan obat anti jamur kayu substrat.

Baca Juga : Racun Lumut Alami Sama Sekali Tak Efektif, Gunakanlah BioCide SFP

Jamur subtrat kayu biasanya tampak pada kayu yang baru saja di tebang ataupun kayu log. Ciri yang paling khas adalah adanya noda yang nampak. Seperti warna biru, hitam atau noda yang membuat kayu menjadi tidak seragam warnanya. Jenis jamur yang menyerang biasanya dikenal dengan nama blue stain dan black stain.

Untuk jamur permukaan kayu ciri yang paling menonojol adalah jamur tampak pada permukaan kayu. Biasanya berupa bintik putih yang menyebar di seluruh permukaan kayu. Jenis jamur ini bisa menyerang kayu log ataupun bahkan furnitur kayu yang sudah jadi. Biasanya dikenal pula dengan jamur tempe karena berwarna putih menggerombol. Mengapa serangan jamur permukaan bisa terjadi? Padahal kayu telah melewati proses

finishing? Hal ini bisa saja dengan gampang terjadi, pasalnya kayu yang mengandung selulosa tinggi menjadi habitat terbaik untuk jamur tumbuh. Selain itu proses kayu sebelum diolah yang tidak melewati teknik pengawetan kayu menyebabkan furnitur jadi mudah berjamur.

Mengetahui hal itu semua membuat kita paham bahwa memilih obat jamur kayu tidak bisa asal digunakan. Jamur kayu harus dibasmi dengan fungisida yang sejenisnya. Oleh karena itu untuk memilih obat anti jamur kayu harus disesuaikan dengan serangan jamur pada kayu yang anda miliki.

Cairan Anti Jamur Ekonomis Ramah

Lingkungan Biocide  Jamur kayu dapat di basmi atau diminimalisir dengan menggunakan cairan anti jamur kayu yang ramah lingkungan. Kami menyarankan anda untuk memilih produk cairan anti jamur yang tidak berbahaya bagai lingkungan dan penggunanya.

pengawetan kayu
Biocide Series

Produk indonesia yang terpercaya mengatasi serangan jamur kayu adalah biocide. Produk ini memiliki dua varian yang diformulasikan khusus untuk masing masing jenis jamur. Untuk jamur permukaan menggunakan biocide surface film preservatif atau biocide sfp sedangkan untuk jamur subtrat menggunakan biocide wood fungicide.

 

Kedua jenis lini produk dari biocide tersebut dapat di aplikasikan dengan berbagai macam teknik. Anda bisa menggunakanya dengan mencelup, merendam, mengoles, mengkuas dan menggunakan mesin semprot. Biocide juga dapat di larutkan dengan air atau dengan larutan solvent seperti minyak dan thinner. Kemudahan cara aplikasi biocide ini memungkinkan anda untuk menggunakan produk ini baik dari hulu ke hilir.

Anda bisa mengawetkan kayu dengan menggunakan biocide wood fungice sejak awal dan menggunakan biocide sfp untuk dicampur pada bahan finishing atau dilapkan saat furnitur sudah terserang jamur permukaan. Biocide efektif mengatai serangan dengan model pencegahan. Sehingga sangat tepat menggunakan biocide wood fungicide untuk mengawetkan kayu log yang anda miliki atau furnitur yang belum di finishing.

Produk ini kurang efektif jika digunakan ketika kayu telah terserang jamur subtrat. Pasalnya jamur ini menyerang dengn meninggalkan noda kayu yang sulit dibersihkan oleh biocide wood fungicide. Jika kayu telah di serang jamur subtrat dan meninggalkan noda warna yang doreng, produk yang anda gunakan adalah bleaching kayu.

Rekomendasi bleaching yang aman dapat anda gunakan dengan praktis adalah white agen 250 atau biasa dikenal dengan wa 250. Kandungan bahan kimia aktif masing masing produk biocide tersebut berbeda beda. Biocide sfp mengandung bahan aktif diuron dan carbendazim calcium atau dodecylbenzenesulfonate yang ampuh untuk mangatasi tumbuhnya jamur dan bakteri pada permukaan media kayu.

 

Berbeda dengan biocide sfp, biocide wood fungicide mengandung bahan kimia aktif yaitu mbt atau tcmbt yang dikenal dengan methylene bis iosinate atau di thiocyanomethyl thiobenzothiazole. Bahan kimia ini efektif digunakan untuk mencegah munculnya jamur permukaan.

Keunggulan dari biocide baik varian biocide wood fungicide maupun biocide sfp adalah sebagai berikut :

  1. Stabil dan efektif digunakan dalam jangka waktu yang lama
  2. Aplikasi mudah
  3. Sesuai untuk pengguna di dunia wood working ataupun rumah tangga
  4. Aplikasi dapat dilakukan di banyak media tidak hanya kayu, namun serat alam,kayu campuran juga bisa menggunakan obat ini
  5. Toksitias dari obat jamur kayu biocide sangat rendah

Dari kelima keunggulan ini biocide memiliki kemasan siap pakai 130 gram yang bisa dipakai baik industri ataupun rumah tangga. Kemasan kecil ini untuk memudahkan apikasi dan menghitung perbandingan campuran air yang di gunakan. Perhatiakan saat menggunakan produk ini karena merupakan bahan kimia sehingga anda harus

menaati hal hal berikut ini:

  • Gunakan pelindung badan seperti pakaian lengan panjang, sarung tangan,masker, kacamata pelindung dan sepatu saat mengaplikasikan
  • Jangan makan dan minum atau merokok selama pengerjaan
  • Segera cuci tangan setelah selesai pengerjaan
  • Tutup dengan rapat produk setelah digunakan
  • Simpan produk di tempat yang sejuk jangan terkena sinar matahari secaralangsung dan jangan disimpan pada ruangan yang lembab
  • Jauhkan dari jangkauan anak anak
  • Jangan buang sisa produk pada perairan atau sungai dengan bebas

Pastikan anda mematuhi larangan tersebut karena produk ini mengandung bahan kimia aktif. Kontra indikasi dari produk ini bisa menyebabkan keracunan jika terminum secara langsung ataupun masalah pernapasan.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya