Waspadai Serangan Jamur di Lemari Olympic karena Kesalahan Kita Sendiri!

Waspada serangan jamur di lemari Olympic dan berbagai merk lemari lainnya milik Anda. Kali ini akan kami bagikan beberapa tips super supaya tidak ada lagi jamur merusak almari Anda. Tips ini juga berguna buat Anda yang punya toko mebel lho!

Industri woodworking Indonesia sudah begitu terkenal di luar negeri dengan kualitas yang tinggi. Di dalam negeri pun, industri woodworking khususnya furniture mampu meraup keuntungan yang sangat besar karena pasar yang masif.

Ingat, Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi terbanyak di dunia. Usaha yang didirikan di negara ini bisa berkembang pesat seiring dengan semakin bergairahnya pasar Indonesia.

Salah satu brand yang sudah membuktikan hal tersebut adalah Olympic. Namun brand ini dan berbagai brand lainnya jelas harus bisa berkompetisi satu sama lain dengan sengit.

Bagi masyarakat sendiri, beragamnya produk mebel yang tersedia jelas menjadi satu keuntungan tersendiri. Apalagi bila keragaman tersebut juga mencakup bahan yang digunakan. Misalnya pemakaian bahan kayu olahan atau engineered wood.

Kayu olahan bisa dibeli dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Dengan demikian harga mebel yang dibuat menggunakan bahan kayu olahan pun secara umum lebih murah. Bagaimana dengan kualitasnya? Beragam.

Adalah sebuah miskonsepsi bila kita berpikir bahwa semua jenis engineered wood pasti lebih jelek dibanding kayu solid. Memang kayu olahan tak lagi memiliki keindahan seperti kayu solid. Tapi di aspek yang lain, kadang kayu-kayu tersebut pun lebih unggul.

Yang jelas bagi konsumen atau pemilik toko mebel, furniture harus senantiasa dirawat. Apalagi dari serangan jamur. Tahukah Anda bahwa milyaran US dollar raib hanya gara-gara kerusakan timber akibat serangan jamur?

Cantiknya lemari Olympic Anda tak akan bisa dinikmati lagi bila jamur sudah menyerang. Jamur di lemari Olympic tersebut bukan saja membuat estetika turun, tetapi juga bisa menyebabkan kita putus asa. Mengapa demikian? Sebabnya tak lain karena serangan jamur memang serangan hama yang sulit di atasi.

Jenis Jamur yang Menyerang

Berikut ini beberapa jenis jamur yang biasanya menyerang almari.

Iklan Biothane utama
  1. Jamur putih. Jamur putih ini memiliki penampakan seperti jamur tempe. Mula-mula ia tampak seperti bercak-bercak saja di permukaan mebel. Ketika masih dalam tahapan ini, kita bisa membersihkannya dengan sangat mudah, yakni dengan mengusapnya saja dengan kain lap. Namun bila dibiarkan terlalu lama, akar jamur akan menembus lapisan mebel. Sehingga mebel pun rusak, termasuk ketika kita mencoba membersihkannya.
  2. Jamur hitam. Seperti jamur putih, jamur hitam biasanya muncul pertama kali dalam bentuk bercak-bercak. Namun secara umum, jamur ini memiliki pola serangan yang lebih parah. Black mold atau jamur hitam ini pun biasanya tumbuh di tembok-tembok lembab. Akan muncul bau apek ketika jamur ini tumbuh. Dan tak jarang pula, serangan black mold dibarengi dengan serangan jenis jamur yang lainnya.
  3. Jamur noda. Jamur noda tumbuh dari substrat kayu. Kewaspadaan serangan jamur di lemari Olympic dan merk lainnya untuk jenis ini bukan ada di tangan konsumen, tapi pelaku usaha. Sebab jamur noda biasanya muncul ketika kayu belum difinish.  Jamur muncul di antara sel-sel kayu. Jamur ini juga tidak bisa dihilangkan dengan cara diusap atau diskrap seperti jenis jamur yang lainnya. Nah, bagi Anda pelaku usaha mebel yang ingin membuat model almari yang berbasis kayu olahan, waspadalah terhadap serangan jamur ini. Sebab jamur stain bisa betul-betul merusak keindahan furniture.

Mengenal Serangan Jamur dan Faktor yang Memicunya

Sebenarnya bukan hanya almari bermerek tertentu yang rentan diserang jamur. Berbagai merek almari dan furniture pun tak lebih tahan terhadap serangan organisme ini. Apalagi mengingat bahwa seringkali yang menyebabkan tumbuhnya jamur adalah pihak konsumen sendiri. Banyak hal yang membuat furniture rusak akibat keteledoran kita sendiri sebagai penggunanya, antara lain:

  1. Kelembaban udara yang tinggi. Tingginya kelembaban udara menyediakan air yang diperlukan jamur untuk tumbuh. Sehingga makin lembab udara suatu ruangan, makin tinggi potensi tumbuhnya jamur di ruangan itu.
  2. Kotornya permukaan furniture. Noda dan debu yang menyebabkan furniture kotor merupakan sumber makanan bagi jamur.
  3. Paparan air yang tidak segera dilap. Hal ini akan membuat substrat lemari menjadi lembab sehingga kemungkinan tumbuhnya jamur juga meningkat.

serangan jamur di lemari

Berbagai faktor di atas apabila tidak ditangani dengan baik bisa berbuah buruk bagi kita. Apalagi bila almari yang kita miliki terbuat dari particle board yang dilapisi vinir. Serangan jamur pada particle board maupun vinir akan sangat sulit diatasi. Pun demikian, timbulnya kerusakan tidak akan bisa diperbaiki dengan mudah. Hal ini berbeda dengan kerusakan jamur pada furniture berbahan kayu yang secara umum dapat diperbaiki dengan pembasmian lalu finishing ulang saja.

Cara Mencegah Jamur di Lemari Olympic dan Merek lainnya

Mengingat demikian merugikannya serangan jamur di lemari Olympic dan lemari merek lainnya, kami sarankan Anda melakukan langkah pencegahan sebagai berikut:

  1. Menekan kelembaban udara. Misalnya dengan memasang sistem ventilasi yang baik.
  2. Segera mengelap furniture yang tersiram air.
  3. Menggunakan penyerap kelembaban di bagian dalam lemari. Anda bisa memanfaatkan humicity absorber Silica.
  4. Menjauhkan furniture almari dari sumber air.
  5. Segera mengaplikasikan fungisida BioCide Surface Film Preservative untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

silica-gel-natural

Silica Natural

Dengan kelima cara yang diterapkan secara bersamaan di atas, kita dapat menghindari kerusakan akibat serangan jamur di lemari Olympic maupun lemari merek lainnya.

Silica Natural

Pernahkah Anda membeli sepatu dan di dalam kardusnya menemukan bungkusan kecil dengan tulisan Do Not Eat? Bungkusan serupa ini juga sering ditemukan saat Anda membeli berbagai perlengkapan elektronik hingga makanan.

Bungkusan itulah yang disebut silica. Silica merupakan bahan yang sangat menyukai partikel air. Saat kita meletakkan silica di sebuah ruangan, ia akan menarik molekul air hingga tidak bisa lagi melakukannya (hingga jenuh).

Fungsi ini membuat silica bisa mencegah serangan jamur. Pasalnya, salah satu faktor terjadinya serangan jamur adalah kelembaban yang tinggi.

Nah, keunggulan silica kami terletak pada sifatnya yang sangat aman. Sebagaimana namanya, silica kami merupakan silica alami yang bahkan bisa digunakan untuk beberapa bahan makanan lho.

BioCide SFP

BioCide SFP adalah antijamur permukaan. BioCide SFP bisa digunakan untuk membasmi jamur permukaan baik yang warnanya putih, hitam, dan lain sebagainya. Fungisida ini sangat mudah digunmakan karena cara pakainya hanya dengan diusapkan di daerah yang berjamur saja. Namun tentu, Anda harus menggunakan alat pelindung diri.

biocide sfp

Yang unik, selain bisa digunakan sebagai solusi untuk mewaspadai serangan jamur di lemari Olympic dan merk yang lain, fungisida ini juga bisa dicampurkan di cat lho. Khususnya, cat water based atau cat berbasis air. Cara ini akan membuat cat menjadi memiliki ekstra proteksi terhadap serangan jamur.

Kami Sedia Keduanya

Kami di Bio Industries menyediakan kedua produk tersebut untuk Anda. Anda bisa mendapatkannya dengan berkunjung ke Bio Industries di Yogyakarta, Jepara, atau Cirebon. Selebihnya, Anda juga bisa memesan di kontak yang kami sediakan. Silahkan saja hubungi kami via 082 167 600 693.

Apa bedanya membeli secara langsung ataupun konvensional? Tidak ada bedanya, kecuali prosedur yang berbeda. Produk yang Anda dapatkan kualitas dan harganya sama. Pun begitu Anda akan dilayani dengan sama baiknya oleh CS kami. Bahkan bila perlu teknisi dan marketing kami pun akan turut membantu.

Bagaimana dengan membeli di toko online? Tentu juga bisa. Anda bisa membeli di berbagai marketplace di Indonesia untuk memperoleh produk ini.

Siap Kerja Sama dengan Usaha Anda

Kami juga siap bekerja sama lebih lanjut dengan Anda. Bagi Anda pelaku usaha furniture, baik furniture berbasis kayu solid ataupun furniture kayu olahan, Anda bisa menghubungi kami untuk kerja sama lebih lanjut.

Kami menyediakan produk dalam ukuran besar yang cocok untuk kebutuhan industri. Teknisi kami juga selalu siap membantu aplikasi fungisida dan silica gel. Marketing kami juga selalu siap memberikan informasi dan penawaran terbaik kepada Anda.

Sebab kami di Bio Industries memang memiliki komitmen untuk mendukung industri woodworking nasional. Produk kami pun sudah teruji di lapangan dengan bukti diandalkannya produk kami di berbagai usaha mebel, kerajinan, hingga konstruksi bangunan.

Kesimpulan

Apa yang bisa disimpulkan dari pembahasan di atas? Pertama, kita tahu bahwa industri furniture di Indonesia merupakan salah satu industri yang mampu berkembang pesat. Selain memiliki nama di dunia internasional, industri mebel Indonesia juga Berjaya di pasar lokal.

Terdapat sangat banyak jenis produk dalam industri furniture. Salah satunya adalah almari. Brand lemari sendiri begitu beragam. Di antara yang paling populer di pasaran adalah lemari Olympic.

Sama seperti berbagai merk lemari lainnya, lemari Olympic pun bisa diserang hama jamur. Yang disayangkan kebanyakan serangan hama jamur disebabkan kesalahan penggunanya sendiri. Padahal bila jamur sudah menyerang, lemari akan terlihat jelek. Strukturnya pun bisa rusak.

Oleh karena itulah perlu diwaspadai serangan jamur di lemari Olympic. Dalam hal ini, Anda bisa mengandalkan dua produk kami, silica natural dan BioCide Surface Film Preservative.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn