lemari berjamur

Bisa Jadi Kegiatan DIY, Cara Menghilangkan Jamur pada Furniture

Jika Anda menemukan mebel di rumah Anda mulai terserang jamur, langkah awal yang harus dilakukan adalah berusaha meminimalisir persebarannya.

Jangan sampai Anda bertindak gegabah dan langsung memutuskan untuk membuangnya padahal masih bisa menyelamatkannya. Cara menghilangkan jamur pada furniture yang bisa jadi kegiatan bermanfaat di rumah bisa Anda temukan pada artikel ini.

Perawatan dan Pemeliharaan Furnitur

merawat furniture menjadi senjata paling jitu untuk menghilangkan jamur
Membersihkan furnitur kayu

Sebuah furniture berkualitas sering dianggap sebagai investasi jangka panjang, oleh karena diharapkan dapat bertahan lama. Untuk itu, langkah perawatan yang tepat juga harus dilakukan.

Namun, dengan perawatan yang tepat sekalipun, furnitur mungkin akan mulai menunjukkan usianya dan membutuhkan penyegaran. Hal ini mungkin saja terjadi ketika kursi atau sofa favorit Anda tidak lagi terlihat baik untuk digunakan, atau mulai menunjukan tanda kemunculan jamur seperti adanya bau apek.

Ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengembalikannya ke kondisi optimal. Sebagai pengguna, kita tidak terlalu memikirkan perawatan furniture. Furniture kayu biasanya hanya dibersihakan dengan cara membersihkan debu di permukaannya. Pada furniture yang dilapisi dengan kain, Anda dapat menggunakan vakum untuk menghilangkan kotoran pada permukaannya.

Sebagian besar produsen memberikan instruksi perawatan dan pemeliharaan. Anda bisa melihat pada tag furnitur atau Anda juga dapat memeriksa situs web mereka. Untuk menjaga furnitur Anda tetap dalam kondisi terbaik, waspadai jugapenempatan furniture di rumah Anda.

Sinar matahari langsung secara intens menyebabkan memudarnya warna kayu. Jika ada sesuatu yang tumpah ke furniture, bersihkan permukaannya sesegera mungkin untuk menghindari noda permanen.

Pada furniture dengan lapisan kain, akan ada tag dengan kode pembersih yang merinci jenis deterjen apa yang dapat digunakan untuk membersihkannya. Kesalahan pada proses pembersihan juga justru dapat berakibat fatal pada furniture Anda.

Menghilangkan Jamur pada Furniture

furniture kayu berjamur
Menghilangkan-jamur pada furniture kayu

Jika furniture kayu atau furniture berlapis kain bernoda atau rusak karena air, hal tersebut mungkin disebabkan oleh kebocoran yang terjadi di rumah Anda. Jika segera ditangani, Anda mungkin dapat menyelamatkan sebagian atau seluruhnya.

Jika Anda mencurigai adanya noda atau bau yang disebabkan oleh jamur cari asal bau lalu identifikasi jenis jamur yang mungin menempel pada furniture tersebut. Untuk perawatan furniture dari jamur, perhatikan langkah berikut ini.

  • Langkah pertama

Pastikan bahwa Anda telah mengurus kebocoran atau kondisi lingkungan apa pun yang menyebabkan jamur tumbuh di dalam ruangan. Jamur cenderung berkembang di daerah lembab di rumah Anda, seperti ruang bawah tanah atau kamar mandi.

Terkadang kejadian tak terduga seperti banjir atau kebocoran pipa dapat menyebabkan air mengenai furnitur di ruangan lain dan menyebabkan kerusakan. Anda bisa menggunakan dehumidifier untuk mencegah pertumbuhan jamur semakin parah. Menurut Energystar, tingkat kelembaban dalam ruangan cukup ideal pada kisaran antara 30 – 50%.

  • Langkah selanjutnya

Segeralah membersihkan furniture Anda. Jika kondisinya masih basah, keringkan terlebih dahulu sebelum Anda mencoba untuk menghilangkan jamur pada furniture.

Anda dapat menempatkannya di luar, di bawah sinar matahari langsung untuk membantu mempercepat proses ini. Setelah furnitur benar-benar kering, Anda bisa mulai membersihkannya.

  • Gunakan alat pelindung diri saat membersihkan furniture

Saat membersihkan furnitur yang terkena jamur Anda harus mengenakan alat pelindung, seperti sarung tangan, kacamata pengaman, dan masker gas respirator. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan agar pekerjaan yang Anda lakukan bisa optimal.

Proses menghilangkan jamur pada furnitur harus dilakukan di daerah dengan ventilasi yang baik atau di ruang terbuka untuk menghindari menghirup spora jamur.

Jamur pada Furniture Kayu dan Kaca

Furnitur kayu dan kaca termasuk lemari atau permukaan meja, juga dapat diserang oleh jamur.

Dalam e-book A Homeowner’s Guide to Mold Remediation, Brian Turner, penulis dan ahli remediasi jamur merekomendasikan membersihkan jamur dari furniture yang tidak berpori menggunakan vakum HEPA terlebih dahulu.

Selanjutnya, bersihkan furniture menggunakan tisu basah dengan produk pembersih yang toksisitasnya rendah. Konsultasikan produsen furniture untuk produk pembersih yang Anda pilih sebelum digunakan.

Jika pembersihan permukaan tampaknya tidak menghilangkan jamur atau ada tanda-tanda jamur muncul kembali, lakukanlah langkah-langkah lebih lanjut, termasuk pengampelasan dan melakukan refinishing.

Secara umum, pengampelasan kayu yang terkena jamur hanya boleh dilakukan oleh professional, karena spora jamur dapat terlepas ke udara dan menyebar di sekitar rumah. Namun, Anda juga tetap bisa melakukannya selama kegiatan ini dilakukan di ruangan khusus atau di ruang terbuka untuk kegiatan DIY.

Sebagai catatan, ruangan tersebut sirkulasi udaranya harus terjaga dengan baik. Atau ruangan tempat proses DIY yang terpisah dari ruangan lainnya agar dapat meminimalisir adanya persebaran spora jamur yang tidak diharapkan. Jangan lupa, gunakan alat pelindung diri untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri Anda.

Refinishing Setelah Jamur Dihilangkan dari Furniture

refinishing furniture dengan bahan cat terbaik
Refinishing furniture kayu

Anda bisa memulai dengan mengampelas seluruh bagian furniture, terutama yang terkena jamur. Lalu, lanjutkan dengan pengecatan ulang. Hal ini dapat menjadi langkah yang tepat untuk menghilangkan jamur pada furniture sekaligus untuk memberikan tampilan baru yang lebih menarik. Refinishing juga Anda juga dapat memberikan lapisan proteksi lebih optimal untuk menjaga kualitas furniture tetap prima.

Jangan lupa untuk melapisi furniture dengan bahan antijamur yang berkualitas untuk meminimalisir jamur muncul kembali. Anda dapat menggunakan produk Biocide Wood Fungicide ataupun Biocide SFP untuk menjaga mebel kayu agar tidak terkena jamur di kemudian hari.

Di Manakah Anda Bisa Mendapat Produk Antijamur yang Berkualitas?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau mengenai pemesanan produk antijamur, silahkan hubungi kami melalui Whatsapp di sini. Atau melaui e-mail diĀ [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industri Omnipresen secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya