kayu kena jamur

Cara Efektif Cegah Jamur Black Stain pada Kayu dengan Biocide Wood Fungicide

Jamur black stain merupakan turunan jamur subtrat yang dikenal dengan khas berupa noda hitam pada kayu. Jenis jamur ini sama dengan jamur blue stain. Serangan jamur seperti ini merusak kekokohan kayu dan juga membuat kayu berkurang daya jualnya.

Kayu yangterserng jamur black stain biasanya tidak akan digunakan sebagai bahan furnitur atau hiasan kayu. Pasalnya warna yang tidak rata atau seragam justru akan menyulitkan proses pewarnaan atau finishing yang dilakukan pada kayu.

promo produk white agent wa-250

Oleh karena itu mencegah dan mengatasi jamur black stain ini sagat penting dilakukan. Selain mencegah dan meminimalisir kerugian yang diakibatkan oleh serangan jamur, tidak ada biaya tambahan untuk mengatasi serangan jamur ini.

Baca Juga : pelajari cara memanfaatkan kayu palet agar kreasimu bisa bikin wow

Lalu bagaimana cara yang efektif untuk mengatasi serangan jamur black stain pada kayu? Lakukan pencegahan merupakan solusi terbaik dan efktif mencegah serangan jamur black stain. Namun jika sudah terlanjur terjadi anda bisa meminimalisir dengan menyeragamkan warna kayu tersebut.

promo produk biocide insecticide

Cara Mencegah Jamur Black Stain Pada Kayu Dengan Biocide Wood Fungicide

Mencegah memang selalu lebih baik dibandingkan mengobati. Pencegahan bisa mencegah dampak terjadi hanya dengan melakukan kegiatan ekstra preventif. Tentunya kegiatan ini penting dilakukan guna mengurangi kayu terdampak jamur.

Baca Juga : proses pengeringan rotan yang mudah

perlunya pengawetan kayu
black stain mold wood decking

Pencegahan terbaik dilakukan dengan mengetahui bagaimana jamur black stain tumbuh atau berkembang. Treatmen pencegahan seperti ini penting diketahui sebagai pengetahuan dasar memahami jamur black stain.

Jamur black stain pada dasarnya sama degan jamur blue stain. Pembedanya hanya warna noda yang ditinggalkan pada kayu. Jamur ini memiliki habitat tumbuh pada area yang lembab. Kelembabpan tinggi dan kadar getah pada kayu menyebabkan pertumbuhan jamur black stain.

Uniknya jamur black stain tidak akan tumbuh dalam kondisi dimana kayu benar benar kering atau benar benar basah. Jadi membuat kayu benar benar basah juga efektif mencegah jamur black stain tumbuh. Treatmen yang paling mudah dilakukan adalah membiarkan kayu benar benar basah atau kering.

Langkah preventif apa yang bisa anda lakukan untuk mencega serangan jamur black stain? Berikut ini dapat anda pelajari:

  1. Mencegah munculnya jamur black stain pada kayu habis tebang atau masih fresh cut

Anda bisa mencegah jamur black stain menyerang semenjak kayu sehabis ditebang. Biasanya serangan terjadi setelah di tebang. Nah untuk mencegahnya anda bisa menggunakan anti jamur kayu atau wood fungicide.

Cara aplikasinya paling mudah dengan melakukan perendaman terhadap kayu fresh cut tersebut. Nah larutan rendaman tersebut tidak bisa hanya sekedar air. Bahan efektif untuk mencegah serangan bahan black stain ini adalah menggunakan TCMBT dan MBT.

Kedua jenis bahan kimia ini merupakan kombinasi bahan kimia yang direkomendasikan oleh ahli microbiologi. Bahan aktif tersebut juga mencegah proses pembusukan pada kayu. Anda tidak perlu kesulitan dalam mencari bahan aktif tcmbt dan mbt tersebut. Kedua bahan tersevut sudah ada daam biocide wood fungicide.

Anda cukup mengaplikasikan biocide woodfungicide guna membuat larutan untuk merendam kayu fresh cut sehingga tidak terserang jamur black stain. Cara ini lebih efektif dibandingkan anda mengatasi jamur ini jika sudah merusak subtrat kayu itu sendiri.

Treatmen perendaman kayu dengan biocide wood fungicide efektif dilakukan tidak hanya pada kayu yang masih berbentuk raw material. Sert alam layaknya rotan dan bambu juga bisa direndam dengan menggunakan biocide wood fungcide. Kondisi kayu atau serat alam yang direndam juga bisa dalam keadaan basah ataupun kering.

  • Mencegah jamur black stain pada kayu , bambu atau rotan yang sudah berbentuk barang

Lalu bagaimana jika kayu atau media serat alam lainya sudah berbentuk brang atau mebel? Mungkin tidak jika ketika sudah berbentuk barang jamur black stain menyerang? Jawabanya adalah mungkin.

Serangan jamur ini muncul akibat kondisi kelembapan yang tinggi serta kondisi lingkungan yang sesuai dengan habitat jamur black stain. Oleh karena itu barang barang un finish yang akan di simpan sebagai stok sangat direkomendasikan untuk di treatmen menggunakan obat anti jamur kayu.

Anti jamur kayu atau fungicide ini sangat begruna mencegah berbagai serangan jamur black stain pada kayu. Biocide wood fungicide dapat digunakan untuk barag barang yang unfinish atau yang belum difinishing.

Aplikasi biocide wood fungicide dapat dilakukan dengan cara kuas ataupun oles untuk media kayu, rotan dan serat alam lainya yang telah berbentu barang. Biocide wood fungicide cukup di larutakan dengan campuran air ataupun solvent.

Pastikan setelah dikuas atau di oles dengan menggunakan biocide wood fungicide lakukan pengeringan dengan baik. Keringkan mebel kayu yang telah ditreatment dengan biocide wood fungicide. Selain itu pastikan MC atau kelembapan kayu dibawah 12 % sebelum dan setelah di proses lebih lanjut.

Mengapa menggunakan biocide wood fungicide untuk treatment pengawetan dan pencegahan jamur black stain?

Biocide wood fungicide berbahan aktif tcmbt dan mbt merupakan jenis bahan kimia aktif rekomendasi ahli microbiologi untuk mengatasi jamur subtrat. Kondisi ini menjadi prasyarat bahwa jenis obat jamur ini tidak akan efektif untuk mengatasi jamur permukaan. Jadi jamur yang tumbuh diatas permukaan substrat kayu atau diatas lapisan cat mebel tidak akan bisa di hilangkan atau dicegah dengan menggunakan anti jamur kayu biocide wood fungicide.

Apabila serangan jamur black stain sudah terjadi dan menyebar pada kayu, jenis obat anti jamur kayu biocide wood fungicide ini juga tidak bisa digunakan untuk mengatasinya. Obat jamur kayu ini hanya berfungsi sebagai pencegahan jamur subtrat kayu layanya jamur black stain.

Jika kayu sudah terkena jamur subtrat layaknya jamur black stain dan menimbulkan noda yang tidak seragam pada kayu, yang perlu anda lakukan adalah menyeragamkan warna kayu tersebut. Langkah ini perlu dilakukan untuk meminimalisir dampak kerugian yang anda hasilkan jika tidak menggunakan kayu tersebut.

Nah untuk menyeragmakan warna kayu, solusi yang dilakukan adlaah dengan menggunakan bleaching kayu atau wood bleaching. Jadi biocide wood fungicide juga tidak bisa digunakan untuk menyeragmkan warna kayu. Gunakan wood bleaching seperti white agen WA 250 yang efektif menyeragmkan warna bekas serangan jamur black stain.

Biocide wood fungicide ini sendiri mengandung tcmbt 10 ec, artinya setiap 100 gram dari biocide mengandung bahan aktif tcmbt. Dengan konsentrasi seperti ini biocide wood fungicide efektif untuk mencegah pertumbuhan jamur black stain pada kayu.

biocide wood fungicide perawatan kayu
biocide wood fungicide perawatan kayu

Pencegahan serangan jamur black stain sangat mudah dilakukan. Carany hanya dengan menggunakan biocide wood fungicide sebagai treatment pwngwetan kayu. Jadi sebaiknya sebelum kayu yang ditebang atau furnitur unfinish yang anda miliki diserang jamur black stain, lakukan pengawetan kayu dengan baik menggunakan larutan biocide wood fungicide.

Dimana anda memperoleh biocide wood fungicide? Anda bisa mendapatkan obat jamur kayu ini dengan menghubungi customer care kami di nomor yang ada di website atau di bawah artikel ini. Selain itu anda juga bisa membeli biocide wood fungicide langsung di seluruh marketplace yang ada di indonesia.