anti jamur blue stain

Kayu yang habis ditebang tampak memiliki noda warna biru atau gelap? Biasanya kayu masih dalam bentuk log jika warnanya tidak rata terserang jamur blue stain. Efek jamur ini tiak main main. Kayu yang sudah terserang jamur blue stain biasanya tidak digunakan karena warnanya berbeda.

Biar anda tidak rugi, tidak ada salahnya untuk mencegah pertumbuhan jamur ini agar tidak semakin meluas. Mengetahui karakteristik serangan jamur dan pencegahanya bisa membuat untung karena menghindari masalah yang merugikan ini.

CS Anti Jamur

Jenis jamur kayu blue stain ini tidak hanya meninggalkan noda warna tidak seragm dalam aspek yang lebih besar juga bisa membuat kayu berkurang tingkat kekokohanya. Selain itu wanrnya yang tidak seragam membuat kayu yang terserang jadi tidak lulus kualifikasi log kayu terbaik untuk proses selanjutnya.

Apalagi jika kayu yang telah ditebang tersebut memangdiniatkan untuk di buat furnitur. Jelas sekali kerugian akibat warna kayu tidak seragam ini di depan mata. Untuk mencegah ini berlarut larut dan meminimalisir maslaahnya anda perlu tahu bagaimana cara cegah jamur kayu blue stain dengan tepat.

Pahami Cara Cegah Jamur Blue Stain Pada Kayu

Efek mencolok dari jamur kayu blue stain adalah noda pada log kayu. Noda ini menyebar ada bagian dalam serat kayu. Oleh karena itu kayu yang telah terkena blue stain wajib diatasi agar tetap bisa digunakan sebagai kayu yang berwarna seragam.

efek jamur kayu
warna noda akibat blue stain

Walaupun mengatasi jamur ini tidak mudah karena jamur telah melakukan penetrasi kedalam serat kayu jauh kedalam. Bahkan diamplaspun bekas noda dari jamur kayu yang satu ini tidak akan hiang. Untuk menyiasati jika telah terjadi jamur kayu seprti ini anda bisa menggunakan  langkah untuk menyeragmakn warna kayu.

Tentunya proses penyeragaman warna kayu ini juga membutuhkan biaya lebih. Untuk menyeragmkan warna kayu anda bisa menggunakan cairan pemutih kayu atau penyeragam kayu yang aman untuk lingkungan. Untuk mneyeragamkan warna kayu anda bisa menggunakan white agen atau dikenal dengan WA 250.

Namun anda bisa mengurangi semua biaya ini dengan mengetahui bagaimana cara mencegah serangan jamur blue stain pada kayu. Nah langkah apa yang bisa and alakukan untuk mencegah serangan jamur blue satin pada kayu ? tiga hal ini paling tidak bisa menyelamatkan kayu log anda dari serangan jamur:

  1. Kondisikan lingkungan tempat pemyimpanan kayu

Jamur blue stain dapat tumbuh subur pada log kayu dipengaruhi karena faktor lingkungan.  Lingkungan log kayu tersebut sesuai dengan habitat jamur. Sehingga jamur bisa tumbuh subur dan mudah saja menyerang log kayu.

Oleh karena itu untuk mencegah serangan jamur blue stain paling mudah adalah dengan mengkondisikan lingkungan kayu tersebut tidak sesuai dengan hbaitat jamur blue stain. Oleh karena itu keringkanlah kayu setelah di tebang.  Cara yang paling mudah adalah dengan mengeraji kayu sehinga kayu tidak basah.

  • Perhatikan ruangan penyimpanan kayu

Jamur blue stain tumbuh pada ruang yang lembab. Jamur ini justru tidak akan tumbuh pada kayu yang benar benar basah ataupun benar benar kering. Oleh karena itu tempat penyimpanan kayu menjadi snagat penting untk diperhatikan.

Simpan kayu log pada tempat yang benar benar kering, bersih dan tidak lembab. Kondisi ruangan penyimpanan yang lembab justru akan memperburuk kondisi kayu. Sehingga kayu akan mudah sekali diserang jamur blue stain. Oleh karena itu sangat perlu mengkondisikan ruangan penyimpanan kayu agar tidak lembab dan pengap.

  • Awetkan kayu terlebih dahulu

Agar kayu log tidak terserang jamur blue stain, sedini mungkin segera awetkan kayu. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah serangan jamur blue stain. Pilihan pengawetan kayu ada banyak gama pilihanya. Namun pastikan bahwa treatment yang akan anda lakuan pada kayu aman untuk kesehatan anda, lingkungan dan efektif bekerja mencegah seangan blue stain pada kayu yang anda miliki.

Untuk mengawetkan kayu secara aman dan efektif, kami merekomendasikan untuk menggunakan biocide wood fungicide. Insektisida ini cukup efektif dalam mencegah terjadinya blue stain pada kayu. Pengawetan kayu harus idlakukan agar jamur blue stain tidak segera menyerang. Apalagi jika kayu disimpan dalam kondisi lingkungan yang lembab. Sudah seharusnya segera menggunakan anti jamur kayu yang efektif.

Keunggulan Biocide Wood Fungicide Untuk Atasi Jamur Kayu Blue Stain

Cara yang paling efektif untuk atasi kerugian dari serangan jamur kayu adalah dengan mengawetkan kayu segera setelah di tebang. Proses pengawetan kayu dapat dilakukan menjadi lebih efektif jika anda menggunakan obat anti jamur kayu yang tepat.

Penggunaan obat anti jamur kayu ini sudah umum dilakukan dalam mengawetkan kayu. Namun dalam beberapa kasus justru ditemui obat anti jamur yang digunakan bukan khusus untuk kayu. Akibatnya justru meracuni aplikator dan merusak kondisi lingkungan akibat sembarangan menggunakan bahan kimia berbahaya.

Guna efektifitas dan daya perlindungan terhadap serangan jamur kayu blue stain, kami merekomndasikan biocide wood fungicide. Jenis anti jamur kayu ini berupa cairan yang mengandung tcnbc yang efektif mengatasi jamur penyebab warna belang pada kayu.

Bahan kimia yang terkandung didalam biocide wood fungicide efektif untuk mencegah pertumbuhan jamur substrat. Sehingga kayu memiliki usia pakai yang lebih panjang. Jamur blue stain tergolong dalam jenis jamur subtrat kayu.

Apa sajakah keunggulan dari anti jamur kayu biocide wood fungicide ini? Nah berikut ini keunggulan yang harus anda ketahui untuk memastikan anda menggunakan produk ini guna mengawetkan kayu yang dimiliki

  1. Efektif dan stabil untuk jangka waktu yang lama
  2. Sangat tepat digunakan untuk industri woodworking baik kecil, menegah ataupun besar sekaligus
  3. Cara aplikasinya sangat mudah
  4. Dapat digunakan pada berbagai media kayu
  5. Kadar racun sangat rendah sehingga ramah lingkungan

Kegunaan dari biocide wood fungicide ini tidak hanya digunakan untuk media kayu log saja. Jika nampak jamur subtrat atau ingin mengawetkan bambu, rotan atau serat alam lainya, anda dapat menggunakan biocide wood fungicide sebsgai treatment yang tepat.

Biocide wood fungicide berbentuk cairan yang diaplikasikan dengan cara di encerkan. Pengenceranya dapat menggunakan larutan air ataupun solvent seperti thinner dan jenis minyak lainya. Fleksibilitas ini tentu sangat menguntungkan karena bisa di sesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan anda.

Cara aplikasi biocide wood fungice sangat sederhana. Anda cukup mengencerkan biocide dengan larutan dengan perbandingan  1,5 % biocide berbanding dengan larutan yang digunakan. Kemudian anda dapat mengapikasikan dengan cara kuas, rendam, dilap bahkan di semprot. Berbagai kemudahan ini tentu memudahkan anda untuk mencegah serangan jamur blue stain.

Cegah jamur blue stain sebelum muncul dengan menggunakan biocide wood fungicide sekarang juga. Investasikan dana yang anda miliki lebih sedikit untuk pencegahan dibandingkan harus menuai kerugian yang lebih besar karena cacat kayu yang dialami. Sehingga tidak bisa digunakan untuk produksi.

CS Anti Jamur