Penyebab Jamur di Rumah dan Cara Penanganan yang Tepat

Memahami secara umum apa saja penyebab jamur di rumah dapat membantu memungkinkan Anda untuk mengambil langkah-langkah pencegahan. Perkembangan masalah jamur rumah tangga yang berpotensi serius dapat diminimalisir.

Mengetahui apa yang menyebabkan kemunculan jamur juga memungkinkan Anda untuk mencegah masalah jamur terjadi berulang kali. Terlebih, jika Anda sudah berurusan dengan upaya dan biaya membersihkannya.

Kondisi yang Jadi Penyebab Jamur di Rumah

black mold di dinding rumah

Ada banyak peristiwa berbeda yang dapat menyebabkan masalah jamur muncul di rumah. Biasanya satu hal yang menyebabkan pertumbuhan jamur melibatkan kehadiran kelembaban yang tidak diinginkan atau tidak terkendali di rumah.

Baca Juga : Mau Furniture Kayu aman dari Jamur dan Lumut, Pakai Cara Paling Ampuh ini

Karena semua jenis jamur membutuhkan kelembaban untuk tumbuh dan menyebar. Kondisi yang sering menjadi penyebab jamur tumbuh di dalam rumah meliputi:

  1. Banjir
  2. Atap yang bocor.
  3. Bingkai jendela bocor.
  4. Membiarkan jendela terbuka saat hujan.
  5. Pipa bocor atau rusak.
  6. Wastafel bocor, bak mandi atau toilet.
  7. Mesin cuci bocor atau mesin pencuci piring.
  8. Kamar mandi dan ruang cuci yang berventilasi buruk.
  9. Pakaian basah yang tersisa di tumpukan atau pakaian basah yang digantung hingga kering dapat menyebabkan peningkatan tingkat kelembaban ruangan yang tidak diinginkan.
  10. Ruang bawah tanah yang lembab.
  11. Tingkat kelembaban relatif yang tinggi di rumah (lebih besar dari 50 persen).
  12. Kebakaran rumah - jamur sebenarnya adalah hasil dari bahan basah yang tertinggal setelah air digunakan untuk memadamkan api, bukan oleh api itu sendiri.
  13. Kondensasi pada permukaan dingin seperti lantai beton atau pipa logam dingin.
  14. Masalah kondensasi sistem HVAC, seperti memiliki humidifier seluruh rumah yang terlalu tinggi atau air memasuki pekerjaan saluran.
  15. Semua jenis kerusakan air yang signifikan di rumah.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan kemunculan jamur pada hunian Anda. Namun, sebenarnya ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah perkembangan jamur dapat tumbuh di sekitar rumah Anda.

Baca Juga : Cara Efektif Cegah Jamur Black Stain Pada Kayu Dengan Biocide Wood Fungicide

Cara Mencegah Jamur Tumbuh di Rumah

bau apek akibat adanya jamur di dalam rumah

Untuk mencegah jamur berkembang di rumah, perbaiki segera jika ada salah satu kondisi dari 15 penyebab jamur tersebut terjadi. Tangani sesegera mungkin untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah.

Hal-hal di atas bukan satu-satunya penyebab jamur yang mungkin terjadi. Terkadang bahkan langkah-langkah pencegahan yang terbaik pun tidak membuat jamur rumah tangga tidak berkembang. Jika Anda melihat tanda-tanda masalah jamur di rumah Anda, lakukan langkah-langkah untuk mengatasinya segera.

Jamur dapat ditemukan di mana saja di alam. Bahkan sebenarnya mereka juga sudah ada di rumah Anda. Namun kehadirannya hanya lebih terkendali dan tidak mereproduksi membentuk koloni besar.

Jamur menyukai suhu dan kelembaban yang hangat. Menjaga kelembaban di bawah kontrol adalah cara terbaik untuk mencegah pertumbuhan jamur. Sebagian besar jenis jamur dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat.

Jadi, jika setiap hari Anda menunda untuk mengatasi kemunculannya maka hal itu hanya memungkinkan masalah dapat menjadi lebih buruk.

Anda juga dapat mengandalkan pengaplikasian fungisida untuk menjaga kondisi rumah Anda bebas jamur. Terlebih jika rumah Anda banyak menggunakan material kayu dan berada pada area dengan kelembaban yang cukup tinggi.

Anda dapat mengandalkan produk Biocide Series untuk mengatasi permasalahan ini. Pengaplikasian Biocide SFP dapat Anda lakukan dengan mencampurkannya pada cat tembok. Sehingga dapat menjaga kondisi dinding di rumah Anda bebas jamur dan lumut.

Jangan lupa pula untuk melakukan perawatan pada furniture dan berbagai peralatan dari kayu yang ada di rumah. Anda dapat mengandalkan Biocide Wood Fungicide untuk memenuhi kebutuhan ini.

Pengujian untuk Memastikan Keberadaan Jamur

jamur tembok

Jika Anda tidak yakin apakah Anda memiliki jamur yang tumbuh di sekitar rumah Anda atau tidak, Anda dapat menggunakan jasa profesional untuk melakukan pengujian. Jenis tes dapat mencakup pengambilan sampel udara dan permukaan.

Pengambilan sampel udara menangkap partikel yang mengambang di udara. Dapat dilakukan dengan menentukan konsentrasinya, dan kemudian membandingkan konsentrasi dalam dengan apa yang ada di udara luar.

Saat melakukan pengujian permukaan, sepotong selotip ditekan ke permukaan rumah. Hal ini dilakukan untuk menjebak spora jamur, atau penyeka digunakan untuk melihat jenis dan jumlah spora apa yang ada.

Hal ini adalah sesuatu yang sebaiknya dilakukan setelah banjir, kebakaran atau peristiwa lain yang melibatkan kerusakan air yang signifikan pada rumah. Jika Anda mencium bau apek di rumah Anda, Anda mungkin memiliki jamur di suatu tempat bahkan jika Anda tidak dapat melihatnya.

Ada alat tes jamur untuk Anda gunakan secara DIY di pasaran. Tetapi jika Anda serius tentang masalah jamur, kit ini mungkin bukan cara yang tepat. Masalah pertama dengan kit DIY adalah benar-benar tidak ada inspeksi jamur.

cawan petri fungi

Kit akan berisi cawan petri yang Anda tempatkan di daerah di mana Anda pikir ada masalah jamur. Setelah beberapa hari Anda mengambilnya kembali dan mengirimkannya ke laboratorium. Kit ini hampir selalu menunjukkan adanya jamur, tetapi hasilnya mungkin tidak ada artinya karena jamur ada di mana-mana untuk memulai.

Sering kali kit yang Anda beli sudah terkontaminasi karena lama berada di rak toko sebelum Anda beli. Bisa juga, alat ini tidak memberikan dasar untuk membandingkan hasilnya.sehingga hasilnya tentu tidak dapat diketahui dengan pasti.

Untuk memastikannya, Anda harus selalu menggunakan bantuan professional untuk datang dan mengujinya. Jika ada masalah yang terdeteksi, Anda dapat mencegah masalah tersebut menjadi lepas kendali.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya