jamur dalam rumah bisa menyebabkan bau apek

Mengenal Jamur Arthrinium Serta Cara Mengatasinya

Anda mungkin juga masih bertanya-tanya apa itu jamur arthrinium yang sebenarnya termasuk kategori jamur yang tumbuh di tanah dan tanaman. Meskipun jenis jamur ini umum di luar ruangan, Anda juga dapat menemukannya di dalam ruangan jika kondisinya tepat.

Jika Anda melihatnya atau jenis jamur lainnya di rumah, yang terbaik adalah mengambil tindakan segera sebelum menyebar dan menjadi masalah yang mahal dan berbahaya.

Jamur Arthrinium di Rumah Anda

Apakah ada kelompok putih kabur di lantai loteng Anda atau bintik-bintik hitam berlendir di kamar mandi Anda? Jika iya, maka itu sudah termasuk indikasi kehadiran jamur di rumah Anda.

Apakah Anda alergi terhadap jamur atau tidak? Untuk mengetahuinya perlu observasi lebih lama. Karena paparan jangka panjang dari jamur sebenarnya dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan. Termasuk iritasi mata, alergi kulit, sakit tenggorokan, dan masalah paru-paru.

Ada beberapa kelompok yang sangat sensitif terhadap efek jamur. Di antaranya termasuk anak-anak dan bayi, wanita hamil, warga lanjut usia, orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan orang-orang dengan penyakit paru-paru kronis.

Jadi sebenarnya apa itu jamur arthrinium? Arthrinium adalah jenis jamur yang terbuat dari organisme kecil yang dapat Anda temukan baik di dalam maupun di luar ruangan. Berkembang pada kelembaban dan bereproduksi melalui spora udara ringan, jamur hampir tidak dapat dihindari.

Dikenal berpotensi alergi, arthrinium mampu memproduksi mikotoksin dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti demam, asma, dan alergi. Jenis jamur yang satu ini dapat tumbuh dengan cepat, dan membuntuk koloni. Berwarna putih dengan bintik-bintik coklat di bagian luar.

Ketika Anda menemukan jamur dalam jumlah kecil, umumnya tidak berbahaya. Namun, ketika jamur membentuk koloni di rumah Anda dan mulai berkembang biak, jamur bisa berubah menjadi masalah besar.

Tempat-tempat yang Rentan terhadap Pertumbuhan Jamur Arthrinium

lemari berjamur
Lemari kayu berjamur

Pertumbuhan jamur biasanya terjadi di dinding, karpet, furnitur, trim kayu atau selubung. Jamur membutuhkan kelembaban untuk tumbuh, sehingga Anda cenderung menemukannya di tempat-tempat lembab.

Seperti dapur, kamar mandi, ruang bawah tanah, ruang cuci atau di mana pun yang ada kebocoran. Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut yang tidak mudah hilang, itu bisa menjadi indikator paparan jamur:

  • Pilek yang sudah lama terjadi dan tidak hilang
  • Bersin atau batuk
  • Mata merah dan teriritasi
  • Sakit tenggorokan
  • Kelemahan dan kelelahan
  • Sensitivitas cahaya, dan sakit kepala
  • Memori yang buruk
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Masalah kulit yang tidak biasa, mati rasa dan sensasi kesemutan di bawah kulit
  • Nafsu makan naik turun, dan masalah dengan suhu tubuh
  • Keringat, penglihatan kabur, rasa sakit yang tajam, perubahan suasana hati
  • Kembung, sakit perut, diare
  • Vertigo

Tindakan terbaik ketika berhadapan dengan gejala paparan jamur adalah segera pindah dan memisahkan diri dari lingkungan tersebut. Jangan bawa barang-barang lama Anda yang bisa berjamur. Dan jangan lupa untuk temui dokter sesegera mungkin.

Mencegah Air Maupun Penyebab Kelembaban Masuk dalam Rumah

Jika air memasuki rumah Anda dari sumber eksternal karena drainase yang buruk, Anda harus memiliki landscaper menilai ulang properti. Jika Anda memiliki kebocoran ruang bawah tanah atau retakan pondasi, Anda juga harus meminta kontraktor waterproofing masuk untuk memeriksa dinding dan memperbaiki kerusakannya.

Beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah air masuk ke rumah Anda termasuk memperbaiki drainase air tanah dengan merelokasi tanaman dan semak belukar dari sekitar fondasi. Tanaman dan semak-semak harus selalu disimpan setidaknya 100 cm dari fondasi.

Anda harus membersihkan puing-puing dan meninggalkan selokan rumah secara teratur. Di rumah, jangan biarkan kotoran menumpuk, terutama di area yang rentan terhadap kelembaban. Buang koran, buku, dan kotak penyimpanan yang sudah tidak digunakan lagi.

Sementara tips ini akan membantu. Namun masalah kesehatan Anda tidak akan membaik sampai jamur arthrinium dihilangkan dari rumah Anda.

Menghilangkan Jamur Secara Efisien

Setelah mengetahui apa itu jamur arthrinium dan bahaya yang dapat ditimbulkannya, tentu sebaiknya Anda segera mengatasinya. Hilangkan jamur dengan proses secepat dan semudah mungkin. Namun, akan lebih baik jika sebelumnya Anda telah melakukan perawatan rutin.

Anda dapat menggunakan obat anti jamur untuk melindungi seluruh area rumah, terutama pada area yang memiliki kelembaban tinggi. Serta pada hunian yang sebagian besar mengandalkan kayu maupun material organik lainnya yang sejenis kayu.

Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi jamur dan lumut pada lemari kayu
Produk Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi jamur kayu

Gunakan produk fungisida yang aman dan ramah lingkungan dari Biocide. Produk Biocide SFP dan Biocide Wood Fungicide dapat digunakan dalam tahap perawatan maupun penanganan infeksi jamur.

Namun, jika kerusakan akibat serangan jamur sudah terlalu besar dan sulit untuk Anda tangani sendiri, menggunakan jasa professional merupakan pilihan yang tepat. Dengan menggunakan jasa professional, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh. Yaitu:

  1. Terhindar dari resiko kesehatan

Anda dapat lebih meminimalisir paparan jamur karena tidak langsung mengatasi dan berhadapan dengan jamur. Melakukan cara yang salah dalam membersihkan jamur juga bisa meningkatkan resiko kesehatan yang terganggu.

  1. Pembersihan menyeluruh

Pihak professional akan dapat optimal saat melakukan pembersihan secara menyeluruh.

  1. Mengurangi penyebaran jamur

Tentunya, dengan proses pembersihan yang tepat dapat mengurangi penyebaran jamur di rumah Anda.

  1. Mengatasi hingga ke sumbernya

Mengatasi serangan jamur bukan hanya dilakukan pada area permukaan atau yang terlihat ditumbuhi jamur saja. Namun bisa dilakukan pula hingga menemukan sumber dari permasalahan tersebut dan segera mengatasinya.

Itulah beberapa hal mengenai apa itu jamur arthrinium yang bisa Anda ketahui. Jika tanda kemunculannya sudah terlihat, segera atasi sebelum kerusakan akibat sebaran jamur semakin berbahaya.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya