Cara Terbaik Menghilangkan Jamur Hitam pada Kayu

Jamur hitam pada kayu bisa sangat tidak sedap dipandang dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Tentunya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Namun cara yang dilakukan untuk menghilangkan lapisan jamur hitam yang menempel di permukaan kayu harus benar agar hasilnya optimal. Pelajari cara terbaik untuk membunuh jamur hitam pada kayu, dan cara mencegahnya muncul kembali.

Cara Mengidentifikasi, Menghapus dan Mencegah Jamur Hitam

black mold

Jamur hitam tumbuh subur paling cepat di tempat-tempat lembab. Dan kayu memiliki pori yang cukup untuk mengunci kelembaban yang dibutuhkan spora jamur hitam untuk berkembang biak.

Baca Juga : Inilah Cara Membasmi Jamur Pada Lemari Kayu

Oleh karena itu semua furnitur kayu, decking dan cladding sangat rentan terhadap kemunculan jamur. Terutama jika:

  • Rumah Anda panas namun lembab di beberapa bagian
  • Anda tinggal di lingkungan yang basah
  • Properti Anda mengalami kondensasi, drainase yang buruk, atau kondisi ventilasi yang buruk

Untuk mengatasi hal itu, pada artikel ini Anda akan mempelajari tiga hal utama, yaitu:

  • Cara mendeteksi kemunculan jamur hitam di kayu
  • Cara terbaik untuk membunuh jamur hitam pada kayu
  • Lima tips untuk mencegah jamur hitam menyerang permukaan kayu Anda

Bagaimana Mengidentifikasi Kemunculan Jamur Hitam pada Kayu di Rumah Anda?

Jamur dapat menyerang kayu secara bertahap dan mudah disalahartikan sebagai pewarnaan alami. Ketika Anda selalu menggunakan kayu terus-menerus untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, Anda mungkin tidak mudah mengidentifikasi perubahan ini.

Jika Anda menduga bahwa kayu Anda diserang oleh jamur hitam, kumpulkan bukti foto setiap minggu. Lalu Anda akan dengan mudah menemukan tanda kemunculan jamur hitam dari hasil foto yang Anda kumpulkan. Seperti:

  • Adanya bintik-bintik hitam yang tersebar di kayu
  • Terdapat garis-garis hijau
  • Ada perubahan warna putih

Banyak jenis jamur yang tampak hitam, tetapi jamur hitam asli adalah yang paling berbahaya. Tindakan terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menganggap semua jamur sebagai jamur yang berbahaya. Terutama bagi kesehatan, sehingga harus secepatnya dihilangkan.

Cara Terbaik untuk Menghilangkan Jamur Hitam pada Kayu

black stain fungi

Untuk menghilangkan jamur pada kayu, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pengawet kayu. Ada banyak produk yang dapat digunakan untuk menghilangkan dan membasmi jamur.

Tetapi tidak semuanya dapat menjadi pilihan yang paling bijaksana digunakan untuk kayu. Jika Anda ingin menyingkirkan jamur namun tidak merusak kayu secara permanen saat Anda melakukannya. Maka pilihlah produk yang berkualitas seperti Biocide Wood Fungicide.

Produk anti jamur Biocide mampu diandalkan untuk menangani permasalahan berupa kemunculan jamur secara tepat, mudah dan cepat. Penggunaan produk fungisida ini juga tidak menimbulkan efek korosif saat diaplikasikan pada kayu yang menyatu dengan material besi atau sejenisnya.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari pemakaian produk dan solusi yang abrasif atau korosif. Untuk menghilangkan jamur dari drywall secara kovensional tanpa produk pengawet kayu, Anda dapat menggunakan hidrogen peroksida atau baking soda.

Permukaan kayu memberikan respon paling baik terhadap pemutih, deterjen pencuci piring, atau cuka putih suling. Cara terbaik untuk membasmi jamur hitam pada kayu tergantung pada jenis permukaan kayu yang perlu Anda rawat.

Menghilangkan Jamur Kayu pada Berbagai Media

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jamur kayu di berbagai media, di antaranya:

1.      Menghilangkan jamur pada furnitur kayu

Gunakan deterjen pencuci piring atau pemutih yang telah diencerkan lalu bersihkan furnitur. Pastikan ruangan berventilasi baik untuk membantu kayu mengering secepat mungkin. Ulangi seperlunya.

2.      Menghilangkan jamur di lantai kayu

Lepaskan semua furnitur dari lantai untuk mengekspos jamur. Menggunakan pemutih kayu yang telah diencerkan, deterjen pencuci piring encer, atau cuka putih suling, gosok bagian yang terinfeksi jamur. Bersihkan, lalu biarkan mengering.

Anda mungkin juga perlu merawat furnitur sebelum menggantinya karena infestasi jamur mungkin telah menyebar. Jika Anda mengganti furnitur yang memiliki jamur tersembunyi, lantai akan segera menjadi berjamur lagi.

3.      Membunuh jamur pada decking kayu dan cladding

black stain mold wood decking

Cara terbaik untuk membunuh jamur hitam pada decking kayu dan cladding adalah dengan menggunakan proses yang mirip dengan yang digunakan untuk menghilangkan jamur dari lantai kayu. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan larutan pembersih yang akan membahayakan tanaman di sekitar decking maupun cladding.

Setelah Anda membersihkan jamur dari decking atau cladding kering, Anda harus melindungi kayu dengan lapisan pelindung seperti pernis.

Tetap Aman saat Membasmi Jamur Kayu

Menghilangkan jamur hitam pada permukaan kayu tentu sangat diperlukan. Karena kemunculannya menimbulkan banyak pengaruh bagi kesehatan selain pada tampilan kayu.

Ada banyak bahaya kesehatan yang terkait dengan jamur hitam, termasuk masalah pernapasan dan iritasi kulit. Oleh karena itu, Anda harus mengambil tindakan pencegahan berikut saat menangani jamur:

  • Gunakan masker
  • Kenakan sarung tangan karet
  • Kenakan kacamata pengaman
  • Gunakan sikat scrub lembut
  • Buang spons setelah digunakan

Lima Tips untuk Mencegah Pertumbuhan Jamur Hitam pada Kayu

Setelah Anda mengatasi masalah kemunculan jamur hitam, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk memastikannya tidak kembali. Lima tips pencegahan jamur ini akan membantu dalam perjuangan Anda untuk menghilangkan jamur dari kayu secara permanen:

  • Periksa atap dan lakukan perbaikan sebelum musim hujan dimulai
  • Jaga agar rumah Anda berventilasi baik, dengan membuka jendela bila memungkinkan
  • Gunakan filter udara untuk menghilangkan spora jamur
  • Periksa rumah Anda untuk mengecek kemunculan jamur setiap tiga bulan
  • Gunakan dehumidifier untuk mengurangi kelembaban berlebih di udara di rumah Anda

Kemunculan jamur tentunya tidak sedap dipandang dan akan menghancurkan kayu. Selain itu, kemunculannya juga bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Ingatlah untuk selalu mengambil tindakan pencegahan saat mengeluarkan jamur hitam dari kayu.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya