jamur dalam rumah bisa menyebabkan bau apek

Cara Mengontrol Jamur yang Menimbulkan Bau Tak Sedap

Anda mungkin belum terlalu memahami bagaimana cara mengontrol bau jamur apek yang kadang-kadang ditemukan di rumah. Area ruang bawah tanah, loteng, ruang merangkak, dan area lain seringkali menjadi lokasi jamur tumbuh. Bau jamur adalah bau yang tidak menyenangkan, dan cenderung mengganggu.

Tak jarang, akan sangat perlu bagi kita melakukan berbagai metode terbaik agar mampu mengontrol bau jamur. Untuk mengatasi bau jamur tentu ada beberapa hal bisa dilakukan sebagai cara mengontrolnya. Ketahui selengkapnya mengenai seluk beluk bau mengganggu ini dan cara penanganannya.

Baca Juga : Basmi Jamur Pada Kayu Dengan Obat Anti Jamur Ramah Lingkungan Ini

Mengapa Jamur Memiliki Bau Apek?

bau apek akibat adanya jamur di dalam rumah

Jamur seringkali memiliki bau apek yang mengganggu. Seringkali, bau ini pula yang menimbulkan berbagai permasalahan lain terutama kaitannya dengan kesehatan. Bau tidak sedap yang mengganggu ini terkadang menimbulkan masalah kesehatan berupa gangguan pernapasan jika dibiarkan terus menerus.

Oleh karena itu, cara mengontrol bau jamur sebagai penanganan atas kemunculan jamur harus segera dilakukan. Lantas, sebenarnya kenapa jamur memiliki bau apek yang mengganggu? Jamur menghasilkan gas yang disebut senyawa organik volatil mikroba (MVOC).

Banyak dari gas ini tidak berbau tetapi beberapa memiliki bau apek. Bau tersebut yang biasanya terkait dengan jamur. Jika Anda mendeteksi adanya bau apek di rumah Anda, sebenarnya mungkin ada beberapa area rumah Anda yang telah ditumbuhi oleh jamur.

Bahkan, jika Anda tidak melihat atau tidak menyadari adanya jamur tersebut sekalipun. Jamur sering tumbuh di tempat-tempat yang tersembunyi. Beberapa area yang sering ditumbuhi jamur seperti di dalam dinding, di bawah karpet, dan di dalam saluran pemanas serta ventilasi.

Apa Artinya Jika Anda Mencium Jamur?

Penting untuk disadari bahwa jika Anda mencium bau apek jamur, itu berarti Anda menghirup senyawa yang dihasilkan oleh jamur. Dan mungkin juga Anda bahkan telah menghirup spora jamur.

Beberapa senyawa tersebut tentunya beracun atau yang kerap disebut dengan mikotoksin. Dan racun tersebut, serta spora jamur yang sebenarnya, dapat menyebabkan berbagai masalah medis.

Gangguan kesehatan akibat terlalu seringnya menghirup bau jamur ini bisa sangat beragam. Dari permasalahan kesehatan yang ringan hingga yang lebih serius. Beberapa gangguan kesehatan tersebut di antaranya:

Baca juga: Ini Bahan Penyerap Lemari Efektif Atasi Bau Pengap dan Serangan Jamur

  • kesulitan bernapas
  • infeksi sinus
  • bronchitis
  • pneumonia
  • migrain
  • sakit tenggorokan
  • depresi
  • nyeri sendi dan peradangan
  • kelelahan, serta
  • berbagai masalah pencernaan

Ya, jamur memang memiliki bau yang tidak menyenangkan dan Anda pasti tidak ingin rumah Anda berbau apek. Tetapi potensi adanya masalah kesehatan menjadi perhatian yang jauh lebih besar daripada bau jamur yang tidak sedap.

Cara Mengontrol Bau Jamur di Rumah

Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi jamur dan lumut pada lemari kayu

Satu-satunya cara untuk benar-benar mengontrol bau jamur adalah dengan menghilangkan jamur. Penyegar udara, semprotan disinfektan, dan produk pembersih rumah tangga umumnya memang dapat diandalkan untuk sementara dapat menutupi baunya.

Tetapi semua itu tidak akan benar-benar mampu menyingkirkan bau tidak sedap karena kemunculan jamur di dalam rumah Anda. Lilin beraroma, dupa, dan bunga rampah adalah beberapa cara lain yang sering dicoba untuk menyamarkan bau apek jamur.

Namun, tidak satupun dari mereka dapat bekerja dengan sangat baik. Satu-satunya metode pengendalian bau jamur yang benar-benar efektif adalah dengan cara menghilangkan semua jamur dari rumah Anda.

Tentu saja, menghilangkan jamur tidak hanya penting karena akan meningkatkan bau rumah Anda. Menghilangkan jamur juga sangat penting jika Anda ingin kesehatan Anda dan keluarga menjadi lebih terjaga. Karena jamur dapat menyebabkan begitu banyak masalah medis yang berbahaya.

Melakukan cara mengontrol bau jamur secara permanen memang tidaklah mudah. Diperlukan konsistensi untuk merawat kondisi rumah lebih bersih kedepannya. Hindari dari berbagai faktor penyebab kelembaban.

Anda dapat mengandalkan produk anti jamur dari Biocide Wood Fungicide serta Biocide Surface Film Preservative (SFP). Anda perlu mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan pada area rumah. Baik pada berbagai furniture maupun pada dinding agar tidak mudah ditumbuhi jamur.

Untuk perawatan pada dinding, Anda bisa mencampurkan cat tembok dengan Biocide SFP agar dinding bebas jamur dan lumut. Anda juga dapat mengaplikasikannya untuk menjaga permukaan furniture kayu bebas jamur.

Sementara untuk mencegah jamur menyerang furniture, Anda bisa mengandalkan Biocide Wood Fungicide untuk kebutuhan penanganan jamur substrat.

Menguji Apakah Rumah Anda Berjamur

Jika Anda menemukan bau apek di rumah Anda, kami sarankan untuk menguji rumah Anda untuk jamur. Bahkan jika Anda telah melihat beberapa jamur muncul di rumah Anda, mungkin akan membantu untuk menguji jamur tambahan di area lain di rumah.

Hal itu karena sebagian besar jenis jamur menyebar dengan cepat dan mudah dari satu area rumah ke area lain. Dan jamur sering tumbuh di tempat-tempat yang tidak mudah dilihat. Seperti di bawah karpet dan papan lantai, di atas ubin langit-langit, maupun di dalam dinding.

Anda dapat membeli alat uji jamur di banyak toko perbaikan rumah, tetapi kami sarankan memanggil seorang profesional untuk menguji rumah Anda untuk jamur. Karena tes jamur sangat sensitif dan harus dilakukan dengan benar untuk memberikan hasil yang akurat.

Ada juga berbagai jenis tes jamur, termasuk yang dimaksudkan untuk mengambil sampel udara untuk jamur. Dan yang dimaksudkan dengan menguji jamur pada permukaan adalah untuk mendapatkan hasil yang akurat. Sehingga Anda perlu tahu jenis tes yang akan digunakan untuk melakukan tes.

Penguji jamur bersertifikat dapat membantu Anda menemukan jamur yang mungkin Anda lewatkan. Sebagian besar penguji bersertifikat sebenarnya adalah insinyur dan mereka adalah profesional yang sangat terlatih.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya