Metode Pengawetan Kayu Mindi dengan Insecticide 100 EC dan Microcide 100 EC

Ada beberapa metode yang bisa dipilih dalam usaha pengawetan kayu mindi. Mindi sebagaimana yang kita tahu merupakan kayu komersil yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku mebel atau furniture. Kayu ini memiliki estetika menarik, meski tidak begitu tahan terhadap serangan hama. Bahkan karena sifatnya yang tak begitu tahan terhadap serangan hama tersebut, mindi jarang direkomendasikan sebagai bahan baku furniture outdoor. Oleh karena itulah, usaha pengawetan kayu mindi sangat penting untuk meningkatkan kualitasnya.

Pada artikel ini, akan dijelaskan gambaran umum cara mengawetkan kayu dari rayap dan hama lain menggunakan obat pengawet Insecticide 100 EC sebagai antiserangga dan Microcide 100 EC sebagai antijamur. Treatment yang diterangkan bertujuan memberikan proteksi pada mindi dari ancaman kumbang bubuk atau teter, rayap, kutu, semut, jamur blue stain, dan bakteri pembusuk.

Fungiside 2

Pengawetan Kayu Mindi dalam Alur Produksi Mebel

Pada Saat Setelah Kayu Ditebang

Setelah ditebang, kayu mindi menjadi media yang sangat rentan ditumbuhi jamur dan diinfeksi serangga. Pasalnya, selain belum diberikan bahan proteksi, mindi juga masih sangat basah dan mudah ditembus hama kayu. Oleh karena itu, sambil menunggu kayu digergaji dan dikeringkan, ada baiknya diaplikasikan dulu obat pengawet pada bagian luar terutama bagian ujung yang terbuka. Aplikasinya cukup dengan cara dikuaskan karena memang tidak bertujuan memberikan proteksi jangka panjang. Campurkan Insecticide 100 EC dan Microcide 100 EC agar perlindungan yang diberikan lebih optimal.

Pada Saat Setelah Kayu Digergaji

Pasca kayu digergaji, aplikasikan treatment pengawetan untuk memberikan proteksi jangka panjang. Larutkan Microcide 100 EC dan Insecticide 100 EC menggunakan air atau solvent. Aplikasikan dengan sistem vakum tekan, perendaman, pencelupan, atau pengkuasan. Sistem yang paling efektif adalah vakum tekan, sedangkan yang paling tidak efektif adalah pengkuasan. Akan tetapi bila Anda hanya bisa memanfaatkan metode pengkuasan, setidaknya pastikan untuk melakukan pengulangan dan memformulasikan larutan dengan konsentrasi yang tepat.

Sebelum Difinishing

Pada banyak kasus, pengusaha mebel hanya membeli kayu dari pihak lain. Bila Anda memang bisa memastikan kayu tersebut sudah diawetkan dengan baik, tentu Anda tak perlu melakukan treatment pengawetan kayu mindi yang sama. Tapi bila Anda tidak yakin, sebaiknya lakukan treatment sendiri dengan cara yang sederhana.

Manfaat Pengawetan Kayu Mindi

Dengan langkah yang diterangkan di atas, Anda bisa menghindari kerugian yang diakibatkan sifat material mindi itu sendiri. Anda bisa memanfaatkan kayu ini pada kondisi yang lebih sulit dibanding saat kayu mindi belum diawetkan.

Iklan Biothane utama

meja kayu mindi

Kelancaran produksi mebel dari mindi juga akan lebih terjamin. Sebab, kayu terproteksi dengan baik pada waktu-waktu beresiko tinggi misalnya saat penyimpanan dan pengiriman kayu. Agar treatment di atas lebih optimal, pastikan untuk selalu menjaga kondisi kebersihan dimana kayu dan produk kayu mindi diletakkan. Aplikasikan pula finishing dengan produk berkualitas agar kayu mindi terlindung dari paparan luar secara langsung.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan obat pengawetan kayu mindi serta produk finishing yang tepat. Silahkan hubungi kami via kontak yang disediakan.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn