jamur kayu

Anti Gagal! Simak 4 Cara Menghilangkan Jamur dari Kayu di Sini

Simak pembahasan kali ini untuk tahu lebih dalam terkait bagaimana cara menghilangkan jamur dari kayu dengan mudah.

Jamur umumnya tumbuh pada permukaan kayu, karena kayu sangat baik dalam menyerap air. Apalagi jika ditambahkan dengan kelembapan udara, suhu hangat dan spora jamur yang selalu ada di udara, semua ini adalah kombinasi sempurna untuk serangan jamur.

promo produk white agent wa-250

Kayu, Area Pertumbuhan Favorit Berbagai Jenis Jamur

cara menghilangkan jamur dari kayu
Kayu yang ditumbuhi jamur

Permasalahan mengenai kayu yang berjamur tentu bukan hal baru. Dalam pemanfaatannya, material organik ini kerap jadi tempat yang digandrugi bagi jamur untuk berkembang biak. Kemunculan jamur pada kayu tentu dapat menyebabkan masalah jika tidak diatasi dengan tepat dan segera. Berbagai jenis jamur juga bisa muncul, dari yang tidak berbahaya hingga yang menimbulkan racun seperti jamur hitam (black mold).

Kabar baiknya adalah jika area yang terkena tidak lebih dari sepuluh kaki persegi dan Anda tidak berurusan dengan jamur hitam beracun, yaitu black stain atau mold. Anda dapat menghilangkan jamur itu sendiri dengan hanya melalui proses pembersihan area rumah sehari-hari . Tapi jangan tunda terlalu lama untuk membersihkannya, karena menunda proyek ini akan memberi kesempatan bagi koloni jamur untuk berkembang.

Dan paparan yang terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Bagaimana jika Anda berurusan dengan jamur hitam yang sudah terlanjur ada? Sulit untuk membedakan jamur hitam beracun (Stachybotrys chartarum) dari spesies lain yang berwarna hitam, jadi sebaiknya hubungi pihak profesional dalam situasi ini. Black mold sangat berbahaya jika terhirup, jadi Anda tidak boleh menyentuhnya.

promo produk biocide insecticide

Cara Membunuh Jamur pada Kayu

Jika Anda ingin menghilangkan jenis jamur lainnya, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

Langkah 1: Kenakan alat pelindung

alat pelindung untuk menghilangkan jamur dari kayu
Alat pelindung diri. Sumber: Freepik/ macrovector

Penting untuk melindungi diri Anda saat berhadapan dengan jamur, karena bisa berbahaya jika terhirup atau tertelan. Saat membersihkan, pastikan Anda setidaknya memakai alat pelindung diri standar. Yaitu memakai kacamata, masker wajah yang menutupi hidung dan mulut, dan sarung tangan karet.

Karena menjaga keamanan diri saat proses ini juga tak kalah penting dengan menjaga kondisi kayu dari serangan jamur.

Baca Juga : Hama Rayap: Tempat Tinggal, Tahun Aktif dan Cara Mengatasinya

Langkah 2: Vakum area tersebut

Gunakan penyedot debu dengan filter HEPA untuk menyedot spora jamur yang terlepas di atau dekat bagian kayu yang terkena. Jalankan penyedot debu di atas area tersebut, lalu bawa penyedot debu ke luar ruangan untuk membuang isinya. Pastikan bahan yang disedot tertutup rapat di dalam kantong plastik, sehingga tidak ada spora yang bisa keluar.

Langkah 3: Bersihkan sisa area jamur (cetakan)

Jika jamur tidak menembus jauh ke dalam kayu, Anda mungkin bisa membunuhnya. Bagaimana cara membunuh jamur pada kayu? Dengan larutan pembersih sederhana berupa sabun cuci piring dan air hangat. Tambahkan satu sendok teh sabun ke dalam botol semprot berisi air dan kocok. Semprotkan area yang terkena dan gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok jamur dengan lembut, seka kelebihan cairan saat Anda membersihkannya.

Keringkan permukaan sepenuhnya dengan handuk. Jika tidak berhasil, coba gunakan cuka putih suling, yang membunuh lebih dari 80% spesies jamur. Campurkan cuka dan air hangat dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot dan semprotkan larutan ini pada cetakan. Biarkan larutan mengering selama satu jam, lalu seka permukaannya dengan kain yang dibasahi, diikuti dengan handuk kering.

Jika jamur masih menempel, saatnya mengeluarkan boraks, yaitu pembersih garam mineral alkali yang lebih aman digunakan daripada pemutih. Campurkan satu sendok makan boraks dengan secangkir air, lalu oleskan larutan ini ke cetakan dengan sikat berbulu halus. Gosok cetakannya, tinggalkan larutan boraks di dalam kayu. Jangan menyeka kelebihan cairan. Anda menginginkan sebanyak mungkin larutan dalam kayu untuk mencegah pertumbuhan di masa mendatang.

Baca Juga : Cara Membasmi Jamur pada Kayu, Nomor 3 Paling Ampuh!

Jalankan kipas angin atau dehumidifier di dalam ruangan untuk memastikan permukaan kayu cepat kering dan benar-benar kering, dengan boraks masih berada di bawah permukaan. Perhatikan bahwa pemutih tidak boleh digunakan untuk membunuh jamur yang ditemukan pada kayu. Meskipun pemutih sangat efektif untuk membunuh jamur pada permukaan yang tidak berpori, pemutih tidak bekerja dengan baik untuk kayu.

Ini karena klorin dalam pemutih tidak dapat menembus kayu, sehingga hanya bagian air dari pemutih yang terserap. Jamur tersebut mungkin tampak telah hilang dari permukaan, tetapi kemungkinan besar akan terus tumbuh di bawahnya dan kembali dalam beberapa bulan.

Langkah 4: Jika perlu, ampelas kayunya

Solusi pembersihan ini harus mengatasi masalah jamur Anda, tetapi jika Anda memiliki sisa-sisa membandel yang tertinggal di bawah permukaan, Anda memiliki satu pilihan terakhir: pengamplasan.

Gunakan amplas 100-grit untuk menggosok bagian yang terkena, berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak mengampelas area sekitarnya. Ulangi langkah 2 untuk menghilangkan debu dan spora jamur yang terlepas.