kayu log

3 Jenis Tipe Pemotongan Kayu Berdasarkan Cara Potong & Tipe Seratnya

Kayu gergajian bisa dibedakan menurut cara pemotongan serta pola seratnya. Namun di masyarakat, seringkali beredar miskonsepsi tentang tipe pemotongan kayu tersebut.

Bila Anda bekerja di bidang perkayuan, tentu pemotongan yang diterapkan pada kayu akan sangay diperhatikan. Pasalnya, cara dan hasil pemotongan akan berimbas pada kualitas produk akhir. Dalam hal ini, pemotongan memengaruhi:

promo produk white agent wa-250

  1. Kemudahan proses menurut metode yang diterapkan. Biaya produksi dan harga produk pun secara tidak langsung akan terpengaruh.
  2. Kembang susut kayu
  3. Resiko kayu melengkung yang terkait dengan arah serat pada tiap papan kayu

Dalam industri kayu, pemotongan log adalah sebuah keniscayaan. Memang ada beberapa produk kayu yang membutuhkan log utuh. Namun produk seperti itu biasanya sangat mahal dan dibuat dalam jumlah yang terbatas untuk ceruk konsumen yang sedikit.

Di sisi lain, log dipotong untuk alasan kemudahan dan ekonomi. Tujuan utamanya adalah agar kayu lebih mudah diangkut dan juga diproses lebih lanjut. Hal lainnya, log dipotong agar lebih banyak pengrajin yang bisa membeli produk tersebut.

Pada proses pemotongan, metode yang diterapkan untuk menghasilkan kayu bisa dibedakan dalam beberapa kategori.

promo produk biocide insecticide

Tipe Pemotongan Kayu Berdasarkan Cara Memotongnya

Log yang berbentuk bundar bisa dipotong menurut sudut yang berbeda. Tiap tipe pemotongan menghasilkan kayu dengan pola serat yang beragam yang akan dijelaskan lebih lanjut.

Tipe Plain Sawn

Plain sawn atau pemotongan polos dilakukan dengan memotong kayu menurut garis lurus secara terus-menerus. Pemotongan tidak dilakukan dengan menyudut seperti pada quarter dan rift sawn.

Metode ini adalah yang paling mudah dan paling populer di terapkan di kalangan produsen kayu. Harga plank yang dihasilkannya secara umum juga lebih murah.

Tipe Quarter Sawn

Quarter sawn adalah pemotongan yang diterapkan tatkala log dibagi menjadi 4 bagian. Tiap bagian dinamai quarter dan dipotong lurus dengan titik pusat pada bagian teras (heartwood).

Tipe Rift Sawn

Pola pemotongan rift sawn terjadi ketika log dipotong secara memutar dengan titik pusat bagian teras . Cara pemotongan ini lebih sulit sehingga dibanding 2 tipe yang lainnya, rift sawn lebih mahal dan lebih jarang diterapkan.

Tipe Pemotongan Kayu Berdasarkan Pola Seratnya

kayu hasil gergajian yang disusun untuk selanjutnya akan digunakan

Pemotongan plain, rift, dan quarter menghasilkan kayu dengan pola serat tertentu. Namun perlu dipahami bahwa hasil pola seratnya tidak selalu identik dengan nama metode potongnya.

Cara pemotongan plain sawn misalnya bisa menghasilkan kayu dengan pola serat rift atau quarter. Pun demikian dengan pemotongan rift yang bisa menghasilkan kayu dengan pola bukan rift.

Umumnya, hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Pemotongan plain: menghasilkan papan kayu dengan pola serat plain, quarter, dan rift
  2. Pemotongan quarter: menghasilkan papan kayu dengan pola serat quarter dan rift
  3. Pemotongan rift: menghasilkan kayu dengan pola serat quarter saja

Istilah yang digunakan memang tumpang tindih dan sering menimbulkan kebingungan di masyarakat. Untuk memperjelasnya, kita bisa memahaminya dengan logika berikut.

  1. Bagi produsen kayu, pemotongan plain, rift, dan quarter merupakan istilah yang membedakan kayu menurut bagaimana cara pemotongannya. Bila Anda sedang bicara dengan produsen kayu, maka gunakanlah pembagian tipe pemotongan yang dijelaskan di awal.
  2. Bagi pengrajin kayu, pola serat plain, rift, dan quarter merupakan istilah membedakan kayu menurut pola seratnya.

Plus Minus Tiap Tipe Pemotongan Kayu

Bagi pengrajin kayu, penting diperhatikan kekurangan dan kelebihan tiap tipe pola serat yang ditemukan pada kayu Anda.

No Tipe Pemotongan Kelebihan Kekurangan
1 Plain Sawn Secara umum durabilitasnya baik

Umumnya lebih murah

Pola serat irregular indah di permukaan atas

Rentan kembang susut karena perubahan suhu dan humiditas

Ketika disambungkan secara melebar tidak bisa memberikan hasil pola seragam

 

2 Quarter Sawn Durabilitas sangat baik

Tidak mudah melengkung dan kembang susut karena perubahan suhu dan kelembaban

Lebih mahal dibanding plain sawn
3 Rift Sawn Sangat stabil bahkan di kondisi heavy duty

 

Yang paling mahal dibanding 2 tipe lainnya

Gunakan BioCide untuk Cegah Jamur pada Log Kayu

Untuk menghindari kayu log dari serangan jamur dan hama lainnya, Anda bisa menggunakan pengawet kayu BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide.

Bagi Anda yang tertarik dengan produk kami, silahkan hubungi kontak yang tercantum pada website ini.