Kayu mdf atau medium density fiberboard merupakan jenis kayu olahan yang banyak digunakan untuk berbagai mebel di indonesia. Mulai dari lemari, meja, kursi hingga beragam furnitur di kamar tidur, dapur dan dimana saja. Bahan yang satu ini menjadi salah satu item material finishing interior dekor bangunan masa kini. Karena saking banyaknya perabot yang menggunakan bahan mdf.

CS Anti Jamur

Harganya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan kayu solid utuh. Mdf merupakan jenis particle board yang diolah sedemikian rupa dengn standar ukuran internasional sekitar 1220 x 2400 mm. Utuk ukuran yang lebih tebal biasnaya menggunakan jenis hdf. Ukuran mdf yang terbilang pas ini membuat jenis kayu buatan ini menjadi primadona di indonesia. Selain itu harga kayu mdf juga jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis papapn kayu lainya.

Dibandingkan dengan beragam kayu olahan lainya seperti plywood atau multiplek yang lain, kayu mdf lebh halus dan kuat. Finishing mdf juga banyak menggunakan teknik layaknya serat kayu sehingga estetika dari kayu olahan yang satu ini juga tidak perlu diragukan.

Walaupun beigut sayangnya kayu ini juga mmeiliki beberapa kekurangan yang signifikan. Seperti air yang meresap pada lapisan tengah kayu yang tidak terlidnugn fnishing atau belakangnya. Sehingga pertanyaan seperti apakah mdf anti rayap atau tidak sering ditanyakan oleh pengguna.

Selain itu kayu mdf lebih lunak dan rentan rusak sehingga memang wajar jika harganya murah. Tidak hanya rayap, kayu mdf yang paling sering adalah diserang jamur. hebatnya jamur ini bahkan bisa menembus bagian lapisan finishing yang teratas. Jamur ini umumnya muncul seperti jamur tempe yang berwarna putih putih menyebar di atas permukaan papan panel kayu mdf.

Apakah anda memiliki furnitur kayu mdf dirumah? Dan melihat bahwa furnitur tersebut terserang jamur? jangan khawatir. Jamur permukaan memang sering menyerang mdf baik yang telah difnishing ataupun belum. Yang perlu anda lakukan adalah bagaimana mengatasi jamur permukaan pada kayu mdf dengan menggunakan obat jamur permukaan yang tepat.

Tips Atasi Jamur Permukaan Pada Furnitur Kayu Mdf

Kayu mdf memang digunakan untuk banyak keperluan. Namun yang paling sering digunakan untuk lemari dan kabinet lainya. Hampir sama seperti furnitur kayu lainya. Mebel kayu mdf rawan terserang jamur permukaan. Apalagi jika furnitur ditempatkan pada ruangan yang lembab dan minim sirkulasi udara. Bukan tidak mungkin jamur akan tumbuh subur pada permukaan furnitur.

Jika anda memiliki furnitur berbahan mdf yang terserang jamur, anda bisa mengatasinya sendiri. Nah berikut ini langkah langkah membersihkan jamur permukaan dari lemari kayu mdf atau furnitur lainya:

  • Jemur furnitur yang terserang jamur permukaan di bawah sinar matahari
  • Gunakan masker saat membersihkan furnitur yang terkena serangan jamur permukaan
  • Bersihkan dengan menggunakan kain lap kering jika masih sulit untuk dibersihkan anda bisa menggunakan amplas. Jika diamplas, silahkan amplas tuntas hingga ke bagian lapisang finishing, anda bisa melakukan refinishing untuk mengembalikan lapisan finishing yang teramplas
  • Gunakan vakum cleaner setelah furnitur dibersihkan
  • Selanjutnya anda dapat membersihkan jamur degan menggunakan cairan obat anti jamur kayu
  • Buatlah cairan obat anti jamur kemudian gunakan kain lap bersih, celupkan kedalam cairan tersebut dan lap bagian yang berjamur dengan cairan obat anti jamur tersebut
  • Bersihkan furnitur mdf secara menyeluruh dengan menggunakan lap yang dibasahi cairan anti jamur tersebut
  • Biarkan furitur mdf kering dengan sendirinya. Anda bisa membiarnya di jemur di luar ruangan

Sebaiknya anda juga membersihkan area ruangan dimana furnitur mdf tersebut diletakkan. Pastikan sirkulasi udara di ruangan tersebut bagus dan tidak lembab. Mungkin saat musim penghujan ada baiknya anda menggunakan serap lembab ruangan seperti bee dry yang di jual oleh bioindustries. Hal tersebut dilakukan guna mencegah munculnya jamur.

Biocide Sfp, Merk Obat Jamur Permukaan Kayu Mdf

Kini banyak furnitur di rumah yang menggunakan kayu mdf. Mulai dari almari, kitchen set hingga kabinet lemari pakaian juga menggunakan bahan ini. Beberpa merk furnitur terkenal seperti olympic juga menggunakan bahan ini untuk beberapa jenis model mebel olympic yang dijual di pasaran. Namun sayangnya akibat kondisi lingkungan dan berbagai hal, jamur permukaan bisa menyerang funritur mdf.

Namun anda tidak perlu khawatir lagi kini jika ada mebel di rumah yang terserang jamur permukaan. Kami telah memberikan solusi untuk membersihkan jamur sepreti pada uraian di atas. Langkah yang paling penting dan krusial dari membersihkan jamur permukaan pada furnitur adalah dengan menggunakan obat anti jamur.

pemilihan obat jamur ini harus disesuaikan dengan serangan yang dilakukan oleh jamur. jika yang menyerang adalah jamur permukaan tentu obatnya menggunakan obat jamur permukaan. Berbeda lagi jika yang menyerang adalah jamur subtrat atau lumut. Tentunya obat yang digunakan juga akan berbeda. Untuk serangan jamur permukaan pada mdf,  kami merekomendasikan menggunakan obat jamur permukaan mdf biocide sfp atau biocide surface film preservatife.

Obat jamur permukaan yang satu ini merupakan obat jamur khusus yang diformulasi oleh ahli mikrobiologi sehingga menggunakan bahan aktif yang tepat sasaran terhadap serangan spora jamur. untuk mengatasi berbagai masalah serangan jamur permukaan biocide sfp efektif digunakan.

Biocide SFp (surface film preservatife)

Biocide sfp dapat dicampur dengan bahan finishing yang anda gunakan. Selain itu produk ini juga fektif dan stabil dalam lapisan finishing furnitur. Jika anda memiliki furnitur yang belum dicat bisa mencampurkan biocide sfp sehingga cat yang anda gunakan menjadi cat kayu anti jamur.

Bahan akti fyang terkandng didalam biocide sfp Diuron, Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate), bahan ini aktif untuk membunuh spora jamur, lumut dan juga bakteri. Sehingga bisa di aplikasikan untuk furnitur kayu di luar ruangan tidak hanya untuk mdf saja.

Namun jika furnitur mdf yang anda miliki sudah berjamur, saatnya and agunakan biocide sfp untuk mengatasi serangan jamur tersebut. Pastikan untuk selalu menjaga keamanan dan keselamtan diri saat bekerja dengan bahan bahan kimia termasuk dengan biocide sfp.

Gunakan masker, sarung tangan serta sepatu. Jangan makan dan minum saat tengah bekerja menggunakan obat jamur kayu. Selain tu tutup rapat botol produk dna jangan membuang issa produk di perairan bebas. Jauhkan dari jangkauan anak anak dan simapn produk pada tempat sejuk dna kering.

Untuk mendapatkan produk ini anda bisa membeli langsung di marketplace seperti bukalapak dan tokopedia. Selain itu anda bisa menghubungi customer care kami di nomor yang ada di website. Jangan lupa untuk mengunjungi store point kami yang ada di Yogyakarta, Cirebon dan Jepara.

CS Anti Jamur