Supaya Rambatan Tanaman Hias Kayu Anda Lebih Awet

Cantiknya tanaman kita akan tampak lebih mempesona bila dirambatkan pada tiang atau penyangga khusus. Apalagi untuk tamaman rambat yang memiliki bunga-bunga cantik. Dengan desain rambatan tanaman hias yang menarik, tentu hasilnya juga lebih menawan.

Intinya, aplikasikanlah desain yang sesui dengan bentuk dan konsep taman Anda. Misal untuk taman dengan gaya minimalis, maka jangan menerapkan desain rambatan yang terlalu banyak detil. Pilih yang elegan saja namun bisa memberikan kesan bagus. Sehingga tema taman Anda makin kuat, bukannya rusak karena tidak sinkron antar komponen-komponennya.

Rambatan Tanaman Hias dari Kayu agar Lebih Natural

Untuk taman dengan tema natural, salah satu cara supaya rambatan tanaman lebih alami adalah dengan menggunakan bahan kayu atau bambu. Keduanya akan membuat taman semakin asri karena benar-benar terbuat dari bahan dari alam. Namun kekurangan penggunaan rambatan ini terletak pada keawetannya.

Dibanding rambatan dari bahan lain, kayu dan bambu lebih mudah mengalami pembusukkan. Sehingga masa pakainya kalah dibanding penggunaan bahan lain. Meski, bila dibanding penggunaan logam, penggunaan kayu dan bambu lebih aman dan baik karena tidak akan menyebabkan karat. Hanya saja, masalah keawetan ini tetao merupakan persoalan yang harus diatasi.

Saran untuk Rambatan yang Awet

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat rambatan tanaman hias dari kayu dan bambu lebih awet. Cara-cara di bawah ini bisa membuat rambatan Anda tidak mudah diserang jamur maupun lumut.

Aplikasi Pengawet Kayu BioCide

Resapkan antiserangga dan antijamur dalam bambu dan kayu. Dengan peresapan ini, maka rambatan akan bertahan lebih lama tanpa gangguan jamur, bakteri pembusuk, lumut, maupun serangga.

alterntif text

Cat Outdoor

Lapisan cat selain berfungsi meningkatkan estetika rambatan, juga akan melindunginya dari cuaca dan hama. Tenang. Bagi Anda yang tak suka warna solid, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna natural. Banyak bahan finishing yang bisa membuat kayu dan bambu tampan sangat alami seperti tidak tercat padahal sudah dicat.

Bersihkan Teratur

Langkah terakhir sekaligus langkah paling umum dalam merawat berbagai bahan termasuk rambatan tanaman hias adalah pembersihan secara berkala. Meski seolah sepele, nyatanya cara ini memang bisa membuat masa pakai rambatan jauh lebih lama.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn