dinding berjamur perbedaan kapang, jamur dan lumut

Antijamur untuk Kayu dari Biocide Wood Fungicide

Antijamur kayu adalah hal yang diutuhkan untuk kebutuhan pengawetan dan perawatan kayu. Mengingat kayu merupakan material alami yang sangat rentan terhadap jamur yang tumbuh dan berkembang hingga menyebabkan kerusakan.

Biocide Wood Fungicide hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kemunculan jamur terutama yang menyerang substrat kayu dapat diatasi dengan penggunaan produk yang satu ini.

Waspadai Serangan Jamur pada Kayu

dinding berjamur dan lumut
Kayu yang ditumbuhi jamur dan lumut

Jamur kerap muncul dan merusak kayu. Pertumbuhan dan perkembangannya terkadang tidak disadari, namun mulai terasa saat serangannya sudah cukup luas.

Kemunculan jamur pada kayu bukan hanya menyerang area permukaannya saja. Ada juga jenis jamur yang menyerang area substrat sehingga sangat berpengaruh pada tampilan hasil pengolahan kayu.

Kayu yang sudah terserang jamur pada area substrat akan susah untuk difinishing. Terutama untuk konsep finishing natural yang justru menginginkan serat kayu agar tetap terekspos. Melapisi kayu dengan cat kayu tidak serta merta menutupi kemunculan jamur tersebut pada kayu.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum dilapisis dengan cat kayu, perlu dilakukan treatment terlebih dahulu pada kayu. Agar kondisinya tetap prima dan hasil pengecatan yang dilakukan bisa lebih optimal hingga jangka waktu lebih lama.

Waspadai kemunculan jamur pada kayu dan segera lakukan tindakan penanganan saat tanda kemunculan jamur sudah ditemukan. Gunakan antijamur berkualitas seperti Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi masalah kemunculan jamur.

Ada 3 hal yang dapat menjadi faktor utama sebagai penyebab terjadinya serangan jamur yang menyerang kayu. Khususnya untuk yang menyerang pada area substrat. Berikut ketiga faktor tersebut:

  1. Musim
  2. Kondisi lingkungan lokasi penyimpanan (pengaruh kelembaban serta sirkulasi udara)
  3. Pengaruh kelembaban atau kadar air kayu (moisture content)

Ketiga faktor tersebut saling menunjang untuk menciptakan kondisi yang merugikan bagi kayu. Untuk mengatasinya, perlu mengaplikasi bahan pengawet pada kayu terutaa untuk penganggulangan serangan jamur.

Antijamur Kayu Berkualitas dari Biocide Wood Fungicide

Biocide Wood Fungicide adalah produk pengawet kayu yang dibuat sebagai kombinasi dari bahan antijamur dan juga antibakteri. Produk ini menggunakan kombinasi 2-(thiocyanomethylthio) benzothiazole dan methylene-bis-thiocyanate (TCMBT/MBT) sebagai bahan aktifnya.

Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi jamur dan lumut pada kayu
Produk Biocide Wood Fungicide

Kedua kombinasi bahan aktif ini efektif digunakan untuk melindungi serta mencegah serangan jamur perusak serat kayu dan bakteri pada kayu. Biocide Wood Fungicide bisa digunakan untuk mengawetkan kayu jati, ramin, pinus, agathis, karet, dan berbagai jenis kayu lainnya.

Selain kayu, produk Biocide Wood Fungicide juga dapat diaplikasikan pada serat alam, seperti rotan, bambu, dan aneka serat alam lainnya. Termasuk serat dari eceng gondok, serat pandan laut, dan sebagainya.

Bahan antijamur Biocide Wood Fungicide efektif digunakan sebagai produk preventif atau pencegahan maupun penanganan materaial kayu dari serangan jamur. Termasuk juga dari serangan bakteri pembusuk kayu saat kayu dalam kondisi basah dan kandungan MC-nya tinggi.

Biocide Wood Fungicide memiliki spektrum pertahanan terhadap serangan organisme yang luas dan bisa diaplikasikan untuk mengatasi serangan jamur yang menyerang serat kayu. Biocide Wood Fungicide juga bisa digunakan untuk mengatasi jamur blue stain dan black stain.

Biocide Wood Fungicide Punya Banyak Keunggulan

Produk Biocide Wood Fungicide memiliki banyak keunggulan, di antaranya:

  • Dibuat dari kombinasi bahan yang efektif sebagai antijamur dan antibakteri
  • Memiliki kandungan bahan aktif dengan spektrum luas
  • Memiliki masa aktif yang relatif lebih panjang
  • Termasuk produk yang aman dan ramah lingkungan
  • Mudah untuk dilarutkan dengan air

Penggunaan produk ini sangat direkomendasikan untuk pengawetan kayu. Dengan kandungan bahan aktif yang ada di dalamnya, kualitas kayu akan lebih terjaga.

Dengan Biocide Wood Fungicide, serangan jamur yang merusak substrat atau serat kayu juga dapat diminimalisir, bahkan di atasi. Untuk menangani permasalahan serangan yang lebih parah, Anda bisa mengandalkan penggunaan produk bleaching kayu yaitu White Agent 250 (WA-250).

Kombinasi penggunaan pemutih kayu WA-250 dengan Biocide Wood Fungicide dapat menjadi langkah tepat penanganan jamur pada area substrat kayu yang kerusakannya sudah cukup parah.

Petunjuk Pemakaian Biocide Wood Fungicide

Mengingat tingginya faktor resiko serangan jamur pada kayu, penggunaan produk antijamur menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Semakin tinggi resiko serangan yang dihadapi, semakin tinggi pula kadar konsentrasi larutan Biocide Wood Fungicide yang digunakan.

Lalu bagaimana cara pakai Biocide Wood Fungicide? Petunjuk pemakaian antijamur Biocide Wood Fungicide ini sangat mudah. Cukup melarutkannya dengan air. Takaran bahan dan air sebagai pelarut disesuaikan dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan.

Biocide Wood Fungicide bisa diaplikasikan dengan mudah dan fleksibel,dengan pilihan metode berikut ini.

  • Aplikasi menggunakan kuas
  • Metode penyemprotan
  • Metode rendam (minimal waktu perendaman 15 menit tentunya semakin lama hasilnya akan semakin baik)
  • Mesin vacum tekan

Anda dapat menyesuaikan metode aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kayu serta lingkungan saat akan melakukan treatment.

Berikut adalah rekomendasi pemakaian Biocide Wood Fungicide sesuai dengan kebutuhan Anda:

Musim Kondisi warehouse

Room humidity (RH)

Kondisi kelembaban kayu

Moisture content (MC)

Konsentrasi larutan

Biocide (%)

Kemarau  < 60% < 15% 0,5% – 1%
Hujan > 60% > 15% 1,5% – 2%

Dengan penggunaan produk antijamur yang aman dan berkualitas seperti Biocide Wood Fungicide diharapkan jamur dan lumut tidak akan menyerang perabotan kayu milik Anda.

Di Manakah Anda Bisa Mendapat Produk Anti Jamur Berkualitas Ini?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melalui kontak di website ini. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industri Omnipresen secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]