plafon kayu

Tips Mengatasi Plafon dan Lantai Kayu Berjamur

Plafon dan lantai kayu berjamur bisa menjadi masalah fatal jika tidak segera diatasi. Jamur yang menyerang bisa semakin menyebar dengan cepat dan merambat ke area selain plafon dan lantai.

Diperlukan cara yang tepat untuk mengatasi munculnya permasalahan tersebut, karena efek buruk yang timbul bukan hanya kerusakan plafon dan kayu saja tapi akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Waspadai Plafon dan Lantai Kayu Berjamur

black stain mold wood decking

Kelembaban pada lingkungan sekitar sangat berpengaruh bagi pertumbuhan jamur. Hal ini juga terjadi termasuk pada lingkungan rumah tempat tinggal Anda dan keluarga sehari-hari. Kemunculan jamur akan menjadi permasalahan yang membawa kerugian pada rumah Anda.

Apalagi jika rumah Anda banyak menggunakan material kayu yang sangat sensitif terhadap kelembaban. Potensi kerusakan material kayu karena kondisi lembab sangat besar terjadi. Mengingat ada peran jamur yang bisa menjadi penyebab kerusakan kayu dalam kondisi lembab.

Bukan hanya kerugian dengan tampilan plafon maupun lantai yang buruk akibat munculnya jamur. Gangguan kesehatan akibat jamur yang terus tumbuh dan berkembang pada material kayu di rumah Anda juga menjadi sumber masalah.

Spora jamur mungkin saja terhirup hingga ke paru-paru dan menyebabkan permasalahan serius bagi kesehatan. Terutama yang berkaitan dengan pernapasan.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Plafon dan Lantai Kayu

plafon kayu yang rapuh harus diberi pengawet kayu
Plafon kayu yang dijaga tampilannya

Jamur dapat lebih mudah tumbuh dan berkembang pada area yang lembab dan kotor. Debu maupun kotoran lainnya yang menempel pada permukaan lantai dan plafon kayu bisa menjadi pemicu kemunculan jamur.

Untuk itu, menjaga kebersihan area plafon juga merupakan hal yang penting. Agar dapat memastikan kondisi lantai dan plafon selalu aman dari ancaman jamur, lakukanlah pemeriksaan secara rutin.

Lakukan identifikasi dari mana sumber jamur berasal. Anda juga perlu mencari tahu tanda-tanda kerusakan akibat air. Contohnya, mencari sumber kebocoran yang ada dan menjadi penyebab kemunculan jamur.

Saat melakukan pengecekan, jangan lupa menggunakan alat pelindung diri terutama masker dan sarung tangan, karena resiko terhirup dan bersentuhan langsung dengan jamur pasti ada.

Jika sumber kerusakan sudah ditemukan, segera perbaiki agar tidak menyebabkan meluasnya pertumbuhan jamur. Saat melakukan proses ini, akan lebih baik jika seluruh furniture dan benda lainnya yang ada di ruangan tersebut dipindahkan. Proses pembersihan dapat dilakukan dengan lebih leluasa dan hasilnya lebih optimal.

Setelah menemukan sumber permasalahan seperti kebocoran kran air dan mengatasinya, akan lebih baik jika Anda juga dapat mengatasi area berjamur akibat kemunculan jamur.

Tips Mengatasi Jamur pada Plafon dan Lantai Kayu

Area berjamur yang terjadi akibat adanya pertumbuhan dan perkembangan jamur baik di lantai maupun plafon kayu harus diatasi. Akan percuma jika Anda hanya mengatasi sumber kerusakan awal tanpa memberikan treatment pada plafon dan lantai kayu berjamur.

Ada cara konvensional yang bisa dilakukan, yakni dengan mengandalkan penggunaan alat dan bahan yang bisa ditemukan dengan mudah sehari-hari. Alat dan bahan yang dibutuhkan di antaranya:

  • Botol semprot
  • Cuka
  • Air
  • Sabun cuci piring
  • Kain bersih

Cara membuat dan mengaplikasikannya yaitu:

  1. Masukkan cuka, sabun cuci piring dan air menjadi satu ke dalam botol semprot
  2. Aduk atau kocok hingga merata
  3. Semprotkan campuran tersebut pada area plafon dan lantai kayu yang berjamur
  4. Tunggu selama kurang lebih 10 menit, kemudian seka dengan kain bersih yang sudah dibasahi

Dengan cara tersebut, Anda dapat membunuh jamur yang hidup dan menyerang area plafon maupun lantai kayu di rumah Anda. Namun perlu diingat bahwa kain yang digunakan untuk menyeka semprotan cairan tersebut adalah kain bersih yang sudah dibasahi.

Hal tersebut sangat penting karena dapat membantu mengangkat sisa cairan pembersih yang disemprotkan, sehingga lapisan cairan pembersih yang disemprotkan tersebut dapat ikut hilang dan menempel pada kain.

Selain melalui cara konvensional tersebut, ada pula cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Yaitu, dengan menggunakan produk antijamur. Anda tidak perlu menyiapkan berbagai bahan dan mencampurkannya untuk membuat bahan antijamur.

Cukup dengan dilarutkan menggunakan air bersih lalu mengaplikasikannya pada area berjamur. Produk yang direkomendasikan untuk kebutuhan ini adalah Biocide Wood Fungicide.

Biocide Wood Fungicide untuk Atasi Plafon dan Lantai Kayu Berjamur

Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi jamur dan lumut pada lemari kayu
Produk Biocide Wood Fungicide

Penggunaan bahan antijamur konvensional memang ampuh jika kerusakan yang terjadi belum terlalu parah. Namun, jika sudah menembus lantai kayu maupun plafon, artinya serangan jamur pada area tersebut sudah cukup parah.

Anda bisa menggunakan Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi permasalahan ini. Cukup larutkan Biocide dengan air bersih hingga mencapai konsentrasi larutan 1%. Atau setara dengan perbandingan 1 bahan : 100 air. Aduk hingga merata lalu kuaskan pada area berjamur. Anda juga bisa  mengaplikasikannya dengan cara menyemprotnya pada area tersebut.

Di Manakah Anda Bisa Mendapat Produk Anti Jamur Berkualitas Ini?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kontak yang ada di website ini. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industri Omnipresen secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]ioindustries.co.id

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya