Prosedur Lengkap Treatment Anti Jamur Agar Keindahan Kayu tetap Long Lasting

Ancaman jamur substrat dan jamur permukaan tidak sulit untuk dihadapi. Treatment anti jamur dengan prosedur yang lengkap siap untuk menghalau kedatangannya.

Keindahan kayu dalam sebuah furniture masih diminati banyak kalangan. Sehingga, banyak industri mebel yang kewalahan dalam melayaninya. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, pihak industri sering melakukan langkah singkat. Langkah tersebut ternyata tidak memberikan banyak keuntungan. Bahan baku kayu memiliki kualitas yang buruk karena treatment anti jamur yang tidak sempurna.

Furniture yang dibuat dari kayu berkualitas rendah akan mudah terserang jamur. Rendahnya kualitas bahan baku tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya,  proses penebangan yang tidak baik atau penggunaan bahan pengawet kayu yang tidak tepat. Prosedur treatment kayu yang lengkap dan menyeluruh akan membuat keindahan kayu tetap long lasting.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Treatment Anti Jamur

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan selama proses pengawetan kayu. Treatment anti jamur tidak akan memberikan hasil yang baik jika salah satu prosedurnya dilanggar. Sebagai contoh ialah pada saat proses penebangan dimana usia kayu belum mencukupi ( < 25 tahun). Pembentukan volume pada kayu yang masih mudah masih belum optimal. Volume kayu pada kayu siap tebang berada dikisaran 40-50 cm.

Selain volume, kayu yang masih mudah memiliki kelembaban dan kandungan nutrisi sangat tinggi. Kondisi kayu tersebut juga terdapat pada pohon di musim penghujan. Sehingga, masa penebangan yang cocok berada di akhir musim kemarau. Nutrisi dan kelembaban dicari oleh jamur dan serangga untuk bertahan hidup. Proses bertahan hidup itulah yang menyebabkan kerusakan pada kayu dan jenis material lainnya.

Faktor berikutnya terjadi pada proses pengolahan kayu. Sistem pengawetan kayu harus dilakukan dari bentuk kayu glondongan (log) sampai pada tahap finishing. Prosedur pengawetan tersebut biasanya menggunakan produk anti jamur tertentu. Obat anti jamur substrat (blue stain, white stain, black stain) diberikan dari tahap awal sampai akhir. Pada system rendam, bahan pengawet kayu ini dapat dicampur dengan obat anti jamur permukaan.

Waspada Obat Anti Jamur Berbahaya (Non Ramah Lingkungan)

Fungisida Pengawet Kayu Albasia

Ada banyak jenis produk anti jamur yang dapat digunakan dalam proses treatment. Tetapi, kebanyakan dari produk tersebut tidak ramah lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan. Bahan atau obat pengawet kayu berbahaya yang sudah dilarang adalah penggunaan oli bekas dan borax. Kedua bahan pengawet kayu tersebut dahulu sering digunakan sebagai anti jamur dan anti serangga.

Namun, telah ada produk baru yang lebih ramah lingkungan pengganti oli dan borak. Produk tersebut ialah BioCide Wood Fungicide sebagai anti jamur substrat. Obat anti jamur permukaan ialah BioCide Surface Film Preservative. Produk-produk tesebut efektif dan dinilai lebih aman. Kegunaan dari bahan treatment kayu ini untuk media kayu, bambu, rotan, serat alam, dll.

Obat Untuk Atap Dari Bambu

BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative merupakan obat anti jamur kemasan hemat. Produk ini memiliki ukuran 100 gram per botol dengan harga Rp. 80.000,-. Obat treatment anti jamur ini dapat diperoleh di Bio Industries jl. Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta 55162. Pemesanan online dapat menghubungi WA: 082 167 600 693 dan Pin BBM: D12B7E21. Melakukan prosedur perlindungan total dengan produk yang lebih aman akan membuat keindahan kayu pada furniture lebih long lasting.

Artikel "Green And Healthy Issue"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.