Sering Disepelekan Begini Cara Menggunakan Palu yang Benar

Salah satu alat woodworker yang sering digunakan adalah palu. Apa jenis-jenisnya dan bagaimana tips penggunaannya yang benar? Temukan jawabannya di sini.

Alat-alat pengolahan kayu mencakup semua jenis produk yang diperlukan dalam proses woodworking. Di lapangan, popularitas alat-alat tersebut berlainan satu sama lain. Ada yang penggunaannya sangat luas, namun ada juga yang penggunaannya sangat terbatas.

Satu di antara alat yang sangat populer di berbagai kalangan adalah palu. Kebanyakan dari Anda pun pasti sudah mengenal alat ini.

Secara definitive, kita bisa mengartikan alat ini sebagai benda pemukul yang bisa dibedakan menurut 2 bagian yakni kepala dan handle (pegangan). Umumnya, kepala terbuat dari bahan logam sedangkan gagangnya terbuat dari kayu.

Alat ini umum digunakan untuk:

  1. Melakukan pemakuan. Agar paku bisa menusuk dan terbenam dalam kayu atau apapun media yang dikehendaki, jelas diperlukan alat khusus seperti palu untuk melakukannya.
  2. Untuk memecah material yang cukup keras seperti bebatuan.
  3. Untuk membentuk suatu media, baik itu logam ataupun non logam.
  4. Untuk mengambil paku. Beberapa tipe memiliki desain catut di bagian belakang kepala. Bagian ini memang didesain khusus untuk mengambil paku.

Hingga hari ini, tipe palu sangatlah banyak. Beberapa situs majalah woodworking internasional menyebutkan bahwa setidaknya ada 40 jenis yang dikenal di dunia. Tiap jenis memiliki feature sendiri-sendiri.

Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Mechanic’s hammer
  2. Boiler scaling hammer
  3. Brass hammer
  4. Bricklayer’s hammer
  5. Carpenter’s hammer
  6. Cow hammer yang kadang digunakan untuk membunuh sapi ternakan
  7. Cross penn
  8. Demolition hammer
  9. Drilling hammer
  10. Gavel
  11. Rock pick
  12. Warrington hammer
  13. Knife edged
  14. Club hammer
  15. Railway track keying hammer
  16. Magnetic double-head hammer
  17. Tinner’s hammer
  18. Magnetic tack hammer
  19. Rock climbing hammer
  20. Rounding hammer
  21. Sledgehammer
  22. Soft-faced hammer
  23. Spiking hammer
  24. Splitting maul
  25. Strike Tack hammer
  26. Stonemason’s hammer
  27. Upholstery hammer
  28. Welder’s chipping hammer

Meski demikian, tak semua tipe hammer tersebut umum untuk dikenal di lapangan. Secara umum, hanya ada dua jenis pukul (demikian orang Jawa menyebutnya) yang terkenal di sini. Yang pertama adalah yang biasa sedangkan yang kedua adalah martil.

Palu Paku atau Nail Hammer

palu

Tipe ini adalah yang paling umum dikenali di mana-mana. Dulu, pada setiap pengerjaan mebel dan konstruksi, alat ini pasti digunakan.

alterntif text

Namun untuk saat ini, beberapa alat menawarkan fungsi yang sama sebagaimana palu. Sehingga dominansinya mulai menurun. Dua alat (dan bahan) yang dimaksud adalah skrup dan lem.

Pemakaian lem, misalnya, memang direkomendasikan agar tampilan furniture yang lebih mulus. Sedangkan skrup disukai karena penggunaannya yang praktis.

Martil atau Deadblow Mallet

martil

Pernah mendengar nama deadblow mallet? Bila belum, pada dasarnya alat tersebut adalah palu namun dengan beberapa karakteristik khusus.

Martil umumnya bisa memberikan pukulan yang lebih terkontrol. Pemukulannya juga lebih terjaga dengan adanya kepala berlubang.

Tips Menggunakan Palu yang Benar

Sebenarnya, proses pemaluan adalah hal yang sangat mudah. Bisa dibilang tekniknya bersifat instingtif, di mana anak kecil pun tahu pola gerakan untuk melakukannya.

Meskipun demikian, kerja awam tentu berbeda dengan kerja ahli yang semestinya lebih efisien dan efektif. Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan alat tersebut ala profesional.

  1. Selalu dan wajib menggunakan pelindung mata. Apalagi bila Anda bekerja di perusahaan mebel dan bertugas menggunakan alat ini dengan frekuensi yang tingi. Jangan meremehkan ya, sebab sebutir partikel kayu pun bisa merusak pandangan Anda yang berharga.
  2. Untuk ayunan dan impak yang lebih kuat, peganglah batang alat ini di dekat ujungnya. Posisikan ibu jari Anda sepanjang bagian atas pegangan tersebut. Setelah itu, ambil ayunan yang memanjang dengan lengan, bukan hanya dengan pergelangan tangan.
  3. Untuk impak yang lebih terkontrol, sebaiknya pegang di dekat kepala palunya. Setelah itu, ambil ayunan yang pendek saja menggunakan pergelangan tangan.
  4. Jangan menghantam benda dengan sisi yang tidak semestinya. Salah-salah Anda mengalami kecelakaan kerja yang tidak diinginkan.
  5. Hati-hati dengan alat yang sudah tua. Bagian kepala yang terbuat dari besi bisa terpecah ketika Anda paksakan untuk menggunakannya. Dan tentu saja hal itu akan membahayakan Anda.

Kami Sedia Antijamur!

Mengenal dan menggunakan palu dengan baik adalah hal yang mesti dipelajari oleh para woodworker, baik yang bekerja profesional ataupun untuk yang sekadar hobi.

Selain itu, tentu saja pengetahuan yang lain akan produk woodworking mesti ditingkatkan. Salah satunya terkait dengan produk preservative kayu.

Kebetulan, kami di antijamur.net pun menyediakan preservative untuk Anda khususnya dari golongan fungisida. Kedua antijamur yang kami sediakan tersebut adalah:

No Nama Produk Fungisida Fungsi Keterangan
1 BioCide Wood Fungicide Mencegah jamur noda dan juga bakteri pembusuk Jamur noda adalah penyebab kayu berubah warna menjadi kehitaman dan jelek. Untuk pencegahan jamur noda sejak dini, oleskan BioCide Wood Fungicide langsung di area pemotongan pasca kayu ditebang.
2 BioCide Surface Film Preservative Mencegah dan membasmi jamur permukaan serta lumut Bisa digunakan untuk membasmi jamur permukaan dan lumut yang terlanjur tumbuh sekaligus dicampurkan ke bahan finishing yang digunakan.

Pesan di Sini Sekarang Juga!

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkannya, BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative memanglah produk antijamur yang selalu bisa diandalkan untuk mengatasi jamur. Oleh sebab itu, sekiranya Anda ingin membeli produk ini, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point. Atau, apabila Anda ingin membeli tanpa repot-repot, beli saja produk ini dengan memesan ke CS kami. Dengan sigap, CS kami akan memenuhi pesanan Anda.

Kesimpulan

Beberapa hal dapat kita simpulkan menurut penjelasan panjang di atas. Beberapa hal tersebut adalah:

  1. Palu adalah satu di antara banyaknya alat woodworking yang sejatinya cukup populer di masyarakat. Penggunaannya demikian meluas untuk kalangan awam hingga kalangan profesional.
  2. Secara definitive sendiri alat ini bisa diartikan sebagai alat bergagang kayu dan berkepala logam untuk memberikan impak agar paku dan produk sejenis bisa terbenam ke bahan yang solid. Kadang alat ini juga dilengkapi dengan catut untuk mengambil paku tersebut.
  3. Jenis alat ini cukup beragam dari ukuran hingga kualitasnya. Selain yang umum dikenal, misalnya, ada juga martil yang didesain khusus untuk kebutuhan yang berbeda.
  4. Pilihlah tipe yang sekiranya paling cocok dengan kebutuhan Anda.
  5. Masalah preservative kayu, sekiranya Anda memerlukannya, gunakan selalu BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Semoga artikel tentang palu ini bermanfaat ya. Terus ikuti informasi menarik dari kami lainnya di antiserangga!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn