Cara Membasmi Jamur pada Furniture Outdoor agar Tak Rugi

Tatkala furniture outdoor berjamur, produk bukan hanya menjadi rusak dan tak bisa digunakan, namun juga:

Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Spora jamur bisa menyebabkan hay fever dan berbagai reaksi alergi. Beberapa gejala gangguan kesehatan akibat hal ini antara lain:

  1. Bersin-bersin karena hidung gatal
  2. Mata gatal
  3. Pusing
  4. Panas dalam
  5. Batuk
  6. Kulit gatal

Reaksi alergi akibat jamur memang secara umum tidak begitu parah. Namun hal ini tidak berlaku pada beberapa jenis jamur yang memiliki toksin beracun. Mislanya saja black mold.

Black mold adalah jamur hitam yang umum ditemukan pada dinding lembab khususnya pada bangunan tak berpenghuni. Black mold bisa mengakibatkan gejala yang lebih parah seperti mual dan pingsan.

Meski lebih sering ditemukan pada tembok, black mold juga sering ditemukan pada furniture outdoor. Khususnya bila mebel tersebut diletakkan di area yang lembab.

Dampak kesehatan ini juga semakin parah ketika yang terkena adalah anak kecil, ibu hamil, dan lansia. Sistem imun mereka yang tidak begitu bagus bisa membuat tubuh terserang gejala yang lebih serius.

Furniture Outdoor Menyebabkan Hama lain Datang

furniture outdoor berjamur
DR_1979_TN

Jangan berharap bahwa furniture Anda yang berjamur hanya akan berjamur saja. Semakin lama, bila tidak diperbaiki, kerusakannya bisa semakin parah.

Sebab jamur pada dasarnya bukan hanya memakan substrat kayu. Jamur juga mengubah substrat kayu menjadi lebih lembab dan lapuk sehingga mudah dimakan organisme lainnya. Dalam hal ini, organisme yang biasanya akan mengikuti serangan jamur adalah:

  1. Lumut
  2. Bakteri pembusuk jamur
  3. Berbagai jenis serangga pemakan kayu, termasuk ulat kayu yang notabene merupakan larva serangga terbang

Alhasil, kerusakan yang terjadi pun akan semakin parah apabila tidak segera ditangani dengan baik.

Menyebabkan Kerugian di Sektor Industri

Furniture outdoor berjamur jelas akan menyebabkan kerugian bagi pemiliknya. Harga satu produk furniture di Indonesia sendiri setidaknya 100 ribu untuk mebel-mebel kecil, dengan rerata di kisaran 500 ribu rupiah.

Kerugian ini bagaimanapun juga tidak ada apa-apanya bila dibandingkan kerugian di sektor industri. Ya, bila jamur sampai menyerang perusahaan furniture, tentu jutaan hingga milyaran rupiah bisa melayang.

Kasus-kasus seperti ini pun beberapa kali telah terjadi. Jamur dapat menyebabkan kerugian pada berbagai tahapan produksi seperti ketika:

  1. Tahap penyimpanan material mentah, seperti pada rotan dan kayu yang belum diolah
  2. Tahap pembuatan mebel
  3. Tahap penyimpanan mebel jadi di gudang
  4. Tahap pengiriman di kontainer
  5. Tahap penjualan di toko-toko furniture

Bagaimana Cara Mengatasi Furniture Outdoor Berjamur?

Dampak akibat serangan jamur pada mebel sudah demikian jelas tak bisa disepelekan. Dari masalah kesehatan hingga finansial, kita bisa mengalami kerugian. Oleh karena itu, terapkanlah beberapa langkah mengatasinya di bawah ini.

Mengetahui Penyebabnya

Ketahui dulu penyebab mebel outdoor berjamur. Apakah mebel berjamur karena diletakkan di teras yang sangat lembab? Apakah mebel berjamur karena terbuat dari kayu yang memang mudah berjamur? Atau, mebel diserang hama tersebut karena lapisan catnya sudah mengelupas?

Tanpa tahu apa alasan utama serangan jamur, Anda hanya akan berjibaku dengan persoalan serupa terus-menerus. Tentu hal itu sangat melelahkan bahkan meski Anda sudah tahu obat terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Menggunakan BioCide SFP

Lihat kondisi furniture outdoor yang terserang jamur. Tentukan seberapa parah serangannya menurut:

  1. Luas area yang terserang jamur
  2. Kedalaman kayu yang sudah membusuk dimakan jamur
  3. Keberadaan hama lainnya seperti lumut dan serangga

Sebenarnya, bila jamur belum terlalu merusak, Anda cukup mengelapnya saja dengan kain bersih. Misalnya, jamur hanya menyerang 1/5 area mebel dan akarnya belum masuk ke substrat kayu. Jamur tersebut baru tumbuh di atas debu yang menempel di mebel.

Kondisi seperti itu masih belum mengkhawatirkan. Sehingga Anda tak perlu panik mengatasinya. Anda malah hanya perlu mengelapnya saja dengan kain bersih.

Namun, bila jamur sudah menyerang terlalu luas dan kayu pun sudah memperlihatkan kerusakan yang serius, sebaiknya segera gunakan obat jamur yang bagus.

Dalam hal ini, kami di antijamur.net menyediakan BioCide Surface Film Preservative. BioCide SFP memiliki kelebihan sebagai obat jamur karena:

  1. Memang khusus dibuat sebagai anti jamur mebel untuk kayu, rotan, hingga bambu.
  2. Bisa digunakan untuk membasmi lumut juga
  3. Bisa dicampur ke cat water based agar cat menjadi tahan jamur
  4. Perlindungan sangat lama
  5. Konsentrasi tinggi sehingga hemat digunakan
  6. Menggunakan pengencer air, bukan minyak solvent
  7. Tidak menyebabkan kerusakan mebel seperti membuat mebel jadi berminyak atau berbau menyengat dalam kurun waktu yang lama

Bila Anda tertarik, silahkan hubungi Customer Service kami sekarang juga. Kami akan memberikan informasi lebih detil tentang obat jamur mebel outdoor ini.

Mengantisipasi Furniture Outdoor Berjamur di Kemudian Hari

Antisipasi agar hal yang sama tidak terulang tentu perlu dilakukan. Jadi setelah jamur terbasmi dengan BioCide SFP, pastikanlah untuk:

  1. Mengecatnya kembali. Munculnya jamur adalah salah satu pertanda Anda butuh cat baru atau cat yang lama berkualitas buruk
  2. Meletakkannya di tempat yang kering. Misalnya di teras atau gazebo, dan tidak langsung di bawah pohon yang rindang
  3. Mengurangi kelembaban di halaman, misalnya dengan rutin menyiangi tanaman.

Khusus untuk sektor industri, pencegahan bisa dilakukan dengan memastikan gudang dan tempat produksi bersih serta terjaga kelembabannya. Pun begitu dengan kontainer untuk mengirimkan mebel. Dengan ketelitian yang tinggi, Anda pasti bisa mencegah furniture outdoor berjamur.