kitchen set murah (2)

Membuat kitchen set murah ternyata tidak susah lho! Anda bisa membuat produk tersebut dengan harga yang lebih terjangkau asalkan tahu trik yang tepat untuk melakukannya.

Di zaman serba modern ini, kebutuhan akan furniture di masyarakat pun mengalami perubahan besar. Di ruangan seperti dapur misalnya, kini meningkat permintaan akan produk furniture kitchen set. Kitchen set dianggap

Tips Membuat Kitchen Set Murah

Menggunakan Bahan Baku yang Lebih Terjangkau

CS Anti Jamur

Pertama, gunakanlah bahan baku yang tidak mahal. Hindari menggunakan bahan baku dari kayu unggulan seperti jati, ebony, dan lain sejenisnya. Bila memungkinkan Anda juga bisa menggunakan kayu olahan. Kayu olahan atau engineered wood secara umum jauh lebih murah dibanding kayu solid. Penggunaan kayu ini akan membantu Anda berhemat secara signifikan.

Supaya kualitas produk terjaga, pastikan untuk mengaplikasikan finishing yang tepat. Misal pada bagian yang terbuat dari kayu olahan, gunakanlah pelapis berupa veneer atau HPL yang bagus. Jadi kondisi kitchen set tetap akan terjaga dengan kualitas yang sangat baik.

Model yang Sederhana

Berikutnya untuk bisa menghadirkan kitchen set murah, Anda bisa menerapkan model atau desain yang sederhana saja. Utamakan masalah fungsionalitas dulu dibanding estetika. Jadi, Anda tak perlu menghabiskan biaya untuk komponen yang hanya bersifat dekoratif yang pada akhirnya justru bisa membuat produk begitu mahal. Hilangkan juga komponen yang tidak diperlukan sambil mengoptimalkan fungsi komponen yang krusial.

Menggunakan Lem yang Berkualitas tapi Tetap Murah

Berikutnya, Anda juga perlu memperhatikan produk lem yang digunakan. Lem sebagaimana finishing pun akan memberikan pengaruh pada budget produksi. Idealnya, lem yang digunakan adalah lem yang kuat namun harganya “rasional” dengan kualitas yang ditawarkannya atau bahkan lebih murah.

Lem yang baik, idealnya:

  1. Lem memiliki daya rekat yang kuat sehingga pengggunaannya tidak boros
  2. Cover area dan solid content lem tinggi sehingga makin hemat digunakan
  3. Lem tidak mudah rusak, sehingga alur produksi lancar
  4. Lem tidak menyebabkan glue line atau kerusakan estetika pada produk
  5. Lem memiliki kecepatan kering yang sangat ideal, dengan demikian alur produksi menjadi lancar dan tidak boros
  6. Lem mudah digunakan tanpa harus adanya alat dan bahan khusus
  7. Lem aman dan ramah lingkungan sehingga masalah safety tak akan memakan banyak biaya

Menggunakan Bahan Pengawet

Tips keempat ini sebetulnya mirip dengan tips pertama. Namun bila pada tips pertama kami fokus membahas kayu olahan kali ini kami akan membahas kayu solid yang murah. Betul, penggunaan kayu yang murah akan membuat produksi kitchen set Anda lebih murah. Ini adalah salah satu cara paling mudah bila Anda benar-benar ingin membuat kitchen set murah. Namun cara ini bila dilakukan tanpa antisipasi bisa membuat produk Anda tidak awet. Lama kelamaan masyarakat pun akan menyadari bahwa produk Anda tidak awet dan justru “boros” ketika dibeli sebab mereka harus ganti dengan produk yang lain. Oleh sebab itulah, dibutuhkan bahan pengawet.

kayu berjamur (2)
Contoh jamur permukaan

Produk pengawet bisa berupa insektisida ataupun fungisida. Fungsi dari obat pengawet, sebagaimana namanya adalah untuk membuat kayu menjadi lebih awet secara spesifik terhadap ancaman hama. Seperti yang kita tahu, hama memang bisa membuat kayu menjadi tidak tahan lama. Hama, rayap contohnya, akan menggerogoti kayu sehingga rusak dan fungsi produk tak bisa dipertahankan lagi. Selain itu, ada juga beberapa jenis hama yang secara spesifik tidak merusak produk namun ternyata menyebabkan estetika produk turun. Contohnya saja jamur permukaan dan blue stain.

kayu berjamur (3)
Jamur blue stain

Jamur blue stain adalah jamur yang menyebabkan noda kebiruan, kecoklatan, hingga kehitaman. Jamur ini bersifat mikroskopis dan hidup di antara sel-sel kayu. Kita mungkin bisa mematikan jamur ini. Namun setelah jamur mati pun, noda kehitaman hingga kebiruan tetap akan tertinggal dan pad akhirnya keindahan produk menjadi rusak. Oleh sebab itulah, jamur seperti ini hendaknya dicegah sejak awal menggunakan bahan pengawet yang tepat. Sedangkan jamur permukaan adalah jenis jamur yang strukturnya lebih kasat. Secara umum, bentuknya mirip dengan jamur tempe.

Bahan pengawet digunakan dengan cara zatnya diresapkan ke dalam substrat kayu. Cara ini akan membuat kayu tidak disukai hama seperti rayap, semut, jamur, dan juga jamur. Metodenya bisa berupa pengkuasan, pencelupan, perendaman, sampai pengawetan dengan suatu mesin canggih bernama mesin vakum tekan.

Kami Sedia BioCide

Di atas adalah beberapa tips yang bisa Anda andalkan untuk membuat kitchen set murah. Untuk mendukung usaha Anda, kami juga sudah sedia produk pengawet anti jamur, BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

BioCide Wood Fungicide adalah fungisida yang ampuh untuk mencegah berbagai jenis jamur mulai dari jamur hitam, jamur putih, sampai jamur blue stain. Selain itu produk ini juga bisa digunakan sebagai anti bakteri dan juga anti lumut. Penggunaan produk ini akan memungkinkan Anda menggunakan kayu yang lebih murah untuk membuat kitchen set. Kayu-kayu murah yang sebelumnya kurang tahan jamur itu bisa Anda ubah menjadi tahan jamur dengan aplikasi fungisida ini.

BioCide Wood Fungicide

Adapun BioCide Surface Film Preservative bisa digunakan untuk membasmi sekaligus mencegah jamur permukaan, seperti jamur putih yang biasa tumbuh di mebel. Produk ini juga bisa digunakan dalam sistem finishing khusus (hubungi CS kami untuk keterangan lebih lanjut).

BioCide Surface Film Preservative

Tapi bagaimana kalau kayu Anda sudah terserang jamur? Apabila kayu yang Anda rencanakan akan digunakan untuk membuat kitchen set sudah terserang jamur, Anda bisa menggunakan wood bleaching WA-250 untuk mengembalikan keindahan kayu. Caranya matikan dulu jamur dengan BioCide. Setelah itu, bilas kayu dan keringkan.

Gunakan wood bleaching WA 250 tatkala jamur pada kayu tersebut sudah benar-benar mati. Wood bleaching ini juga akan membantu Anda menyeragamkan warna kayu dan akan menjadikan kayu terlihat lebih cerah. Produk ini juga kami sediakan bersama dengan BioCide Fungicide.

Cara Memesan BioCide untuk Pembuatan Kitchen Set Murah

Yuk, beli dan gunakan BioCide sekarang juga. Produk ini bisa Anda beli di antijamur.net secara langsung. Silahkan kontak Customer Service kami untuk mendapatkan produk tersebut. Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara langsung di Bio Service Point. Bio Service Point saat ini berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Bagi Anda yang dekat dengan ketiga area tersebut atau memang tinggal di sana, jangan sungkan untuk berkunjung ke Bio Service Point. Untuk Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi kami di Jalan Sidikan no 94.

kitchen set murah

Kesimpulan

Saat ini, salah satu mebel yang laku di pasaran adalah produk kitchen set. Jadi sebagai pelaku usaha mebel, jangan sia-siakan opportunity ini untuk meraup keuntungan dalam jumlah besar. Anda bisa turut memproduksi produk tersebut yang sekiranya lebih murah agar lebih banyak dijangkau kalangan masyarakat.

Membuat kitchen set yang harganya murah sendiri bukanlah satu perkara pelik bila kita menerapkan kiat-kiat khusus. Misalnya, penggunaan kayu yang tak mahal hingga lem yang bagus namun murah. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan bahan pengawet. Penggunaan bahan pengawet memungkinkan Anda menggunakan kayu yang tak awet. Kayu-kayu tersebut bisa diubah menjadi tahan hama dengan produk pengawet yang tepat seperti BioCide.

CS Anti Jamur