kapang kayu

Cara Menghilangkan Jamur dari Furniture Kayu

Bagaimana cara menghilangkan jamur pada furniture kayu? Sebagai bahan yang paling disukai dan dicari oleh banyak orang untuk pembuatan furniture, kayu memang cukup rawan terkena serangan hama termasuk jamur.

Kayu dapat diolah menjadi furniture dengan berbagai konsep, baik untuk desain natural, minimalis, atau modern kayu yang andal. Untuk menjaga kondisi furniture kayu tetap prima dan dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama, tentu diperlukan perawatan yang optimal.

Pentingnya Melindungi Kayu dari Jamur

jamur pada furnitur kayu yang perlu diberi pengawet khusus kayu
Furniture kayu yang diserang jamur

Memberikan perlindungan pada kayu untuk mencegah kerusakan akibat serangan jamur sangat penting, karena kemunculan jamur bisa saja menyerang apa saja jenis kayu yang Anda gunakan sebagai furniture.

Kayu dapat menjadi sumber dari peningkatan nuansa natural pada saat digunakan. Bahan ini juga dapat menambahkan kesan klasik sekaligus mewah, tergantung pada bagaimana pengolahannya. Meskipun termasuk bahan alami, kayu tidak serta merta termasuk material yang menimbulkan kesan kuno saat digunakan.

Sebagai pemilik furniture berbahan dasar kayu, melakukan perawatan untuk memberi perlindungan pada kayu adalah suatu kewajiban. Akan sangat disayangkan jika furniture kayu kesayangan Anda justru mengalami kerusakan karena pengaruh kemunculan jamur.

Kerusakan yang terjadi pada furniture kayu tidak hanya terjadi secara visual dengan nilai estetikanya yang berkurang, tetapo dapat pula mempengaruhi kondisinya secara struktural dan peran fungsinya sebagai furnitur.

Mengingat besarnya pengaruh perawatan pada kayu, tidak heran jika pemberian treatment berupa perlindungan dapat sangat mempengaruhi kondisi kayu.

Pencegahan yang dilakukan terhadap potensi pertumbuhan jamur dilakukan untuk menjaga kondisi kayu tetap aman serta terhindar dari pertumbuhan jamur dan lumut. Hal ini menjadi cara ampuh untuk dapat menggunakan kayu dalam jangka waktu lebih lama.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur dari Furniture Kayu?

Jamur bisa menyerang berbagai furniture, konstruksi bangunan dan hal lainnya yang berhunungan dengan kayu
Jamur pada lemari kayu

Saat ini mungkin terlintas di pikiran Anda mengenai proses pencegahan pertumbuhan jamur pada furniture kayu. Namun, bagaimana jika jamur sudah terlanjur muncul pada furniture kayu? Apakah masih bisa dihilangkan?

Tentu saja bisa. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun dari semua metode, ada 1 hal yang harus selalu Anda lakukan. Yaitu menggunakan perlengkapan pelindung diri saat mengatasi jamur pada furniture.

Setidaknya, gunakan masker, sarung tangan, serta kacamata pelindung diri. Jangan lupa siapkan ampelas agar memudahkan proses menghilangkan jamur pada furniture. Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan pula alat penyedot debu yang dilengkapi dengan filter HEPA.

Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan jamur pada furniture kayu.

  1. Menggunakan bahan pengawet kayu
  2. Mengoleskan alkohol ke seluruh bagian furniture
  3. Menjemur furniture di bawah sinar matahari langsung
  4. Tidak menyimpan furniture di tempat yang lembab
  5. Gunakan produk penyerap kelembaban (container desiccant, silica gel, maupun lainnya) pada area penyimpanan yang lembab
  6. Menyalakan lampu di sekitar tempat penyimpanan furniture
  7. Meletakkan kamper di sekitar furniture untuk menghalau jamur
  8. Menggosok furniture dengan campuran jeruk dan garam untuk menghilangkan jamur
  9. Melapisi furniture dengan bahan finishing berupa pernis, sealer, dan sebagainya.

Dari 9 cara tersebut, Anda dapat melakukan cara pertama untuk mendapat hasil maksimal. Penggunaan bahan pengawet kayu juga dapat dilakukan sebagai tindakan preventif untuk mencegah serangan jamur pada kayu.

Namun, Anda tetap harus memilih produk dengan kualitas terbaik. Agar dapat membantu  mengoptimalkan hasil pengawetan yang akan diperoleh.

Waspadai Pula Jamur yang Masuk dalam Substrat Kayu

jamur substrat pada kayu dapat diatasi dengan menggunakan bahan antijamur Biocide Wood Fungicide
Jamur pada substrat kayu

Ketertarikan seseorang saat membeli furniture berbahan dasar kayu seringkali karena tampilannya. Adanya serat kayu yang terekspos dengan indah akan membuat tampilan furniture semakin menarik dan memiliki kesan natural. Hal ini bisa jadi cerita horor ketika furniture yang diinginkan memiliki tampilan yang eksotis itu justru hilang karena jamur.

Jamur bukan hanya ditemukan pada permukaan kayu saja, melainkan juga pada area substratnya. Bagian dalam kayu atau substrat seharusnya tetap bersih dan terlindungi untuk membuat hasil pengolahan kayu tetap terjaga estetikanya.

Jika jamur ditemukan sampai masuk ke bagian dalam kayu, tentu nilai estetikanya menurun, baik saat diolah sebagai produk perabot rumah tangga maupun sebagai furniture.

Apalagi dengan produk yang didesain untuk memiliki tampilan natural. Nilai estetika yang menurun karena terserang jamur juga akan berpengaruh pada nilai jual berbagai produk tersebut.

Namun, jika hal ini sudah terlanjur terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan penggunaan bahan pemutih kayu. Produk yang kami rekomendasikan adalah White Agent 250 atau WA-250. Untuk mendapat hasil yang optimal, Anda juga bisa melapisi kayu dengan produk pengawet kayu Biocide Wood Fungicide.

Kedua produk yang disebutkan tersebut merupakan produk water based yang bisa diaplikasikan menggunakan air. Selain ampuh, produk-produk tersebut merupakan produk yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan.

Kombinasi kedua produk tersebut akan membantu menghilangkan jamur pada furniture kayu termasuk yang menyerang pada area substratnya. Tampilan furniture kayu akan tetap terjaga dengan baik, nilai estetikanya tetap dapat ditonjolkan sehingga membuatnya tampak menawan.

Di Manakah Anda Bisa Mendapat Produk Anti Jamur Berkualitas Ini?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melalui kontak di website ini, atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industri Omnipresen secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya