Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu Partikel

Kayu partikel biasanya menjadi bahan utama lemari ataupun kitchen set. Karena masih banyak sumber makanan dan kelembaban udara tinggi, jamur suka tumbuh di kayu partikel. Inilah cara menghilangkan jamur pada kayu partikel.

Kayu partikel adalah hasil dari olahan serbuk kayu yang diberi bahan perekat dan kemudian di press. Kayu partikel adalah kayu alternatif dan merupakan solusi kelangkaan kayu saat ini. Selain sebagai alternatif yang baik dari kayu alam, harganya juga lebih terjangkau. Sehingga furniture pabrikan menggunakannya untuk menekan biaya produksi yang terlalu tinggi.

Kayu partikel seringkali terkena serangan jamur apabila terkena air atau diletakkan di tempat yang lembab dan kurang sinar matahari. Biasanya lemari kayu partikel dan kitchen set yang biasanya terkena serangan jamur.

Apakah Jamur Putih yang Tumbuh pada Lemari atau Kitchen Set Kayu Partikel Anda?

Jamur putih atau jamur permukaan berwarna putih yang halus, biasanya tumbuh pada lemari kayu partikel. Oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk segera memberikan penanganan yang tepat. Maka dari itu perlu bagi Anda mengetahui produk apa yang ampuh dan efisien. Anti jamur BioCide Wood Fungicide bisa jadi cara menghilangkan jamur pada kayu partikel yang efisien. Jamur yang tumbuh di permukaan kayu pada perabot kayu partikel di rumah Anda, seperti lemari kayu sangatlah merugikan. Perlucara menghilangkan jamur pada kayu partikelyang sangat efektif.

Ketika musim penghujan datang, jamur dapat tumbuh di semua tempat, tak terkecuali di perabot rumah anda yang berbahan dasar kayu partiekl. Jamur ini tumbuh subur karena ruangan anda mempunyai kelembapan udara yang tinggi dan juga kurangnya mendapatkan paparan sinar matahari.

Ketika jamur telah berkembang di peralatan rumah seperti lemari, buffet, rak tivi dan lain-lain yang terbuat dari kayu, walaupun sudah dibersihkan nantinya akan tumbuh kembali. Agar jamur pada furniture anda tidak tumbuh lagi, maka perlu adanya tindakan khusus untuk mengatasi dan mencegah tumbuhnya jamur tersebut.

Jamur yang telah tumbuh di lemari, bufet, meja, dan berbagai tempat lainnya pasti akan membuat jengkel, karena walaupun sudah anda dibersihkan, nantinya jamur tersebut tetap saja tumbuh kembali dengan cepat. Jika hal ini terjadi akan menyebabkan pakaian yang terdapat di dalam lemari menjadi kotor. Kalau sudah di tumbuhi jamur seperti itu secara otomatis akan menambah pekerjaan anda, yaitu mencuci kembali pakaian yang sudah anda cuci namun kotor karena jamur tersebut.

Perkembangan jamur ini dapat berlangsung dengan cepat sekali, dalam hitungan hari saja, maka jamur pun sudah bertebaran di setiap dinding lemari kayu partikel yang terletak di ruangan yang lembab dan kurang cahaya matahari. Hal ini mengharuskan pemiliknya untuk terus membersihkan lemari, namun selang beberapa hari jamur pun akan mudah dan cepat datang kembali. Pertumbuhan ini pun dapat terjadi pada bagian luar maupun dalam lembari, tentu sangat kotor dan jorok sekali lemari tersebut. Untuk itu dibutuhkancara menghilangkan jamur pada kayu partikel yang ampuh dengan produk anti jamur seperti BioCide Wood Fungicide.

Seperti Apakah Jamur yang Tumbuh pada Perabot Kayu Kelapa di Rumah Kita? Apa Saja Penyebabnya?

Dari dua pertanyaan tersebut kita ini dapat memulai suatu tindakan pencegahan, karena jamur dapat merusak struktur kayu dan serat. Hidup jamur bermula dari spora yang akan berkecambah dan tumbuh benang-benang. Benang tersebut tumbuh apabila spora jatuh di tempat yang lembab. Apabila spora ini jatuh pada permukaan kayu yang basah atau udara lingkungannya lembab, setelah berkecambah dan membentuk benang-benang, benang-benang ini akan menyerang kayu. Dari Ujung benang akan keluar semacam cairan yang bersifat seperti asam keras yang akan melunakkan kayu. Setelah kayu menjadi lunak, kayu akan diserap oleh benang jamur untuk kehidupannya.

Secara umum syarat hidup jamur ada 4 yaitu pertama terdapatnya makanan, dalam hal ini kayu menjadi sumber makanan jamur: kedua ada air, kayu yang mudah diserang jamur kayu yang memiliki kadar air sedikit di atas titik jenuh serat atau kayu basah; ketiga ada udara, berarti rongga sel kayu tidak dipenuhi oleh air; keempat suhu udara yang optimum yaitu antara 5 sampai 38° C.

Daerah tropika seperti Indonesia memiliki suhu yang optimum bagi jamur karenanya merupakan surga bagi kehidupan jamur, kecuali di puncak-puncak gunung yang tinggi seperti puncak gunung Jayawijaya yang selalu terselimuti dengan es. Dalam penggunaan praktek, kayu-kayu yang mudah terserang jamur yaitu segala macam tiang yang yang berhubungan langsung dengan tanah lembab (tiang rumah, tiang jembatan, tiang pagar, tiang listrik dan sebagainya), kusen dan pintu kamar mandi, papan dan kayu penyangga talang air.

Termasuk juga perabot kayu ditempat kurang cahaya yang lembab dan kurang perawatan. Selain mengkondisikan ruangan yang kering agar jamur tidak tumbuh, dan langkah inipun sebenarnya susah dikondisikan, maka perlu obat anti jamur untuk kayu untuk bangunan ataupun perabot kita dirumah yang berbahan kayu partikel.

Lakukan 3 Langkah Mudah Ini Untuk Menghilangkan Jamur Kayu

  1. Jauhkan kayu dari genangan air

Tujuan menjauhkan kayu dari sumber air atau genangan supaya menahan hawa yang lembab dari lantai atau ruangan, dengan begitu perabot/furniture kayu tidak mudah terkena jamur.

  1. Bukalah jendela kamar

Jika memiliki, maka usahakan rajin-rajin membuka jendela kamar pada setiap hari (pagi hingga sore), hal ini berguna agar menghilangkan hawa lembab yang ada pada ruangan, hawa yang lembab membuat jamur tumbuh dengan sangat cepat.

  1. Gunakan obat anti jamur yang bagus

Untuk membersihkan kusen kayu dan perabotan dari jamur permukaan, atau jamur yang tumbuh di permukaan, gunakan obat anti jamur permukaan, yakni disebut BioCide Surface Film Preservative. Apa iti obat anti jamur permukaan? Akan di ulas di bawah ini secara detail.

Demikianlah cara menghilangkan jamur pada kayu partikel, semoga dapat membantu persoalan Anda. Jika Anda membutuhkan obat anti jamur silahkan hubungi kami pada nomor yang tertera.

Artikel "Antijamur Kayu BioCide"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.