Harus Anda Tahu: Cara Mencegah dan Mengatasi MDF Berjamur

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi MDF berjamur?

kayu mdf

Pertanyaan di atas pastilah bukan pertanyaan asing yang Anda dengar. Terutama apabila Anda menggunakan bahan ini sebagai bagian dari pekerjaan atau memilikinya untuk kepentingan pribadi.

MDF atau Medium Density Fiberboard memang memiliki kelemahan dari segi ketahanannya pada jamur sebagaimana kayu olahan lain. Sifat bahan yang terdiri dari substrat yang dicampurkan, membuat MDF cepat menyerap kelembaban, jauh lebih lunak dibanding kayu solid, dan dengan demikian menjadi sasaran empuk jamur. Tanpa penanganan yang tepat, Anda akan menderita kerugian besar. Apa saja penanganan yang dimaksud? Empat hal di bawah ini seharusnya dapat menjawab kekhawatiran Anda.

4 Cara Mencegah dan Mengatasi MDF Berjamur

Menjaga Kelembaban Udara dan Substrat

Jamur tak akan pernah tumbuh apabila tidak ada air tersedia. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita meminimalisir sumber air, termasuk di dalamnya adalah kelembaban udara maupun kelembaban substrat. Kelembaban atau jumlah kadar air sebisa mungkin kita tekan dengan berbagai hal mulai dari yang sepele hingga yang tidak sepele.

Pertama, pastikan MDF selalu dalam kondisi kering, jauh dari sumber air langsung, dan segera dikeringkan apabila terpapar air. Cara-cara di atas sangat efektif untuk mencegah kelembaban substrat.

Sedangkan untuk menjaga kelembaban udara, pastikan ruangan memiliki sistem ventilasi yang baik. Anda juga bisa menggunakan penyerap kelembaban dalam kondisi khusus, misalnya ketika MDF dikirim dalam kemasan. Gunakanlah Container Desiccant Pole dan Silica Gel untuk mengatasi masalah ini. Letakkan juga Silica Gel di dalam perabot yang terbuat dari MDF.

Atasi Jamur Pada Rotan Dengan Anti Jamur BioCide

Iklan Biothane utama

Menjaga Kondisi Ruangan Selalu Higienis

Sebagaimana air, sumber makanan juga harus tersedia sebagai syarat jamur tumbuh. Oleh karena itu, menjaga kondisi ruangan selalu higienis adalah cara yang sangat penting agar MDF tidak berjamur.

Aplikasi Finishing

Cara Mencegah dan Mengatasi MDF Berjamur

Finishing atau pengecatan bukan hanya berfungsi sebagai usaha untuk memperindah media. Finishing juga akan menghalangi jamur tumbuh pada MDF.

Menggunakan Fungisida

Penggunaan fungisida dapat diaplikasikan sebagai cara mencegah dan mengatasi jamur pada MDF. Fungisida jenis tertentu seperti Film Preservative FPR36 dapat Anda campurkan ke dalam bahan finishing sehingga lapisan cat yang diaplikasikan benar-benar melindungi MDF. FPR36 juga dapat diandalkan untuk membasmi jamur yang sudah tumbuh pada material tersebut sehingga akan mengatasi permasalahan jamur yang memang telah menyerang.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn