Bagaimana Cara Mengatasi Jamur Warna Putih pada Kayu?

Mengatasi Jamur Warna Putih pada Kayu

Pada almari, meja, bufet, dan berbagai perabot dari kayu lainnya, tak jarang terlihat jamur warna putih yang tumbuh. Tak jarang pula, jamur tersebut terus tumbuh meski telah berkali-kali kita hilangkan. Bagaimana sebenarnya cara efektif untuk mengatasi jamur warna putih pada kayu tersebut?

Mencegah Jamur Warna Putih pada Kayu dengan FPR36

Penggunaan fungisida kayu atau antijamur jelas menjadi pilihan yang seyogyanya segera Anda tempuh. Bersihkan jamur yang menempel pada kayu, lalu usaplah area tersebut dengan fungisida yang Anda beli. Saran kami, gunakan fungisida yang memang didesain untuk mengatasi jenis jamur ini, Film Preservative FPR36. Kelebihan FPR36 selain memang didesain untuk bekerja pada kayu, juga efeknya yang lebih stabil dan tahan lama. Larutkan obat jamur kayu ini sesuai rekomendasinya, dan aplikasikan pada permukaan kayu yang terserang jamur, baik yang belum dicat maupun yang sudah dicat. Jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan pelindung seperti kacamata dan sarung tangan.

Untuk mencegah jamur tumbuh kembali, ikuti 4 langkah berikut ini.

Memastikan Sistem Ventilasi yang Memadai dan Baik

Adanya jamur warna putih (dan berbagai warna lainnya) sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor paling penting adalah ketersediaan air yang bisa didapat dari udara. Kadar air dalam udara atau biasa disebut kelembaban ini akan memicu spora jamur yang terdapat dalam ruangan untuk tumbuh. Metode yang Anda aplikasikan untuk mengatasi jamur warna putih pada kayu di atas akan sia-sia bila kelembaban udara di dalam ruangan masih begitu tinggi.

Untuk menjaga kelembaban udara agar rendah, pastikanlah sistem ventilasi sudah baik dan berjalan optimal. Bila perlu, gunakan kipas angin atau Air Conditioner di tengah ruangan yang lembab.

Iklan Biothane utama

Menjaga Kebersihan Ruangan

FILM PRESERVATIVE FPR36

Meski kelembaban udara termasuk tinggi, namun jamur tak akan tumbuh bila ruangan Anda bersih. Noda-noda yang terlihat maupun tak terlihat yang menempel pada kayu dapat menyebabkan jamur tumbuh di atas permukaan material tersebut. Karena itu, usahakan untuk membersihkan ruangan secara teratur.

Mengunakan Film Preservative FPR36

Selain dapat digunakan untuk mengatasi jamur warna putih pada kayu, FPR36 juga dapat digunakan untuk mencegah organisme tersebut. Caranya, campurkan FPR36 ke dalam bahan finishing. Namun bahan finishing atau cat yang Anda gunakan haruslah cat berbasis air. Cat berbasis air adalah cat yang dilarutkan dengan air, bukan thinner, spiritus, atau terpentin.

Menggunakan Penyerap Kelembaban

Langkah lain untuk mencegah jamur tumbuh pada kayu adalah menggunakan penyerap kelembaban. Bahan ini sangat krusial bila Anda mengirim kayu maupun produk kayu dalam kontainer untuk jarak yang jauh. Penggunaan penyerap kelembaban seperti Container Desiccant Pole akan memastikan produk kayu aman dari jamur sehingga Anda tidak menderita kerugian.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn