Tips Mencegah Jamur Pada Furnitur Bambu

Dewasa ini banyak orang mencoba melakukan apa yang mereka bisa agar rumah lebih ramah lingkungan. Ada banyak cara berbeda untuk melakukan ini, tapi tidak semua orang menyadari betapa mudahnya bersikap ramah lingkungan dengan dekorasi rumah Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan furnitur bambu saat Anda mengganti perabotan Anda.

Bambu merupakan sumber yang sangat terbarukan karena hanya membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk menumbuhkan kembali bambu yang telah dipotong. Ini dibandingkan dengan 50 atau lebih tahun untuk sebagian besar jenis kayu keras. Ini juga menyebar dengan sangat cepat, hampir seperti rumput liar, jadi tidak memakan waktu lama untuk tumbuh secara kuantitas.

Inilah sebabnya mengapa dianggap sebagai pilihan yang lebih ‘hijau’ daripada banyak jenis kayu lainnya. Manfaat lain adalah Anda tidak perlu menggunakan pestisida untuk menumbuhkannya, atau pupuk, jadi bambu biasanya merupakan produk furnitur organik dan menggunakannya akan membantu menjaga bahan kimia ekstra keluar dari lingkungan. Tidak akan ada juga residu pestisida pada furnitur Anda.

Ada beberapa jenis furnitur bambu yang tersedia, dan juga banyak gaya yang berbeda. Pastikan Anda mendapatkan barang yang sebenarnya, dan jangan meniru furnitur bambu. Anda bisa mendapatkan hampir semua perabot yang mungkin Anda butuhkan terbuat dari bambu. Furnitur ini tidak harus terlihat seperti terbuat dari bambu, karena banyak hal yang terbuat dari bambu bisa terlihat seperti terbuat dari kayu jenis apa pun, tanpa tampilan tubular yang dimiliki beberapa perabot bambu

Bambu tidak hanya ramah lingkungan, juga tahan lama dan tahan bengkak. Ini lebih tahan gores dibanding kayu keras sehingga bisa dipukuli. Furnitur yang dibuat dengan bambu bisa bertahan lama jika diperhatikan dengan baik. Anda bisa mengatasinya sama seperti perabot kayu keras lainnya, dan bisa digunakan di dalam ruangan atau di luar rumah asalkan Anda menjauhkannya dari kelembaban yang berlebihan, yang dapat merusaknya setelah terpapar dalam waktu lama.

Jadi lain kali Anda mempertimbangkan pembelian furnitur bambu, ditambah dengan perawatan yang benar agar terhindar dari jamur kayu agar lebih awet. Bagaimana merawat bambu dengan benar agar terhindar jamur? Sebelum kami menyampaikan lebih lanjut ikuti artikel ini lebih lanjut.

Apa sebenarnya alasan orang memilih furnitur bambu?

  1. Daya tahan

Furnitur bambu bisa tahan pemakaian sehari-hari. Ini jauh lebih tahan terhadap kerusakan daripada kayu keras tradisional. Bambu bahkan digunakan di talenan karena alasan ini; Ini bisa memakan pemukulan penggunaan pisau berulang-ulang dan tetap cantik, dan bambu lebih lembut pada pisau daripada kayu lainnya. Ini sangat berguna jika Anda berencana untuk memberi kursi bambu banyak penggunaan.

  1. Tahan Pembengkakan dan Penyusutan

Furnitur bambu tidak akan membengkak atau mengecil akibat perubahan atmosfer. Untuk alasan ini, furnitur bambu outdoor tahan terhadap perubahan dari udara yang lembab sampai kering dan perubahan suhu.

  1. Kekuatan

Inilah fakta yang keren: Kekuatan tarik bambu adalah 28.000 per inci persegi versus 23.000 untuk baja. Serat bambu juga digunakan untuk memperkuat material komposit. Apa kunci kekuatan bambu? Bambu tumbuh lurus; Tidak ada pohon lain yang tumbuh lurus seperti bambu. Ada “buku-buku jari”, namun varians ini konsisten dan padat dan tidak melemahkan struktur bambu.

Iklan Biothane utama

Saat dilaminasi, kekuatan bambu ditingkatkan, dan laminasi tersebut memberi lapisan lain pada keausan penggunaan. Perabotan bambu lebih kuat dari kebanyakan furnitur daripada yang Anda punya di rumah Anda. Alih-alih merasa bahwa Anda sedang menyelesaikan perabotan untuk tujuan yang baik, ingatlah bahwa Anda benar-benar mendapatkan furnitur yang lebih tahan lama saat Anda memilih furnitur bambu.

  1. Pilihan

Perabot rumah bambu hadir dengan lebih banyak variasi gaya dan finishing daripada sebelumnya. Perancang furnitur menggunakan bambu dalam desain inovatif, baik bahan bambu maupun komposit. Anda bisa menemukan kursi bambu, tempat tidur bambu, bangku bambu, papan tulis bambu dan lantai bambu, baru mulai. Mereka bahkan membuat lembaran bambu.

  1. Penampilan

Cita rasa atau gaya furnitur yang Anda sukai, tidak perlu dikompromikan saat Anda menambahkan furnitur dan aksesoris bambu yang modis ke rumah Anda.

5 alasan tersebut di atas tidak ada gunanya dan sia-sia ketika kita tidak merawat bambu dengan benar. Jika kita tidak merawat dengan benar dan kelembaban ruangan dimana perabot atau mebel bambu Anda diletakkan sangat tinggi, bambu Anda akan diserang jamur perusak. Jamur kayu perusak ini selain membuat bambu rapuh, juga merusak tampilan bambu yang eksotis.

Berikut ini penyebab bambu Anda jamuran dan tips mencegah jamur pada furnitur bambu yang perlu Anda perhatikan.

Tips Mencegah Jamur pada Furnitur Bambu

Pembentukan jamur, spora dan lumut pada permukaan bambu tidak jarang terjadi, terutama bila bambu tidak 100% kering, atau saat produk dikirim secara internasional ke dalam kontainer angkutan laut.

Jamur permukaan pada produk bambu hanya akan terjadi satu kali, mungkin dua kali sampai kadar air yang berlebihan di dalam bambu benar-benar menguap.

Spesies bambu seperti Phyllostachys aurea, sering diobati dengan nyala api (heat treatment) dan bambu tebal seperti Guadua angustifolia yang disembuhkan dari jamur dengan larutan boron.

Perlakuan panas diterapkan pada bambu hijau segar yang menghasilkan lebih banyak kandungan air di dalam cane setelah melalui boron treatment. Itu sebabnya beberapa produk jadi bambu awalnya lebih sensitif terhadap pembentukan jamur.

Namun, bambu yang diobati dengan baik dan kering mungkin mengalami jamur permukaan (mold/jamur putih halus) yang spektakuler. Jika wadah pengangkutan laut dimuat di lingkungan tropis, di mana udara hangat dan lembab, kemudian dikirim ke lingkungan di mana suhu jauh lebih dingin, kargo mungkin telah mengalami fenomena yang dikenal sebagai “keringat muatan” atau “hujan kontainer”. Waktu transit yang lama (sering 30 hari atau lebih) dan variasi suhu yang ekstrem dapat menyebabkan kondensasi di dalam wadah yang memicu pertumbuhan jamur permukaan pada bambu.

Apa yang menyebabkan jamur tumbuh di atas bambu?

  • Karbohidrat: Jamur berasal dari spora udara yang sangat halus yang ada di tubuh buah dan menyebabkan degradasi biologis bambu. Mereka memberi makan dari pati dan karbohidrat lainnya (gula) yang ada di batang bambu. Pada tahap lanjut, kerusakannya akan terlihat di permukaan bambu.
  • Oksigen: Sama seperti makhluk hidup lainnya di planet ini, jamur perlu bernafas. Membatasi pasokan oksigen akan menghambat pertumbuhannya. Beberapa jamur sekalipun, bisa bertahan pada kadar Oksigen yang sangat rendah asalkan mereka memiliki kelembaban tinggi.
  • Kelembaban isi: Jamur cinta lingkungan lembab! Tingkat kelembaban 40 sampai 80% sangat ideal untuk pertumbuhannya yang cepat.
  • Suhu: Jamur terasa paling nyaman pada suhu antara 25 ° C sampai 35 ° C.

Apa Jenis Jamur yang Biasa Serang Bambu?

  • Jamur Permukaan (mold)

Jamur bambu ini tumbuh di permukaan dan di ujung batang bambu. Meski terlihat spektakuler, mereka tidak memiliki pengaruh terhadap kekuatan bambu dan bisa dilenyapkan dengan mudah.

  • Jamur Pewarna (Fungi Stain, Blue Stain, Sapstain)

Jamur bambu ini bisa menembus bambu bulat dari ujung potongan silang. Serangan ditandai dengan warna biru / keabu-abuan warna hitam pada permukaan bambu, berbentuk bintik dan coretan. Ini mengurangi penampilan estetika namun tidak mempengaruhi sifat kekuatan bambu (kecuali pada kasus serangan yang parah).

  • Jamur Pembusuk (Decay Fungi)

Jamur bambu ini menyebabkan kerusakan yang paling serius dan tumbuh di dalam lumen sel. Enzim-enzim tersebut hanya mengurai selulosa dan hemiselulosa yang meninggalkan lignin yang mengarah ke pembusukan. Pelapukan awal sulit dideteksi. Bahkan sebelum perubahan warna atau penurunan berat menjadi jelas, sifat kekuatannya jauh berkurang, khususnya dampak dan kekuatan lentur. Kerusakan awal bisa ditandai dengan kelembaban pada bambu. Pada tahap-tahap selanjutnya kerusakan dapat dilihat dari batang lunak saat disentuh.

Cara satu-satunya mengatasi jamur-jamur tersebut agar bambu tahan lama dan tidak tumbuh lagi pada furnitur bambu adalah menggunakan obat anti jamur pada bambu, yakni BioCide Surface Film Preservative (SFP). Obat pembasmi jamur permukaan ini telah terbukti efektif menghilangkan jamur pada furnitur bambu. Obat anti jamur ini telah digunakan oleh para pengrajin furnitur bambu di berbagai daerah di Indonesia. Pabrik kerajinan rotan dan bambu juga menggunakannya dalam skala besar.

Cara Aplikasi Biocide Surface Film Preservative (SFP)

BioCide SFP fdformulasikan khusus untuk kebutuhan interior dan eksterior. Bahan aktif dari Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate) membuat kayu tidak mudah terserang jamur permukaan, lumut, dan bakteri. Hama-hama tersebut biasanya muncul karena kelembaban udara dalam ruangan tinggi, kebersihan ruangan yang tidak baik, sinar matahari, serta cuaca yang berubah-ubah. Dapat digunakan diberbagai jenis kayu (kayu keras, kayu lunak, mdf, triplek, plywood), bambu, rotan, serat alam, dll.

Keunggulan

  • Dapat dicampur dengan air dan bahan finishing kayu (water based system).
  • Stabil dan efektif pada lapisan coating.
  • Ramah lingkungan.
  • Dapat dilakukan dengan cara dispray dan kuas.

Cara Aplikasi

Obat anti jamur permukaan BioCide SFP dapat digunakan untuk menghilangkan jamur dan mencegah tumbuhnya jamur pada furniture. Caranya bisa langsung dioleskan atau dicampur bahan finishing atau cat.

Cara Untuk menghilangkan jamur yang tumbuh pada furninture:

  • Keluarkan furniture/perabot Anda dari ruangan.
  • Bersihkan jamur yang masih menempel dengan lap.
  • Larutkan BioCide FSP ke dalam wadah, lalu campur dengan air bersih dengan perbandingan 1:50 untuk kemasan 130 gr (campur dengan air sekitar 10-13 liter).
  • Kuaskan ke seluruh permukan mebel/perabotan Anda.
  • Keringkan dengan diangin-anginkan saja.

BioCide SFP juga dapat diaplikaskan saat finishing kayu. Caranya dicampur dengan bahan finishing atau cat kayu agar tahan jamur lebih tahan lama:

  • Siapkan kayu yang akan difinishing/dicat.
  • Siapkan cat kayu waterbased (bisa wood stain ataupun top coat), lalu campurkan BioCide SFP dengan perbandingan 1-2%.
  • Kuaskan atau semprot cat yang sudah dicampur anti jamur BioCide SFP sesuai kebutuhan Anda.

Untuk info lebih lanjut tentang produk bisa langsung menghubungi nomor yang tertera pada website ini. Demikian tips mencegah jamur pada furnitur bambu, selamat mencoba!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn