Bantal Bau Sebabkan Masalah Tak Terduga, Ini Cara Mencegahnya

Bantal bau menjadi isu yang dianggap tabu dibicarakan. Padahal, keberadaan bantal seperti ini merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dalam ruangan.

Pertama, kelembaban. Kelembaban yang tinggi sebenarnya hal yang wajar di Indonesia. Sebab negara ini adalah negara tropis. Namun, kadang kelembaban di dalam ruangan naik tanpa kompromi. Penyebabnya bisa karena ventilasi yang salah hingga ketiadaan ventilasi sama sekali. Di rumah-rumah perkotaan, hal seperti ini sering dijumpai sehingga menimbulkan kamar apek dan lembab.

Kedua, kebiasaan yang buruk. Kebiasaan yang buruk juga bisa menjadi penyebab munculnya fenomena ini. Karena, meski sistem ventilasi sudah dibuat baik sekalipun, bantal tetap bisa kotor dan lembab bila tak dibersihkan dan dijemur secara berkala.

Sampai di sini, barangkali Anda berpikir bahwa ini masalah sepele. Toh, tinggal dibersihkan saja bukan? Lantas banyak di antara kita yang menyepelekannya. Padahal, ada berbagai dampak buruk yang bisa terjadi bila kita menggunakan bantal yang kotor dan berbau tak sedap.

5 Dampak Akibat Bantal Bau

1. Gangguan Sistem Pernafasan

Bau tidak enak yang menguar pada bantal bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kotoran sampai spora jamur. Coba perhatikan baik-baik sarung dan permukaan bantal. Bila ada semacam titik hitam yang merata, maka barang Anda tersebut ditumbuhi jamur.

Jamur ataupun kotoran menempel dengan keras pada bahan kain disebabkan kelembaban tinggi dalam waktu yang lama. Dan kedua kotoran penyebab bau tak enak ini bisa menimbulkan gangguan pernafasan. Apalagi bila Anda punya alergi spora jamur. Anda akan merasa sering pusing ketika tidur sebab menghirup jamur terus-menerus.

2. Mood Turun

Bantal bau juga bisa menyebabkan mood turun. Coba bayangkan. Pagi-pagi, pagi-pagi anak Anda hendak ke sekolah. Namun, semalam ia menghirup spora dan kotoran yang menguar dari bau bantal. Belum lagi, ketika bangun ia sudah mencium bau yang tidak enak.

Bantal Bau

Kombinasi tersebut pada akhirnya membuat mood anak menjadi turun. Anak akan lesu dan kurang bersemangat sebab tidak memulai harinya dengan ideal.

3. Bagian lain Turut Bau

Bau yang menguar dari perlengkapan tidur itu juga bisa menyebabkan sprei hingga guling tertular. Ini terjadi terutama bila penyebab bau tersebut berasal dari spora.

Lama-kelamaan, spora jamur akan terus menyebar. Ia akan jatuh ke ranjang bahkan hingga tembok Anda. Bila dibiarkan begitu saja, maka ruangan Anda akan sangat apek. Dan tentu saja hal ini akan membuat kondisi yang dijelaskan di poin 1 dan 2 semakin parah.

4. Rambut Apek

Bukan hanya sprei dan bantal yang jadi apek, bantal bau pun bisa menyebabkan rambut Anda kusam, lembab, dan berbau tidak enak. Apalagi bila cuaca sedang panas.

Bayangkanlah, Anda tidur di ruangan dengan ventilasi minim dengan bantal yang lembab serta apek? Keringat Anda akan meresap pada bantal. Bau yang ditimbulkan akan semakin tidak keru-keruan. Dan pada akhirnya, rambut Anda yang juga akan menjadi korban keapekan tersebut.

5. Persepsi Buruk

Kadang-kadang, kerabat atau sahabat kita akan mampir ke kamar. Bisa jadi mereka ingin curhat dari hati ke hati dengan Anda. Atau, mereka sedang mencari Anda di mana.

Bila mereka melihat bantal bau yang biasanya juga terlihat hitam kotor, persepsi mereka pada diri kita pasti menurun. Kita akan dicap jorok dan pemalas.

Cara Mengatasi Bantal Bau dan Pencegahannya

Di atas, kita sudah membahas fenomena bantal yang mengeluarkan aroma tidak sedap. Kita sudah membahas mengenai kemungkinan kelima yang menyebabkannya. Nah, agar hal tersebut bisa segera diatasi atau bahkan dicegah, yuk simak solusinya di bawah ini.

1. Bersihkan dengan Kain Lap dan Air Hangat

Katakanlah bantal Anda sudah terlanjur apek dan menghitam karena kotor. Dalam kondisi ini, sebaiknya kita membersihkan dulu sebisa mungkin. Memang tidak mudah. Sebab bantal tidak bisa dicuci begitu saja. Bila dipaksakan dicuci, maka hasilnya pasti akan rusak.

Oleh karena itu, coba bersihkan pelan-pelan. Anda bisa menggunakan kain lap atau sikat yang lembut. Setelah itu, siapkan air hangat atau air yang dicampur sedikit sabun. Pelan-pelan bersihkan bantal itu dan jemur hingga benar-benar kering.

2. Keringkan di Udara Terbuka

Sejak zaman dulu, kakek dan nenek kita sudah memiliki kebiasan mengeringkan peralatan tidur mereka. Kasur, guling, dan sprei pun termasuk di udaranya.

Benda-benda itu dijemur langsung di bawah terik matahari. Kemudian, kasur, guling, dan bantal, akan dipukul-pukul menggunakan pemukul khusus. Fungsi pemukul ini adalah untuk mengeluarkan debu yang berada dalam kasur atau bantal tersebut.

Cara ini pun masih recommended diterapkan sekarang. Bila dilakukan berkala, masalah bau bantal pasti bisa diatasi dengan cepat.

3. Bersihkan Seluruh Kamar

Apeknya bantal seperti dijelaskan di atas,kadang bukan hanya disebabkan oleh kotoran, melainkan oleh jamur. Dan bila jamurlah yang meyebabkannya, maka kita perlu meminimalisir jumlah spora jamur yang sudah terekspos di ruangan.

Dengan kata lain, Anda perlu melakukan pembersihan yang menyeluruh. Jadi, setelah bantal dibersihkan dan dikeringkan pada poin 1 dan 2, Anda bisa kembali meletakkannya di ruangan yang bersih.

4. Pastikan Ventilasi Kamar Bagus

Ventilasi juga harus diusahakan. Bila Anda tinggal di perumahan sempit, pertimbangkanlah menggunakan ventilasi atap. Sebagaimana namanya, ventilasi ini dimaksudkan agar ruangan mendapatkan angin segar dari luar.

5. Gunakan Container Desiccant Cegah Bantal Bau

Penyerap Lembab Untuk Kamar

Untuk ruangan yang benar-benar tak ada ventilasinya (atau sedikit dan tidak berfungsi), Anda bisa mempertimbangkan container desiccant. Container desiccant adalah penyebab kelembab ruangan.

Container desiccant juga sudah kami sediakan di antijamur.net lho. Aslinya, produk ini didesain sebagai penyerap kelembaban kontainer. Namun, ia juga sangat baik digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Container desiccant akan membuat ruangan jadi kering. Dan sebagai akibatnya, fenomena bantal bau bisa benar-benar diminimalisir.

Kontak dan Pemesanan

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk yang kami sediakan di sini. Ada berbagai opsi kontak yang bisa Anda pilih. Ingin menelepon? Bisa. Ingin WA saja? Tentu boleh. Anda juga tak perlu segan mengontak kami via email dan lainnya.

Silahkan menanyakan pertanyaan yang membuat Anda penasaran. CS kami akan memberikan jawaban yang Anda minta. Bahkan bila perlu, Anda bisa bertanya ke teknisi kami yang sehari-hari menguji dan membuktikan keunggulannya di lapangan.

Sedangkan bila Anda berminat membeli, Anda bisa ke Bio Service Point dan agen-agen kami. Untuk sekarang, Bio Service Point berlokasi di Yogya, Jepara, Cirebon, dan masih akan terus berkembang. Sedangkan agen kami telah tersebar merata ke berbagai kota di Indonesia.

Nah, bila Anda ingin membeli secara daring saja, Anda bisa memesan ke CS kami. CS kami akan melayani pemesanan Anda dengan senang. Jadi tunggu apa lagi?

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.