Penyerap Kelembaban Yang Tidak Mudah Bocor di Kontainer

Pernahkah ketika pengiriman ke suatu daerah barang yang dibawa rusak? Hal ini sering terjadi jika tidak memperhatikan cara penyimpanan yang tepat ketika loading. Terlebih jika pengiriman barang tertahan di pelabuhan karena cuaca yang buruk sehingga bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Jika demikian, barang bahkan bahan yang mudah dikonsumsi akan cepat rusak karena tidak memperhatikan penyimpanan yang tepat.

Tidak hanya ketika pengiriman barang saja melainkan juga saat penyimpanan barang seperti di gudang atau yang lainnya. Apabila tidak memperhatikan faktor kelembaban udara maka kualitas barang akan mudah rusak. Begitu pula ketika saat penyimpanan di kontainer yang sangat membutuhkan penyerap kelembaban untuk mengatur keadaan kelembaban udara sesuai untuk penyimpanan barang tersebut. Pastikan untuk memilih penyerap kelembaban terbaik yang tidak mudah bocor di kontainer.

Penyerap Kelembaban Yang Baik Untuk Kontainer

Barang yang terbuat dari bahan elastis atau kulit sangat mudah rusak diakibatkan oleh jamur atau  bakteri. Faktor perusak tersebut sangat mudah muncul ketika keadaan kelembaban udara terlalu tinggi. Tidak hanya jamur, jika penyimpanan barang berada di gudang berada dalam keadaan udara yang lembab maka tidak menutup kemungkinan serangga juga akan muncul. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada barang-barang yang disimpan bukan?

Ruang penyimpanan tidak boleh disetting sembarangan begitu saja, harus memenuhi beberapa hal misalkan keadaan suhu, kelembaban udara dan lain sebagainya. Sehingga barang atau produk yang disimpan tidak mudah rusak diakibatkan oleh serangga, jamur, bakteri atau faktor perusak lainnya. Begitu pula pada ruang penyimpanan yang tertutup rapat, harus memenuhi berbagai hal tersebut.

Berbeda halnya dengan bahan yang basah seperti daging dan lainnya justru suhu rendah agar bahan tersebut tetap awet dan tidak mudah tercemar bakteri. Ruang penyimpanan dengan memperhatikan suhu, kelembaban dll diantaranya adalah ruang penyimpanan makanan kering, sepatu, pakaian dan masih banyak lagi terutama barang yang  disinggung diatas yakni yang terbuat dari bahan karet yang memang sangat rawan terserang jamur ketika kelembaban udara sangat tinggi.

Memperhatikan keadaan suhu dan kelembaban udara tidak hanya pada ruang penyimpanan seperti gudang saja melainkan juga pada kontainer ketika akan pengiriman barang. Ketika pengiriman barang maka akan timbul kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan barang tersebut mudah rusak. Diantaranya ketika akan pengiriman barang antar pulau dan akhirnya harus tertahan di pelabuhan karena cuaca yang buruk. Cuaca buruk seperti badai akan menyebabkan kelembaban dalam kontainer semakin naik sehingga menyebabkan keadaan dalam kontainer menjadi tidak stabil dan memungkinkan barang atau produk rusak. Sebaliknya, keadaan suhu juga bisa menyebabkan kelembaban semakin turun. Hal tersebut juga tidak baik untuk produk yang disimpan terlalu lama karena menyebabkan embun air.

Untuk menghindari terjadinya kondensasi maupun oksidasi pada saat pengiriman barang, alangkah baiknya untuk menaruh beberapa penyerap kelembaban seperti silica gel atau dessicant pole. Keduanya akan membantu menyerap kelembaban dalam ruangan namun jika menginginkan kinerja penyerap kelembaban bekerja dengan maksimal maka gunakan dessicant pole. Sebab, dessicant pole merupakan penyerap kelembaban yang tidak mudah bocor di kontainer.

Penyerap Kelembaban Yang Tidak Mudah Bocor di Kontainer

Penyerap kelembaban sangat dibutuhkan untuk berbagai hal namun tidak banyak orang yang memanfaatkannya. Penyerap kelembaban banyak dibutuhkan oleh industri namun sebenarnya juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-harinya. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti dan kegunaan dari penyerap kelembaban udara tersebut.

Penyerap Kelembaban Yang Tidak Mudah Bocor di Kontainer

Terlepas akan hal tersebut, penyerap kelembaban paling banyak dibutuhkan oleh industri ketika saat pengiriman barang. Dalam pengiriman barang tersebut banyak hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah cuaca dan kelembaban udara. Sebab, kedua faktor tersebut menjadi masalah yang paling banyak dijumpai ketika akan pengiriman barang. Maka dari itu, ketika loading atau sebelum pengiriman barang sebaiknya untuk melihat dan memperhatikan perkiraan cuaca pada daerah tujuan. Alangkah baiknya untuk mensetting kelembaban udara dalam kontainer lebih dari 80% untuk menghindari terjadinya kondensasi ketika kelembaban udara menurun atau sebaliknya. Dan alangkah baiknya untuk menggunakan dessicant pole yang aktif menyerap kelembaban dalam kontainer baik berkapasitas sedang hingga besar.

alterntif text

Dessicant pole merupakan penyerap kelembaban udara yang tidak mudah bocor di kontainer karena dikemas dengan bahan-bahan yang kuat. Selain itu, dessicant pole ini sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan maupun mengurangi kualitas dari produk tersebut.

Penyerap kelembaban ini bisa menyerap kelembaban yang memiliki 200% dari berat kontainer itu sendiri. Dengan demikian, kelembaban udara dalam kontainer akan tetap stabil selama pengiriman barang. Dessicant pole tersebut didesain bisa menyerap uap air dan bisa berubah menjadi gel, meskipun demikian penyerap kelembaban ini akan tetap aman digunakan.

Tidak hanya digunakan untuk penyerap kelembaban pada gudang maupun kontainer saja, dessicant pole tersebut juga bisa digunakan untuk menyerap kelembaban pada kamar, lemari dan lain sebagainya. Seperti yang kita ketahui bahwa ruang-ruang tersebut sangat rentan terhadap keadaan udara yang lembab terlebih lemari yang terbuat dari kayu. Keadaan suhu rendah dan pada akhirnya menyebabkan udara yang lembab juga akan berpengaruh pada lemari, alhasil keadaan lembari menjadi lembab dan menimbulkan bau yang pengap. Tidak menutup kemungkinan lemari tersebut akan mudah berjamur atau bahkan terserang serangga perusak kayu seperti rayap. Maka dari itu, dessicant pole tidak hanya digunakan untuk kebutuhan industri melainkan juga untuk kebutuhan rumah tangga.

Penggunaan dessicant pole tersebut sangat mudah sebab Anda cukup menggantungkannya pada dinding kontainer, gudang, kamar dll. Jika ruangan memiliki ukuran sekitar 20 feet maka gunakan 6 hingga 10 unit dessicant pole sedangkan ruangan memiliki ukuran 40 feet maka gunakan 10 hingga 15 unit. Robek plastik sesuai dengan petunjuk yang ada dalam kemasan kemudian gantungkan ke dinding dan letakkan dengan jarak yang sama.

Dessicant pole ini sangat disarankan untuk berbagai hal baik kontainer, gudang dll karena kandungan bahannya yang aman sebab telah memenuhi standar regulasi keamanan internasional seperti SGS International. Sehingga dessicant pole tersebut bisa digunakan untuk pengiriman barang antar negara. Seperti yang kita ketahui bahwa berbagai negara di dunia terlebih negara-negara maju seperti di sebagian Asia, Amerika maupun Eropa sangat memperhatikan keamanan bahan dan bahkan memiliki regulasi sendiri.

Penyerap kelembaban ini memberikan keuntungan tersendiri karena mampu mencegah resiko kerusakan yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri ketika disimpan dalam waktu yang lama. Selain itu, dessicant pole tersebut bisa menghambat pengaratan atau proses oksidasi karena keadaan udara yang sangat lembab.

Untuk penggunaan dessicant pole seperti halnya dengan silica gel yang mana harus di cek secara berskala karena memiliki masa aktif. Apabila sudah tidak aktif maka alangkah baiknya untuk segera menggantinya dengan yang baru.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn