Penyerap Kelembaban Daya Serap Tinggi

Penyerap kelembaban biasanya banyak digunakan untuk mengawetkan barang atau bahan agar bertahan lama selama penyimpanan. Penyerap kelembaban yang sering digunakan adalah silica gel atau dessicant pole. Keduanya memang sama-sama memiliki peran sebagai penyerap kelembaban namun kapasitas yang digunakan cukup berbeda.

Silica gel pada umumnya hanya digunakan untuk menyerap kelembaban pada kapasitas barang berjumlah terbatas misalkan hanya untuk sepatu, tas dll. Sedangkan dessicant pole merupakan penyerap kelembaban daya serap tinggi yang mampu digunakan untuk ruangan, kontainer, gudang dan lain sebagainya. Jika Anda menginginkan penyerap kelembaban yang digunakan untuk mengirim atau menyimpan barang, alangkah baiknya untuk menggunakan dessicant pole. Sebab, silica gel tidak cukup efektif jika digunakan untuk menyerap kelembaban pada ruang yang cukup luas.

Kegunaan Penyerap Kelembaban Daya Serap Tinggi

Silica gel dan dessicant pole memang berbeda dari segi kegunaannya namun fungsinya hampir sama yakni sebagai penyerap kelembaban. Sebelum mengetahui tentang dessicant pole maka ada baiknya jika membahas mengenai jenis silica gel. Sebab, silica gel menjadi bahan utama dari dessicant pole maka dari itu mengetahui bahan yang aman akan lebih baik sebelum asal menggunakannya begitu saja.

 Penyerap Kelembaban Daya Serap Tinggi

Silica gel memiliki perbedaan jenis yang cukup terlihat jika dilihat dari segi warnanya. Ternyata tidak semua jenis silica gel aman digunakan karena ada silica gel yang berbahaya yakni silica gel biru. Silica gel ini terbuat dari Cobalt Chloride yang mana memiliki sifat karsiogenik atau penyebab utama dari kanker. Maka dari itu, penggunaan silica gel biru tidak boleh disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Sedangkan silica gel yang aman digunakan adalah silica gel putih dan silica gel natural. Kedua silica gel ini cukup berbeda bahkan dari tampilan warnanya. Silica gel putih merupakan silica gel yang terbuat dari natrium silikat (NaSO2) yang diproses secara bertahap. Meskipun mengandungan Methyl Violet yang juga dikategorikan sebagai kandungan yang bersifat karsiogenik namun silica gel ini sudah dipastikan aman bahkan sering digunakan untuk produk farmasi. Sedangkan silica gel natural terlihat sangat berbeda karena tampilannya yang tidak transparan seperti silica gel pada umumnya, silica gel ini terlihat semacam gumpalan material dengan warna krem, kecoklatan maupun keabuan. Hal ini dikarenakan silica gel natural terbuat dari mineral yang diproses secara alami. Bahkan silica gel ini sudah mendapatkan label ‘Food Grade’ sehingga dipastikan aman untuk penyerap kelembaban pada makanan, obat-obatan maupun hal yang bisa dikonsumsi lainnya.

Terlepas dari jenis silica gel tersebut, penyerap kelembaban daya serap tinggi yakni dessicant pole terdiri dari silica gel yang aman untuk digunakan sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan maupun mengurangi kualitas dari suatu produk. Lalu apa sih kegunaan dari dessicant pole?

Berikut beberapa kegunaan dan fungsi dessicant pole yang bisa Anda perhatikan:

  • Dessicant pole memiliki kemampuan untuk melindungi barang atau bahan yang akan dikirim ke suatu daerah atau negara dengan aman. Pasalnya, suatu daerah atau negara pada umumnya akan mengalami perubahan kelembaban sehingga akan mempengaruhi kualitas dari produk tersebut. Tidak hanya selama digunakan pengiriman saja, dessicant pole juga bisa digunakan untuk penyimpanan seperti gudang dll.
  • Mencegah atau mengurangi resiko kerusakan yang diakibatkan oleh jamur atau bakteri perusak selama produk tersebut disimpan.
  • Menghambat proses oksidasi yang diakibatkan oleh molekul air yang cukup tinggi di udara

Dessicant Pole Yang Mampu Menyerap Kelembaban Tinggi

Dessicant pole merupaka penyerap kelembaban daya serap tinggi yang terdiri dari bahan-bahan chemical absorbent yang mana sudah terbukti sangat efektif untuk menyerap kelembaban udara. Penyerap kelembaban ini sering digunakan untuk menyerap kelembaban pada ruang yang luas seperti gudang, kamar, lemari, kontainer dan lain sebagainya.

Iklan Biothane utama

 Penyerap Kelembaban Daya Serap Tinggi

Daya serapnya tinggi memugkinkan untuk menyerap kelembaban 2 kali lebih berat dari berat beban kontainer itu sendiri. Sehingga wajar saja jika dessicant pole sangat cocok digunakan untuk menyerap kelembaban ketika pengiriman barang. Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa barang yang dikirim kemungkinan akan mengalami perubahan suhu maupun kelembaban sehingga memungkinkan barang yang dibawa tersebut rusak. Hal ini juga akan memicu tumbuhnya jamur atau bakteri perusak yang akan merusak kualitas dari barang terutama bahan yang mudah untuk dikonsumsi.

Mengingat pengiriman barang ke luar negeri maka diingatkan keamananan bahan yang digunakan pada suatu produk. Karena terdapat beberapa negara seperti negara maju baik di Asia, Eropa maupun Amerika sangat memperhatikan keamanan bahan sehingga ketika harus ekspor barang harus dipastikan bahwa produk atau komponen lainnya aman dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Nah, dessicant pole ini sudah dijamin aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan maupun kerusakan lingkungan lainnya.

Sebelum pengiriman barang alangkah baiknya untuk mengukur suhu dalam kontainer terlebih dahulu. Banyak diantara pemborong yang kurang memperhatikan akan hal ini akibatnya barang akan mudah rusak ketika tertahan di pelabuhan atau bandara. Pastikan ketika loading, keadaan kelembaban udara dalam kontainer relatif lebih dari 80%. Hal ini untuk mencegah perubahan kelembaban udara yang relatif turun. Jika demikian, kegunaan dessicant ini akan tetap menjaga keadaan suhu yang sama atau lebih rendah sehingga akan mengurangi akibat dari kondensasi.

Ketika digunakan untuk pengiriman barang atau penyimpanan pada suatu gudang alangkah baiknya menggunakan dessicant pole sekisar 6 hingga 10 unit untuk kontainer berukuran 20 feet. Sedangkan kontainer dengan ukuran 40 feet sebaiknya gunakan dessicant pole sekisar 10 hingga 15 unit. Kemudian taruh dessincat pole dengan cara digandungkan pada dinding kontainer dengan jarak yang sama. Buka plastik dari dessicant pole sesuai dengan petunjuk yang ada kemudian tutup rapat kontainer atau gudang tersebut.

Dessicant pole ini berbeda dengan penyerap kelembaban lainnya sebab memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk sejenis. Diantaranya, dessicant pole ini sangat efektif dan efisien untuk menyerap kelembaban udara di dalam ruangan yang luas. Penyerap kelembaban daya serap tinggi tidak berasa dan tidak berbau karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya bahkan sudah terbebas dari DMF. Selain itu, dessicant pole juga sudah memenuhi standar regulasi keamanan internasional seperti SGS International sehingga penyerap kelembaban ini dipastikan aman digunakan untuk pengiriman barang ke setiap negara di dunia.

Penting untuk mengetahui kualitas dan keunggulan dari produk penyerap kelembaban pasalnya banyak produk yang mampu menyimpan barang namun kualitas barang cepat rusak dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui produk penyerap kelembaban ini dipastikan memperhitungkan kembali baik kualitas serta keamanan bahan yang digunakan.

Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan agar tidak mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar serta tidak mengakibatkan gangguan kesehatan.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn