Penyerap Kelembaban Bandung

Bandung menjadi salah satu kota yang banyak diminati oleh wisatawan karena pemandangan alamnya. Tidak hanya pemandangan alamnya yang menarik perhatian banyak wisatawan, Bandung menjadi salah satu kota yang memproduksi berbagai kebutuhan seperti pakaian,jaket, sepatu, tas dan lain sebagainya. Dan bahan baku yang banyak digunakan pada sepatu maupun jaket adalah kulit.

Bandung memiliki tingkat kelembaban yang tinggi sehingga penyimpanan barang produksi harus diperhatikan tingkat kelembaban dan suhu pada gudang. Hal ini penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada barang yang disimpan. Nah,untuk mengatasinya maka Anda bisa mencoba menggunakan penyerap kelembaban Bandung yang sudah dijamin berkualitas baik dan tidak berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan.

Barang Berbahan Kulit dari Bandung

Ibu kota dari Jawa Barat ini memang memiliki nuansa yang adem dan menyejukkan karena sekitarnya yang perbukita. Bandung juga dikenal dengan tempat orang berkarya misalkan pakaian, sepatu, jaket dan lain sebagainya. Produk-produk dari Bandung tersebut banyak dipasarkan ke seluruh kota-kota di Indonesia dan tidak sedikit pula dipasarkan hingga ke luar negeri. Kualitas produk dari Bandung juga tidak kalah baik dengan produk-produk luar negeri sehingga wajar saja jika peminat produk Bandung cukup fantastis.

Produk yang biasanya diproduksi di Bandung diantaranya adalah sepatu baik yang terbuat dari bahan kain hingga kulit. Semua bahan tersebut memiliki peminat masing-masing sehingga produk sepatu sangat laris diminati. Apabila Anda membeli sepatu maka Anda akan menemukan penyerap kelembaban di dalamnya yakni silica gel. Apa sih silica gel?

Silica gel merupakan penyerap kelembaban berbentuk butiran-butiran kecil dan pada umumnya memiliki warna transparan. Silica gel ini sangat efektif untuk menjaga kualitas sepatu agar tidak mudah rusak diakibatkan oleh jamur, bakteri atau faktor perusak lainnya. Terutama pada sepatu berbahan kulit  yang notabene sangat riskan, jika ingin menyimpan sepatu berbahan kulit agar bertahan lebih lama maka Anda bisa manfaatkan silica gel. Yang biasanya akan mudah berjamur karena udara yang lembab, dengan silica gel keadaan sepatu akan tetap awet selama disimpan.

Penyerap kelembaban Bandung tersebut hanya untuk penyimpanan barang secara individual, lalu bagaimana untuk penyimpanan barang seperti gudang atau ketika pengiriman barang menggunakan kontainer? Penyimpanan barang seperti gudang dan kontainer tentu tidak mungkin menggunakan silica gel, bukan? Kalaupun menggunakan silica gel tentu kapasitas yang dibutuhkan sangat lah banyak mengingat ruangnya yang sangat luas.

Penyerap Kelembaban Bandung

Penyerap kelembaban yang cocok digunakan untuk gudang penyimpanan sepatu sebaiknya menggunakan dessicant pole yang sudah dipastikan sangat efektif untuk menyerap kelembaban pada ruang yang cukup luas.

Penyerap Kelembaban Bandung Efektif Untuk Gudang Sepatu

Penyerap kelembaban untuk barang individual atau digunakan untuk ruang pribadi seperti lemari memang sangat baik jika menggunakan silica gel. Jika Anda menginginkan penyimpanan barang pribadi atau untuk menyerap kelembaban pribadi maka sebaiknya menggunakan silica gel yang aman. Tidak semua silica gel aman digunakan baik untuk penyimpanan barang maupun bahan yang mudah dikonsumsi. Sebaiknya hindari penggunaan silica gel biru atau pink karena penyerap kelembaban tersebut mengandung bahan karsiogenik atau bahan yang memicu kanker sehingga sangat membahayakan kesehatan jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Seperti yang diulas sebelumnya, apabila digunakan untuk penyimpanan barang atau menyerap kelembaban pada ruang yang cukup luas seperti ruang pada bangunan maka gunakan dessicant pole. Terutama untuk penyimpanan sepatu yang notabene juga sangat riskan terhadap jamur, baketri dan faktor lainnya. Jika sepatu sudah terserang jamur atau bakteri tentu kualitas dari sepatu tersebut akan jatuh begitu saja dan dampak akhirnya adalah perusahaan akan mengalami kerugian yang cukup besar.

Penyerap kelembaban Bandung ini sangat efektif menyerap kelembaban karena mampu menyerap 2 kali lipat dari kapasitas dalam gudang. Penyerap kelembaban dessicant pole ini juga dipastikan aman karena terbuat dari kombinasi chemical absorbent dan bebas dari DMF. Tidak hanya itu, dessicant pole juga sudah melalui tahap uji dan sesuai dengan standar regulasi keamanan SGS International sehingga sangat baik digunakan untuk pengiriman barang ke berbagai negara. Berbagai negara memang sangat memperhatikan keamanan dari suatu produk mulai dari kandungan bahan serta pengemasan. Sehingga tidak salah jika beberapa regulasi menjadi acuan ketika digunakan untuk pengiriman barang ke beberapa negara. Pada umumnya, negara maju lah yang sangat memperhatikan kualitas serta keamanan barang namun saat ini negara berkembang pun juga memprioritaskan mengenai masalah ini mengingat kesehatan serta lingkungan. Bahkan negara di Amerika maupun Eropa memiliki standar regulasi sendiri sehingga ketika akan mengirim barang, pastikan kandungan bahan serta pengemasan sesuai dengan standar regulasi tersebut.

Jika mengulas mengenai pengiriman barang seperti sepatu maka kita akan diingatkan dengan kondisi cuaca yang notabene selalu berubah, terutama ketika pengiriman ke negara empat musim. Maka dari itu, kondisi dalam kontainer harus disesuaikan agar tidak mengalami kondensasi ketika kelembaban udara  menurun atau sebaliknya. Sebab, perubahan cuaca yang tiba-tiba tersebut dapat memicu kelembaban udara juga berubah sehingga akan berakibat pada sepatu yang dikirim.

Sebaiknya ketika loading atau persiapan barang maka ada baiknya mensetting kondisi kontainer dengan kelembaban udara standar atau lebih tinggi. Sangat disarankan untuk mengatur kelembaban udara lebih dari 80%, hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kondensasi selama kelembaban udara menurun. Dessicant pole tersebut tidak hanya bekerja pada kelembaban udara yang tinggi melainkan juga saat mengalami kondensasi.

Penyerap Kelembaban Bandung

Penggunaan dessicant pole ini juga cukup sederhana untuk diterapkan. Apabila digunakan untuk pengiriman barang maka atur terlebih dahulu kondisi kontainer mulai dari suhu hingga kelembaban udara. Kemudian robek dessicant pole sesuai dengan petunjuk yang ada kemudian gantungkan pada setiap dinding di kontainer, alangkah baiknya jarak antar dessicant pole sama sehingga proses penyerapan akan bekerja secara maksimal. Setelah menggantungkan dessicant pole di setiap dinding kontainer, kemudian tutup rapat pintu agar udara dari luar tidak masuk. Udara di luar kontainer sangat memungkinkan membawa bakteri atau benih jamur sehingga apabila dengan leluasa masuk ke dalam kontainer akan membahayakan sepatu selama pengiriman.

Dessicant pole ini tidak mudah bocor karena selama proses menyerap molekul air yang bebas di udara dan sudah mencapai kapasitas maksimal, penyerap kelembaban ini akan berubah menjadi gel sehingga tidak akan bocor ke kontainer. Karena masa aktifnya yang tidak permanen maka alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu masa aktif dari dessicant pole. Sebaiknya, secara berskala melihat kondisi barang sekaligus dessicant pole. Apabila penyerap kelembaban tersebut sudah berubah menjadi gel maka segera mungkin untuk menggantinya. Namun pada umumnya, dessicant pole bisa bertahan hingga berminggu-minggu selama pengiriman ke berbagai negara. Meskipun demikian, Anda harus tetap memperhatikan kondisi dessicant pole tersebut.

Artikel "Silica Gel"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.