Mengenal Jenis Bambu untuk Kerajinan Anyaman dan Produk yang Dihasilkan

Ada beberapa jenis bambu untuk kerajinan anyaman yang selanjutnya digunakan sebagai bahan pembuatan aneka produk kerajinan yang menarik. Berbagai produk yang dihasilkan dapat berguna untuk bahan baku pembuatan aneka produk kerajinan untuk berbagai fungsi.

Dari banyaknya jenis bambu yang dapat tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia, ada 2 jenis yang paling sering digunakan untuk membuat kerajinan. Produk kerajinan dari bambu tidak lepas dari adanya pengolahan bambu menjadi anyaman yang membuat tampilan hasil olahan bambu semakin menarik.

Jenis Bambu untuk Kerajinan Anyaman

Meski banyak sekali jenis bambu yang dapat tumbuh dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, namun ada 2 jenis yang paling sering digunakan untuk kebutuhan kerajinan. Yaitu jenis bambu tali atau bambu apus dan juga bambu wulung.

1.  Bambu Apus

bambu apus setelah proses panen

Bambu apus (gigantochloa apus) adalah jenis bambu yang paling sering digunakan untuk menjadi bahan baku pembuatan produk kerajinan. Secara klasifikasi, bambu apus termasuk dalam:

Kingdom : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub Divisio : Angiospermae

Classis : Monocotyledoneae

Ordo : Poales

Familia : Gramineae

Genus : Gigantochloa

Spesies : Gigantochloa apus

Tanaman bambu apus dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga daerah pegunungan sampai pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Pertumbuhan tanaman ini umumnya membentuk rumpun yang rapat dengan tinggi mencapai 20 meter. Memiliki batang berwarna hijau cerah hingga kekuningan.

Batang bambu apus tidak bercabang di bagian bawahnya. Diameter batangnya mencapai 2,5 hingga 15 cm, dengan panjang ruas 45 hingga 65 cm. Panjang batang yang dapat dimanfaatkan dari bambu ini sekitar 3 hingga 15 meter. Bentuk batang dari bambu tali ini juga sangat teratur.

Pada bagian buku-buku dari bambu apus ada tonjolan dan berwarna kekuningan dengan bulu-bulu halus yang menempel di sekitar buku-buku yang berwarna coklat kehitaman. Secara umum, pertumbuhan jenis bambu ini termasuk lambat.

Meski demikian, pemanfaatan bambu apus untuk diolah menjadi berbagai produk kerajinan bukan hal yang mengherankan lagi. Bahkan, jenis bambu ini merupakan yang paling bagus untuk menjadi bahan pembuatan kerajinan anyaman. Hal ini karena serat bambu apus cukup panjang, lentur, namun juga kuat.

2.  Bambu Wulung

bambu wulung dengan warnanya yang eksotis

Selanjutnya, ada bambu wulung (gigantochloa atroviolacea) yang punya nama lain , di antaranya yaitu pring ireng, bambu hitam, pring wulung, atau awi hideung. Disebut sebagai bambu hitam karena batangnya berwarna hijau kehitaman atau cenderung ke warna ungu tua. Rumpun dari bambu wulung ini juga cukup jarang, laju pertumbuhan tanaman ini juga cenderung lambat.

Berikut adalah klasifikasi dari tanaman ini:

Kingdom : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub Divisio : Angiospermae

Classis : Monocotyledoneae

Ordo : Poales

Familia : Gramineae

Genus : Gigantochloa

Spesies : Gigantochloa atroviolacea

Persebaran pertumbuhan tanaman bambu wulung banyak terjadi di pulau Jawa dan mampu hidup di dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 650 mdpl. Pemanfaatan bambu ini paling banyak digunakan untuk menjadi bahan baku kerajinan anyaman dan juga produk kerajinan perkakas rumah tangga.

Produk Kerajinan dari Anyaman Bambu

Dari pengolahan berbagai jenis bambu, terutama bambu apus dan bambu wulung ada beragam produk kerajinan anyaman bambu. Di antaranya yaitu:

1.  Tas Bambu

tas dari material bambu

Produk tas dari anyaman bambu sudah lama dikenal oleh masyarakat dan banyak digemari. Produk ini dapat digunakan untuk membawa barang bawaan seperti tas pada umumnya, awalnya banyak yang menggunakan tas bambu untuk berbelanja ke pasar.

Seiring dengan perkembangan jaman, kini tas bambu juga memiliki berbagai motif dan warna yang menarik. Tas bambu tetap nyaman digunakan berkat tangan ahli dari para penganyam professional yang membuatnya tidak menjadi produk yang kaku dan keras meskipun berasal dari bambu.

2.  Jenis Bambu untuk Kerajinan Anyaman Lampu

lampu dari material bambu

Pengolahan bambu juga dapat digunakan untuk membuat lampu. Berpadunya cahaya lampu dengan anyaman bambu yang dibentuk indah akan menjadikan lampu yang indah dan menarik. Produk ini sangat diminati di kalangan ekspor karena keunikannya.

Keberadaan lampu dari bambu ini juga kerap diandalkan sebagai penambah kesan dekoratif ruangan. Jenis lampu yang dibuat biasanya adalah lampu gantung dan lampu tidur. Untuk pembuatan lampu gantung biasanya hanya membutuhkan anyaman bambu untuk menjadi penutupnya saja.

Sementara sisanya dapat dikombinasi menggunakan bahan lain, misalnya menggunakan kawat sebagai media  untuk menggantungkannya ke langit-langit. Sedangkan lampu tidur membuatuhkan penutup untuk lampu biasanya dan juga memerlukan tiang untuk media penyangganya.

3.  Figura

figura anyaman bambu

Membingkai foto dengan figura akan membuatnya tampak lebih menarik. Pemanfaatan bambu juga diarahkan untuk pembuatan figura. Produk kerajinan figura yang dibuat dipenuhi dengan motif-motifnya yang unik.

Bukan hanya mengandalkan teknik menganyam, pada figura foto biasanya digunakan pula batang bambu untuk membuat tampilannya semakin menarik. Produk kerajinan bambu yang satu ini biasanya sengaja tidak dilapisi dengan cat untuk membuat tampilannya tetap natural.

4.  Plafon

Plafon dari material Bambu

Produk kerajinan yang dihasilkan bukan hanya berupa produk kecil maupun yang akan menjadi hiasan saja. Namun bisa juga yang memiliki peran penting serta mampu mempengaruhi estetika di dalam hunian. Seperti penggunaan plafon atau langit-langit dari anyaman bambu yang banyak digunakan pada area interior rumah ini.

Karena memiliki tekstur yang kokoh, ketahanan bambu sebenarnya dapat lebih lama dan optimal digunakan jika dibandingkan dengan plafon dari gypsum. Pewarnaan yang melapisi produk ini akan membuat tampilan hunian tampak berbeda dan menyegarkan.

Itulah informasi mengenai jenis bambu untuk kerajinan anyaman beserta ragam kreasi produk yang dihasilkan. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published. Required fields are marked *