celemek yang dijual di pasaran biasanya untuk digunakan di dapur, barista, juga para tukang kayu

5 Tips Membeli Celemek Tukang Kayu yang Tepat

Celemek atau apron tukang kayu (woodworker apron) sangat memengaruhi proses kerja seseorang. Simak panduan dari antijamur.net untuk membeli produk yang paling tepat.

Seiring kemajuan industri kayu, banyak pula perlengkapan yang dibuat untuk mendukung industri tersebut. Salah satunya adalah celemak khusus tukang kayu (woodworking apron).

promo produk white agent wa-250

Celemek seperti ini menawarkan tiga fungsi utama, yaitu:

  1. Melindungi pekerja dari kotoran, cat, dan debu pada saat pengolahan kayu
  2. Meningkatkan efisiensi kerja dengan keberadaan kantong-kantong yang bisa diisi perlengkapan pertukangan
  3. Identitas. Beberapa perusahaan kayu menjadikan apron sebagai salah satu identitas penting perusahaan mereka

Di Indonesia, penggunaan celemek (apron) seperti ini memang masih sangat minim. Banyak pengrajin kayu yang merasa bahwa produk ini tidak begitu bermanfaat dan hanya menambah biaya pembelian saja. Padahal, seperti dijelaskan di atas, produk ini bisa meningkatkan efisiensi kerja. Kerapihan kerja juga akan ikut terangkat saat pengrajin menggunakan apron.

Nah, sebelum melakukan pemnbelian celemek tukang kayu 5 tips di bawah ini untuk mendapatkan celemek yang paling tepat. Sebab setidaknya terdapat 5 pertimbangan yang bisa Anda pakai kala melakukan pembelian.

promo produk biocide insecticide

5 Tips Membeli Celemek Tukang Kayu

Bahan

Sekitar 99% celemek (apron0 yang dijual di pasaran terbuat dari bahan kanvas, waxed canvas, atau kulit. Kelebihan celemek dari bahan kanvas (baik yang waxed ataupun tidak) terletak pada harganya yang lebih murah, bobotnya yang ringan, dan ketahanannya yang baik.

celemek yang dibuat khusus untuk para pengrajin kayu dan tukang kayu

Di sisi lain, celemek berbahan kulit menawarkan keawetan yang lebih ekstra dan biasanya memiliki keunggulan yang tak dimiliki celemek berbahan kanvas. Di luar itu, bahan ini juga bisa melindungi tubuh dari panas dan gesekan ringan dengan benda tajam.

Jadi, silahkan pilih mana bahan yang sekiranya Anda perlukan. Bila budget menjadi consern Anda,  belilah celemek tukang kayu yang terbuat dari bahan kanvas. Namun, bila Anda mendambakan celemek indah yang bisa memberikan proteksi ekstra, maka produk berbahan kulit adalah jawabannya.

Tips: untuk menjaga kualitas bahan kulit, semirlah apron dengan Biopolish setidaknya seminggu sekali.

 Saku pada Celemek Tukang Kayu

Tips membeli celemek tukang kayu kedua yang perlu diperhatikan adalah fitur saku (storage). Ingat, salah satu guna utama celemek ini adalah untuk mempermudah kerja pengrajin kayu. Caranya adalah dengan menyediakan saku untuk wadah benda-benda pertukangan kecil mulai dari pensil hingga gunting.

Apron tukang kayu yang sebaiknya Anda pilih berdasarkan aspek ini adalah yang paling cocok dengan kerja Anda. Contoh, Anda seorang woodworker yang sederhana dan tak membutuhkan beragam alat mendetil. Kerja Anda pun secara umum jarang dilakukan secara tergesa-gesa. Jadi Anda bisa membeli apron yang simpel tanpa banyak saku.

Sebaliknya, bila Anda harus bekerja dengan lebih cepat dengan melibatkan banyak alat, maka belilah apron yang sakunya cukup untuk membawa alat-alat Anda. Meski mungkin lebih mahal, akan tetapi, kerja Anda akan lebih ringan dan efisien.

Kenyamanan

Boleh saja membeli apron kulit yang storage atau sakunya banyak. Namun, bila celemek tersebut tidak nyaman digunakan, maka sia-sialah harga mahal untuk membeli produk itu.

Oleh sebab itu, jangan lupa memperhatikan faktor kenyamanan. Saat Anda hendak membeli produk ini, cobalah untuk memakainya secara langsung. Beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Berat dan ringannya apron. Bila Anda tak ingin celemek yang berat, maka pilihlah yang berbahan kanvas. Namun bila Anda tak keberatan dengan bobot celemek, tak masalah membeli yang berbahan kulit.
  2. Kesesuaian bentuk celemek dengan tubuh. Setiap orang memiliki tipe tubuh yang berbeda-beda. Misalnya ukuran bahu yang berlainan dan lebar perut yang tak sama.
  3. Ganjalan. Beberapa celemek mungkin menggunakan kait-kait atau hal lainnya yang membuat gesekan pada kulit. Hal seperti ini sebaiknya diperhatikan sebab bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam bekerja.

Gaya dan Estetika

Bagaimanapun juga, keindahan celemek tentu harus diperhatikan. Sebab celemek ini akan menjadi pakaian yang Anda kenakan sehari-hari.

Sebuah penelitian dikutip dari Sciencedirect menyebutkan bahwa mood seseorang dipengaruhi apa yang dikenakannya. Oleh karena itulah, banyak perusahaan yang tak segan membayar mahal untuk menentukan warnacelemek yang tepat bagi perusahaan mereka. Biasanya warna yang dipilih adalah warna yang melambangkan semangat dan kerja keras.

Jadi, sama sekali bukan hal yang salah dan kekanakan apabila Anda ingin membeli celemek yang bagus untuk meningkatkan semangat Anda. Apalagi bila Anda hendak membeli celemek ini untuk tim di perusahaan Anda. Tentu celemek tukang kayu yang bagus akan membuat para karyawan lebih bersemangat.

Kemudahan ketika Digunakan

Tips membeli celemek atau apron tukang kayu yang tak kalah penting diperhatikan adalah kemudahannya. Dalam hal ini, Anda perlu memerhatikan beberapa pertimbangan berikut:

  1. Panjang dan pendeknya celemek (arpon). Celemek yang panjang bisa melindungi tubuh Anda lebih baik. Namun bila Anda sering bekerja dengan berjongkok, apron yang panjang justru lebih merepotkan dan akan mudah kotor. Sebaliknya apron yang pendek memang kurang bisa memberikan banyak proteksi. Namun bila Anda sering harus berjongkok atau duduk, maka produk yang pendek ialah pilihan tepat.
  2. Desain celemek. Beberapa celemek didesain terbelah menjadi dua di bagian bawah. Desain ini akan membuat kaki lebih leluasa bergerak. Style khusus seperti ini tentu perlu Anda perhatikan saat membeli celemek tukang kayu.

Simpulan tentang Tips Membeli Celemek Tukang Kayu

Beberapa hal bisa disimpulkan berdasarkan penjelasan di atas:

  1. Celemek tukkang kayu (apron woodworking)adalah produk celemek yang didesain untuk menunjang kerja tukang dan pengrajin kayu. Celemek akan meningkatkan efisiensi kerja sekaligus kerapihan seorang pengrajin.
  2. Di pasaran, ada sangat banyak jenis celemek yang bisa dipilih. Pertimbangan-pertimbangan khusus harus digunakan untuk mendapatkan produk yang tepat.
  3. Beberapa pertimbangan yang tak bisa diabaikan antara lain adalah bahan celemek, keberadaan sakunya, kenyamanan, kemudahan saat digunakan, hingga estetikanya.