5 Akibat Gudang Lembab dan 3 Cara Efektif untuk Mengatasinya

Waspada! Akibat gudang lembab, ada banyak sekali hal yang harus Anda hadapi. Jadi, lakukanlah langkah antisipatif dengan 3 solusi di bawah ini.

Kelembaban udara adalah derajat banyaknya partikel air di dalam udara. Dalam bahasa inggris, kelembaban udara disebut sebagai RH atau relative humidity yang konsepnya berbeda dengan MC (Moisture Content). Nilai MC merujuk pada kandungan air dalam sebuah benda solid, seperti kayu atau bambu.

Kelembaban udara adalah faktor yang sangat mempengaruhi kondisi sebuah benda. Dan karenanya, aspek ini penting dikontrol. Apalagi dalam gudang penyimpanan. Bila RH dibiarkan saja, produk dalam gudang rentan mengalami kerusakan. Kerugian yang diderita pun bisa meningkat teramat pesat.

gudang lembab

Supaya lebih jelas, silahkan simak 5 kerugian yang umum disebabkan kondisi gudang dengan humiditas tinggi sebagai berikut.

5 Dampak Buruk Gudang Lembab

1. Menyebabkan Bahan Membusuk

Kelembaban yang tinggi dan konstan akan membuat sebuah bahan, terutama yang bersifat organik menjadi cepat busuk. Misalnya saja bahan makanan, bahan kertas, sampai minuman.

Pembusukan terjadi karena kelembaban yang tinggi berkorelasi positif dengan aktivitas mikroba pembusuk. Semakin tinggi kelembaban udara, semakin intens mikroba mencoba melakukan dekomposisi. Dan sebagai akibatnya, bahan-bahan yang disimpan di gudang pun bisa lapuk.

2. Menyebabkan Korosi (Karat)

Untuk produk-produk tertentu, tingginya kelembaban pada gudang juga bisa menyebabkan karat. Misalnya saja pada alat-alat elektronik, perkakas dapur seperti pisau, hingga aneka lampu hias.

Karat sebenarnya adalah hasil dari proses pelapukan pada logam. Hal ini diakibatkan semakin intensnya logam bereaksi dalam kondisi lembab. Proses oksidatif yang tinggi itupun akhirnya menyebabkan logam menghasilkan “crust” atau karat.

Karat bukan hanya merusak estetika produk. Pada beberapa alat elektronik, masalah ini juga bisa menyebabkan produk tak bisa digunakan lagi.

alterntif text

3. Gudang Lembab Sebabkan Kesehatan Pekerja Turun

Kondisi humid dalam gudang juga bisa mengancam kondisi kesehatan para pekerja. Mereka bisa mengalami masalah pernafasan, mata, hingga kulit. Apalagi bila kondisi lembab gudang menyebabkan reaksi kimia yang tak diinginkan. Atau, muncul bakteri dan jamur-jamur dalam ruangan.

Persoalan ini jelas tidak baik. Selain tidak berperikemanusiaan (bila pekerja dipaksakan dalam situasi tersebut), perusahaan juga bisa merugi. Sebab semakin banyak pekerjanya yang sakit, yang akan terkena dampaknya tentu adalah perusahaan itu sendiri.

4. Gudang Lembab Sebabkan Perubahan Penampilan Produk

Kelembaban bisa memicu terjadinya reaksi kimia pada produk. Reaksi kimia tersebut bisa saja termanifestasikan dalam wujud perubahan penampilan.

Misalnya saja sebuah kertas yang mulanya berwarna biru terang menjadi kecoklatan. Adanya aksen coklat tersebut disebabkan karena gudang lembab. Partikel-partikel air dalam ruang gudang menempel pada kertas sehingga kertas mengalami perubahan warna.

5. Jamur dan Racun

Munculnya jamur hampir selalu dikaitkan dengan kelembaban yang tinggi. Dan ini memang tidak salah. Jamur, memang perlu kondisi yang lembab untuk tumbuh.

Gudang, apalagi yang menyimpan bahan organik pada dasarnya adalah potensi target hama jamur. Jamur akan hidup dari partikel air di udara dan nutrisi bahan organik. Mula-mula kerusakannya mungkin masih bisa diabaikan, tapi bila dibiarkan terus-menerus tentu masalahnya akan jadi semakin parah.

Pada produk makanan dan obat-obatan, tumbuhnya jamur bisa menjadi masalah yang sangat serius. Bisa saja terjadi reaksi kimia yang menghasilkan zat membahayakan. Sehingga sudah semestinya, dilakukan pencegahan terhadap serangan hama tersebut.

Solusi Atasi Gudang Lembab

Persoalan gudang dengan humiditas tinggi tentu perlu diatasi. Dan untuk melakukannya, ada setidaknya 3 hal yang harus Anda lakukan.

1. Monitor

Monitoring mencakup pemeriksaan kondisi gudang secara rutin dan mengidentifikasi kerusakan pada gudang. Ya, kelembaban udara memang harus dicek setiap waktu. Anda perlu memastikan bahwa tingkat RH tidak sampai pada batas merusak produk. Alat untuk mengukur kelembaban udara sendiri bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko elektronik atau pendidikan.

Adapun, untuk melakukan pencegahan lebih lengkap, Anda juga perlu memeriksa kondisi gudang secara keseluruhan. Perhatikan bila ada kebocoran atau air yang merembes masuk lewat tembok. Hal-hal seperti itu bisa menyebabkan udara dalam gudang benar-benar lembab.

2. Penyerap Kelembaban

Gudang pada umumnya adalah sebuah ruangan tertutup. Untuk menurunkan terjadinya gudang lembab tentu tak mudah. Kita tak bisa sembarangan membuka jendela begitu saja. Sebab udara yang masuk dari luar bisa saja membawa spora dan bakteri yang justru akan membusukkan produk.

Akan lebih baik bila digunakan suatu penyerap kelembaban khusus. Dan untuk keperluan ini, kami memiliki produk yang bisa Anda gunakan, yakni Container Dessicant Pole. Container Desiccant Pole cukup digantungkan di sisi-sisi tembok. Ia pun akan bekerja menyerap kelembaban hingga benar-benar jenuh.

3. Selalu Sedia Fungisida

Selain menggunakan container desiccant, idealnya Anda juga menyediakan fungisida. Fungisida memang tak bisa menurunkan resiko gudang lembab. Namun fungisida bisa mengatasi masalah jamur dan lumut yang diakibatkan RH yang tinggi.

Untuk keperluan ini, produk yang kami sediakan adalah BioCide Surface Film Preservative. Produk tersebut bisa digunakan pada permukaan media yang telah ditumbuhi jamur. BioCide SFP pun bekerja membasmi lumut-lumut perusak produk yang sangat efektif.

Kontak dan Pemesanan

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai Container Desiccant atau BioCide dengan cara menghubungi Customer Service kami. Dengan senang hati, tim Customer Care kami akan memberijkan informasi yang Anda butuhkan. Termasuk, brosur dan data teknis yang Anda perlukan.

gudang lembab

Adapun, bila Anda ingin melakukan pembelian, Anda juga bisa langsung memesan ke CS kami. CS akan meminta data Anda dan mendiskusikan keinginan Anda tersebut. Sekiranya semua sudah beres, CS akan segera memroses pesanan Anda.

Bagaimana kalau ingin beli di toko daring? Tentu saja boleh. Silahkan bertandang ke online shop kami baik itu di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sejenisnya. Pembelian secara langsung juga bisa dilakukan lho, yaitu dengan berkunjung ke Bio Service Point dan agen-agen kami.

Penutup

Beberapa poin bisa dirincikan berdasarkan penjelasan di atas:

  1. Kelembaban udara bisa didefinisikan sebagai derajat atau jumlah partikel air dalam udara. Kelembaban udara akan mempengaruhi kondisi benda dalam suatu ruangan. Misalnya saja dalam gudang.
  2. Pada ruang penyimpanan seperti gudang, kelembaban yang tinggi bisa menyebabkan produk membusuk (lapuk), karat, berubah warnanya, memicu tumbuhnya jamur, dan mengancam kesehatan para pekerja.
  3. Antisipasi jelas perlu dilakukan. Untuk mengontrol dan menekan kelembaban udara dalam gudang, bisa dilakukan langkah monitoring, penggunaan penyerap kelembaban, dan penyedikaan fungisida.
  4. Untuk penyerap kelembabannya, Anda bisa menggunakan produk kami, Container Desiccant.
  5. Sedangkan untuk fungisidanya, Anda bisa memanfaatkan BioCide.

Semoga informasi mengenai dampak dan cara mengatasi gudang lembab ini bermanfaat ya. Terus update dan simak artikel menarik lainnya di antijamur.net.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn