Mengatasi Semut di Gudang dengan Penyerap Kelembaban Ternyata Efektif!

Bagaimana cara mengatasi semut di gudang? Keberadaan semut tak disangka-sangka bisa sangat mengganggu. Karenanya, di kesempatan ini, antijamur.net akan membagikan beberapa tips penting untuk Anda.

Pada artikel sebelumnya, antijamur.net telah mengulas mengenai pengertian dan jenis-jenis gudang. Berdasarkan artikel tersebut, kita bisa mengatakan bahwa gudang merupakan area yang vital untuk berbagai kalangan.

Teruntuk pengusaha, gudang merupakan tempat untuk menyimpan bahan baku hingga produk jadi. Keberadaannya akan mempengaruhi alur produksi yang dijalankan. Bila kondisi gudang memburuk, bahan yang disimpan bisa rusak sehingga mengacaukan alur yang ada. Sebaliknya, bila kondisi gudang ideal, maka alur produksi bisa berjalan lebih lancar.

Adapun, bagi para penyewa jasa pergudangan sendiri, area ini adalah sumber penghasilan mereka. Tentu saja, kondisi gudang yang disewakan harus dirawat dengan baik agar para customer merasa puas.

Selain kedua pihak tersebut, rupanya gudang juga memainkan peran penting untuk bidang yang lebih formal. Misalnya saja untuk negara. Lembaga-lembaga negara dan sosial kerap menyimpan dokumen dan benda-benda penting mereka lainnya di gudang. Kondisi gudang pun harus dijaga agar dojkumen dan benda-benda itu tidak mengalami kerusakan.

Salah satu faktor berpotensi menyebabkan gangguan pada gudang sendiri adalah semut. Serangga koloni ini secara mengejutkan benar-benar bisa membuat pusing tujuh keliling.

Ancaman Semut di Gudang

Semut adalah organisme koloni. Secara umum, serangga ini lumrah ditemui manusia di berbagai tempat. Dan sebetulnya, dalam jumlah tertentu, keberadaan serangga ini sangat bisa ditoleransi.

Yang jadi masalah adalah ketika jumlah semut berkembang menjadi tak terkontrol. Akibatnya, serangga ini bisa:

  1. Memakan aneka produk yang disimpan
  2. Merusak dengan melubangi atau mengotori produk yang disimpan

Gudang yang digunakan untuk menyimpan bahan organic lebih rentan terserang hama ini dibanding gudang non organik. Apalagi bila bahan organik yang disimpan berupa makanan seperti snack dan buah-buahan. Semut menjadi serangga yang benar-benar harus diwaspadai dan karenanya perlu strategi mengatasi semut di gudang yang tepat.

Coba bayangkan, apa jadinya bila Anda memiliki gudang transit yang dipenuhi hama semut? Padahal, gudang Anda sering digunakan untuk bongkar muat buah-buahan yang baru panen. Apabila semut dibiarkan saja di gudang, sudah pasti kerusakan akan terjadi.

alterntif text

Semut bisa saja ikut ke buah-buahan yang baru diangkut. Selama perjalanan, semut yang ikut terangkut memakan buah-buahan yang ada. Alhasil, ketika buah sudah sampai di tempat tujuan, kualitasnya mengalami penurunan signifikan.

mengatasi semut di gudang

Bagaimana Cara Mengatasi Semut di Gudang?

Lantas bagaimana ya cara untuk mengatasi hama ini? Satu hal yang wajib dilakukan jelas menjaga kebersihan. Sebab semut tidak akan merajalela bila sumber makanannya tidak ada.

Sayangnya, beberapa jenis gudang, terutama gudang transit memang agak sukar dijaga kondisinya. Aktivitas di gudang yang sibuk bisa menimbulkan remah-remah makanan yang menjadi sumber energi semut.

Oleh karenanya, untuk gudang seperti ini, pembersihan harus dilakukan lebih sering dan teliti. Selain itu, tanda-tanda sarang semut seperti gundukan di lantai juga harus segera dihilangkan, atau diatasi dengan obat anti semut BioCide.

Selain Kebersihan, Pastikan Humiditas Rendah

Menjaga kebersihan gudang menjadi kunci utama untuk mengatasi semut di gudang yang jumlahnya sudah sangat banyak. Penggunaan antisemut pun tak kalah pentingnya apabila serangan yang dihadapi sudah sangat destruktif.

Namun selain daripada itu, kita sebenarnya juga bisa lho menekan perkembangan semut dengan mengendalikan kelembaban dalam ruangan. Kelembaban ruangan ditentukan berdasarkan kadar air di udara.

Idealnya, gudang memiliki low humidity atau kelembaban yang rendah. Sebab kelembaban yang tinggi dan fluktuatif cenderung berkorelasi dengan keberadaan berbagai organisme seperti jamur dan semut.

Ya, semut. Bukan cuma jamur yang merajalela pada ruangan dengan humiditas yang tinggi. Semut, rayap kayu basah, rayap tanah, dan insekta destruktif lainnya juga bisa bermunculan.

Sebab, kondisi udara yang lembab memang merupakan kondisi ideal bagi hama-hama tersebut. Menurut laman pestdefense, beberapa jenis semut seperti semut Pharaoh cenderung menyukai ruangan yang lembab daripada yang tidak lembab.

Sedangkan laman Bradepast menyebutkan bahwa semut umumnya mendapatkan air dari makanannya. Dan pada kondisi udara humid, benda-benda yang diletakkan di ruangan pun akan ikut lembab. Alhasil, serpih-serpih makanan akan lebih banyak mengandung air dan amat disukai oleh semut. Populasi serangga koloni itupun akan meningkat dengan tajam dalam waktu dekat.

Gunakan Container Desiccant sebagai Solusi Mengatasi Semut di Gudang

Lantas apa yang harus dilakukan? Berdiam diri jelas bukanlah sebuah solusi. Sekiranya Anda ingin mengatasi masalah tersebut, tentu pembersihan pada gudang harus dilakukan dengan lebih telaten.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk humidity absorber kami, Container Desiccant. Container Desiccant pada dasarnya adalah penyerap kelembaban serba guna. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan penyerapan humidity dari kontainer pengiriman hingga untuk gudang.

Di pasaran, tak banyak produk seperti ini. Dan di antara berbagai produk yang tersedia, Container Desiccant menawarkan kelebihan yang sangat menonjol, antara lain:

  1. Kecepatan kerja menyerap kadar air udara dengan sangat efektif dan efisien
  2. Tidak menggunakan bahan-bahan terlarang yang membahayakan kesehatan
  3. Harga terjangkau dan pemakaian hemat
  4. Sangat mudah digunakan karena tinggal digantung saja
  5. Lebih tahan lama dibanding penyerap lain yang cepat jenuh

Pesan Container Desiccant Sekarang juga!

Ayo pesan Container Desiccant. Jika Anda memang benar ingin membeli produk ini, Anda bisa melakukan pemesanan secara online ataupun secara langsung. Untuk pemesanan secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service point dan toko agen yang bekerja sama dengan kami.

Sedangkan bila Anda ingin memesan secara daring, Anda tinggal menghubungi CS kami saja. Atau, Anda juga bisa membeli di berbagai online shop seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Simpulan

  1. Keberadaan gudang sangatlah vital bagi berbagai kalangan. Bagi produsen, gudang diperlukan untuk menyimpan barang hingga untuk tempat return. Sedangkan bagi penyewa gudang, tempat ini menjadi mata pencaharian mereka.
  2. Bagi negara dan lembaga tertentu, gudang bahkan memiliki fungsi untuk menjaga sejarah bangsa dengan penyimpanan dokumen hingga benda-benda dari masa lalu.
  3. Oleh karena sangat penting, sudah seharusnya gudang dijaga dengan baik. Salah satunya dari serangan semut.
  4. Paling sering, semut muncul dan bersarang pada gudang makanan, baik itu makanan kering ataupun buah-buahan segar.
  5. Selain memastikan kebersihan gudang, ada baiknya semut dicegah dengan menurunkan kelembaban ruangan. Humiditas yang rendah terbukti secara signifikan menurunkan potensi serangan jamur hingga semut-semut negara tropis.

Nah, kiranya demikian yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi semut di gudang. Bahasan tentang ini memanglah sangat menarik. Jadi, terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya ya di antijamur.net.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn