Penasaran Berapa Omset Usaha Mebel? Baca Ini

Seorang pengusaha mebel bisa mendapatkan keuntungan sampai milyaran rupiah per bulan. Namun, ada juga yang hanya memperoleh di bawah 5 juta saja per bulan. Sebetulnya, berapa ya omset usaha mebel itu?

Dilansir dari kompas, Frans yang dulunya seorang makelar mendapatkan sukses besar ketika beralih profesi menjadi pengusaha mebel. Pria tersebut mampu mendapatkan sampai puluhan milyar rupiah per bulan. Sebuah angka yang jelas sangat fantastis untuk mayoritas orang Indonesia.

Berita-berita seperti ini banyak sekali bertebaran di dunia maya. Kerap kita menemukan kisah sukses pengusaha mebel yang bisa meraup untung dengan nominal begitu menggiurkan. Ada yang sukses dengan menjadi pengekspor ke Amerika dan Jepang, ada yang sukses dengan menggunakan kayu pallet, sampai ada juga yang sukses dengan menjual produk secara online. Intinya adalah banyak cerita sukses dari para pelaku usaha mebel.

Tapi apakah semua pelaku usaha mebel akan sukses? Tentu saja jawabannya tidak. Banyak lho cerita-cerita menyedihkan dari mereka yang gagal. Beberapa sempat mengalami kesuksesan, namun banyak juga yang bahkan belum mengecap kesuksesan.

Biocide

Sukses dan tidaknya usaha mebel, pada akhirnya tergantung banyak hal. Kami di Bio Industries telah banyak membahas hal tersebut. Anda bisa membaca artikel kami mengenai modal usaha mebel, analisis yang harus dilakukan, sampai poin-poin penting saat membuat proposal. Kami juga menyediakan produk yang bisa Anda gunakan untuk mendukung industri mebel, yakni BioCide Surface Film Preservative dan BioCide Wood Fungicide. Tentu saja kami menghadirkan produk tersebut karena keduanya memiliki manfaat besar yang bisa membantu meningkatkan pendapatan Anda.

Berapa ya Omset Usaha Mebel Saat ini?

Bagi Anda yang ingin mendirikan usaha mebel, tentu wajar bila bertanya mengenai prospek pendapatannya. Dan sebagaimana disebut di atas, ketika kita mencari informasi ini di dunia maya, kita kerap disuguhi dengan kisah sukses yang sangat menggiurkan. Tapi apakah kisah tersebut nyata? Apakah kita bisa meraih kesuksesan seperti itu?

Pada akhirnya semua tergantung dengan usaha dan modal yang kita punya. Masalah modal, misalnya. Ketika kita hanya memiliki modal di bawah 10 juta, tentu tidak masuk akal mengharapkan omset sebesar ratusan juta pada awal-awal produksi. Modal di bawah 10 juta memungkinkan usaha mebel yang sederhana dengan produk yang murah. Misalnya saja usaha mebel kecil yang biasanya menjual meja belajar sampai rak dinding untuk mahasiswa. Usaha seperti itu umumnya bisa meraup omset jutaan rupiah saja, misalnya sekitar 3 juta rupiah per bulan.

Dengan demikian, tidak ada angka yang pasti terkait masalah omset usaha ini. Semuanya sangat tergantung dari modal awal Anda dan juga usaha Anda berikutnya.

Bagaimana ya Agar Omset Usaha Mebel?

Meskipun omset awal usaha mebel berbeda-beda, namun demikian bukan berarti angka omset awal akan stagnan terus. Tentu saja idealnya, omset terus meningkat seiring berjalannya waktu. Jadi, modal Anda bukan hanya kembali namun Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang jauh berkali-kali lipat.

Tips Agar Omset Usaha Mebel Naik

Omset Usaha Mebel

Berikut ini tips supaya usaha mebel Anda berkembang dengan keuntungan yang makin besar.

Lakukan Analisis yang Baik

Pertama, lakukan analisis sebelum membangun usaha mebel. Lakukan juga analisis secara terus menerus. Analisis diperlukan supaya Anda tahu apa yang nanti perlu dilakukan dengan data-data yang didapat dari lapangan. Untuk melakukan analisis yang baik, ada beberapa kunci yang harus diperhatikan. Pertama, data Anda harus tepat, kedua asumsi Anda harus akurat, dan ketiga, Anda tidak boleh memiliki bias-bias pribadi. Contoh analisis yang bisa digunakan adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat).

Modal dan Proposal Usaha Mebel

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah masalah modal. Banyak orang yang ingin mendirikan usaha mebel namun terkendala dana. Ada yang kemudian menggunakan dana seadanya dan membangun usaha kecil-kecilan, namun ada juga yang memutuskan mencari pinjaman. Bagi Anda yang ingin mencari pinjaman, tentu saja nantinya omset usaha mebel harus dipotong untuk mencicil hutang. Pinjaman sendiri bisa didapat dari pihak seperti bank. Untuk ini, Anda mungkin harus membuat proposal usaha mebel. Buatlah proposal yang meyakinkan supaya Anda mendapatkan pinjaman tersebut.

Lokasi

Masalah lokasi memiliki efek yang sangat besar terhadap kelangsungan dan keberhasilan usaha Anda. Karenanya jangan pernah menyepelekan faktor ini. Lokasi idealnya harus strategis. Apalagi lokasi untuk menjual produk Anda (bukan untuk pembuatan). Yang dimaksud lokasi yang strategis, bukan sekadar lokasi yang “ramai” saja. Lokasi yang strategis artinya:

  1. Mudah dijangkau oleh target pasar Anda, misalnya, bukan daerah yang sulit mencari parkiran atau jauh dari jalan raya
  2. Ramai, namun secara khusus ramai dengan target pasar, bukan sekedar orang awam biasa. Misalnya, bila target pasar Anda adalah kalangan rumah tangga, maka tak ada efeknya bila tempat Anda ramai di kalangan mahasiswa

Memilih lokasi yang tepat akan membantu Anda meningkatkan omset usaha mebel secara signifikan.

Offline dan Online

Di era sekarang ini, berbagai transaksi yang kita lakukan sudah makin mendigital. Kita membeli produk secara online, dan berjualan pun juga dilakukan secara online. Banyak yang mengira bahwa transaksi online ini hanya bisa diterapkan untuk produk yang ukurannya kecil. Padahal, produk seperti furniture pun bisa lho dijual secara online. Omset usaha mebel Anda pun pasti bisa meningkat pesat. Anda hanya harus bisa mengakalinya saja. Misalnya, pembelian di batasi untuk wilayah satu kota, produk dibatasi lebih kecil, sampai produk diubah menjadi produk foldable (bisa dilipat).

Selain jual beli, jangan lupa untuk melakukan promosi di dunia maya. Gunakan medium online seperti media sosial, youtube, sampai beriklan di situs-situs kenamaan.

Be Creative

Mebel

Jadilah kreatif dengan usaha Anda. Anda bisa kreatif dalam membuat mebel, atau kreatif dalam menjalankan usaha. Jangan terus stagnan dengan cara dan produk yang sama secara terus menerus sebab hal tersebut justru kurang baik. Toh, Anda juga perlu update dengan trend desain mebel paling baru. Kecuali, bila Anda memang menyasar pasar tertentu, misalnya penyuka mebel vintage. Bila demikian, wajar bila Anda terus menerapkan mebel vintage. Hanya saja, jangan lantas membuat model dan warna yang sama. Dalam hal ini, kreativitaspun tetap harus diupayakan.

Nah, sekiranya itulah hal-hal yang harus diperhatikan bila kita ingin menaikkan omset usaha mebel. Ada berbagai hal yang tak bisa diabaikan mulai dari masalah strategi secara online sampai dengan kreativitas kita membuat furniture. Hal lain yang tak kalah penting adalah mengenai masalah keawetan produk. Pastikan produk Anda awet dengan menggunakan BioCide. BioCide akan membantu Anda membuat produk menjadi lebih awet dan tahan terhadap berbagai jenis hama.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Terus update berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.