Awas Kayu Jadi Jelek Akibat Berbagai Jenis Jamur Blue Stain Ini

Waspadalah! Terdapat beragam jenis jamur blue stain yang menurunkan keindahan kayu. Apa saja jenis-jenis jamur blue stain yang umum ditemukan menyerang kayu tersebut? Berikut ini akan dijelaskan.

Sekilas tentang Jamur

Jamur merupakan organisme yang sering ditemukan di alam. Sayangnya, organisme ini acap kali menyebabkan kerusakan pada kayu. Sebagai hama kayu, terdapat dua kategori jamur yang bisa menimbulkan kerusakan yang berbeda. Yang pertama adalah jamur stain, dan yang kedua adalah jamur decay atau pelapuk. Jamur stain atau noda adalah jenis jamur yang menyebabkan warna kayu berubah. Sedagkan jamur decay adalah jamur yang bisa membusukkan kayu sehingga secara langsung juga menurunkan estetika kayu.

Di antara golongan sap stain fungus, yang umum menyerang kayu, terutama kayu dari pohon berkornus adalah jamur blue stain. Efek jamur blue stain yang mampu menimbulkan perubahan warna ini akan mengakibatkan nilai jual kayu menurun. Terutama bila kayu tersebut diperuntukkan bagi keperluan furniture yang mensyaratkan estetika kayu dengan warna alami yang bagus. Perubahan warna yang terjadi pun bermacam-macam. Dan kadang, kayu pun berubah warna menjadi agak apek ketika terserang oleh hama ini.

Yang menarik, selain biru, menurut beberapa sumber, indikasi keberadaan jamur blue stain juga mencakup perubahan warna seperti hitam, coklat, hijau, dan abu-abu.

Macam-macam Jenis Jamur Blue Stain

Berikut ini beberapa jenis jamur yang tergolong sebagai jenis jamur blue stain:

  1. Endoconidiophora
  2. Ophiostoma
  3. Ceratocystis dari famili
  4. Ascomycetes
  5. Alternaria
  6. Cladophora
  7. Diplodia
  8. Discula
  9. Graphium
  10. Hormodendrum
  11. Hormorema
  12. Leptographium
  13. Scherophoma
  14. Sphaeropsis
  15. Trichosporium
  16. Cytosphora
  17. Curvularia
  18. Botryodiplodia

Di atas ialah pembagian stain fungus menurut genusnya. Dan pada tetiap genus jamur memiliki karakternya sendiri-sendiri. Namun begitu, mereka secara umum akan menyebabkan perubahan warna pada kayu alias discoloration. Lalu bagaimana membedakan mana yang merupakan serangan jamur blue stain dan yang bukan?

Untuk membedakan apakah perubahan warna pada kayu merupakan serangan dari salah satu jenis jamur blue stain, caranya tidak begitu sulit. Gosok-gosoklah kayu pada bagian yang warnanya berubah. Bila ia tidak hilang, maka kemungkinan besar, perubahan warna tersebut diakibatkan jamur blue stain. Apalagi bila kayu yang diserang adalah kayu pinus dan tumbuhan bergetah lainnya.

Alasan jenis jamur blue stain tidak bisa dihilangkan dengan cara penggosokkan sendiri adalah karena penetrasi jamur tersebut sangat dalam. Selain itu, dari ukuran tubuhnya, jamur blue stain termasuk jamur mikroskopis. Ini membuat pengamplasan atau penggosokkan saja tidak bisa untuk membuat jamur ini hilang. Sebab ia berada di antara jaringan sel kayu.

Adakah Jenis Jamur Blue Stain yang Tidak Biru?

Sebagaimana namanya, noda yang diakibatkan oleh hama ini biasanya memang berwarna biru. Di lapangan pun, noda birulah yang sering kali muncul seiring dengan serangan jamur tersebut.

Akan tetapi, kadang kala ada pengecualian di sana-sini. Ya, ada kalanya sap stain hadir dengan warna non biru. Misalnya saja warna hitam, hijau, oranye, kuning, coklat, dan masih banyak lagi. Beberapa orang menolak menyebut jamur-jamur itu sebagai bagian dari blue stain. Namun sebagian yang lain tetap memasukkannya sebagai kelompok jamur blue stain dengan warna yang berbeda.

Gunakan BioCide Wood Fungicide

Untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan jamur ini, sebaiknya lakukan pencegahan dengan sistem treatment yang tepat. Kami merekomendasikan Anda menggunakan BioCide Wood Fungicide dalam treatment anti jamur yang Anda lakukan. BioCide Wood Fungicide sangat efektif digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur blue stain pada kayu. Selain itu, produk ini juga relatif terjangkau dan aman karena tidak membahayakan bila kontak dengan kulit manusia.

Fungisida Biocide Wood Fungicide

Kelebihan BioCide Wood Fungicide Dibanding Fungisida Lain

  1. Dari segi efektivitas, karena dibuat secara spesial sebagai antijamur stain, maka perlindungan yang diberikan sangat bagus dan tepat.
  2. Selain bisa mencegah jamur stain, BioCide Wood Fungicide juga bisa mencegah mikroba perusak kayu yang lain seperti bakteri pembusuk kayu
  3. Mudah digunakan dengan berbagai pilihan metode yang akan dijelaskan di bawah ini
  4. Harga terjangkau dengan penggunaan yang sangat hemat
  5. Dibuat dengan standar keamanan tinggi sehingga bisa mendukung usaha pengawetan kayu modern yang lebih ramah lingkungan
    6. Tahan lama. Perlindungan yang diberikan jauh lebih lama.
    7. Tidak menyebabkan karat hingga permukaan kayu sulit dicat
    8. Bisa dilarutkan menggunakan solvent ataupun air.

Pilihan Metode Menggunakan BioCide Wood Fungicide

Mencegah kerusakan yang disebabkan oleh berbagai jenis jamur blue stain dengan BioCide Wood Fungicide bisa dilakukan dengan beberapa pilihan metode.

1. Pemulasan. Bagi petani pohon, Anda bisa mengoleskan BioCide ke bagian yang ditebang (bukaan). Sebab area ini rentan terkena blue stain. Ketiadaan kulit kayu dan eksposi pada alat penebangan yang digunakan bersama dapat menularkan spora jamur yang tumbuh dengan cepat.
2. Perendaman. Setelah kayu digergaji dan dikeringkan, perendaman bisa diterapkan menggunakan larutan BioCide Wood Fungicide. Perendaman bisa dilakukan secara manual atau menggunakan mesin vakum tekan.

Beberapa metode lain yang bisa diterapkan adalah pencelupan dan spraying. Namun metode spray harus dilakukan ekstra hati-hati dan sesuai regulasi yang ada.

Pesan BioCide untuk Cegah Aneka Jenis Jamur Blue Stain

Dapatkan BioCide Wood Fungicide untuk mencegah jamur blue stain membuat kayu Anda bernoda jelek. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan beberapa cara, antara lain:

  1. Pembelian secara daring di online shop seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya. Silahkan beli di official store kami atau di toko yang dekat dengan Anda untuk menghemat ongkos kirim.
  2. Pembelian secara daring di antijamur.net. Silahkan hubungi Customer Care kami untuk pemesanan secara online.
  3. Pembelian secara langsung di Bio Service Point dan agen kami. Bio Service Point sudah buka di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Sedangkan agen kami tersebar di berbagai kota. Hubungi CS untuk informasi alamat agen yang paling dekat dengan domisili Anda.

Penutup

Kurang lebih inilah yang bisa kami bagikan mengenai jenis jamur blue stain dan bagaimana efeknya membuat kayu menjadi buruk. Dari pembahasan di atas, ada beberapa hal yang dapat kita simpulkan dan ringkas, antara lain:

  1. Jenis jamur stain sangat beragam dengan karakteristik utama adalah menyebabkan noda yang tidak mudah dihilangkan.
  2. Meski dinamai blue stain dan kebanyakan nodanya berwarna biru, namun ada juga blue stain yang hadir dengan noda berwarna lain seperti coklat, hitam, dan kehijauan.
  3. Antisipasi sebaiknya dilakukan untuk mencegah jamur ini. Dalam hal ini, kami menyediakan BioCide Wood Fungicide yang bisa Anda gunakan.

Kiranya, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.