Ini Kerusakan yang Diakibatkan Jamur Blue Stain dan Solusinya

Apa saja jenis kerusakan yang diakibatkan jamur blue stain? Selain perubahan warna, apakah jamur ini bisa menyebabkan kekuatan kayu berkurang? Kami akan menjelaskannya pada kesempatan ini.

Anda yang masih baru di dunia perkayuan, mungkin akan terheran-heran dengan munculnya warna biru hingga kecoklatan pada kayu. Warna tersebut tidak bisa hilang meski sudah digosok dengan keras. Sepertinya, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan memotong kayu yang sudah “terinfeksi”.

Serangan berupa perubahan warna (discoloration) seperti itu umumnya disebabkan jamur blue stain. Jenis kayu yang biasanya terserang jamur ini adalah kayu pinus, mangga, nangka dan tumbuhan bergetah lainnya atau kayu softwood. Lalu apa saja jenis kerusakan yang diakibatkan jamur blue stain?

Efek pada Estetika

Kerusakan yang terjadi akibat jamur blue stain dalam hal ini sangat jelas. Jamur blue stain akan membuat kayu tak tampak dalam warna aslinya. Ini jelas menyebabkan Anda berpotensi mengalami kerugian yang tidak sedikit. Terutama bila kayu Anda ditargetkan untuk penggunaan furniture. Warna kayu Anda yang tampak berjamur akan cenderung dihindari. Sebab selain tampak “menakutkan”, pada jenis finishing tertentu yang memerlukan warna seragam, kayu dengan blue stain jelas memerlukan penyeragaman warna terlebih dahulu.

Dampak Sap Stain pada Kesehatan dan Kekokohan

Blue Stain Sebabkan Reaksi Alergi dan Ispa?

Meskipun banyak jamur menyebabkan gangguan kesehatan khususnya ISPA dan alergi, namun jamur blue stain secara umum tidak membahayakan manusia. Apalagi jamur blue stain umumnya terpenetrasi dalam pada substrat kayu dan merupakan jenis jamur mikroskopis yang penyebarannya disebabkan serangga yang kontak langsung dengan kayu. Perkembangbiakan jamur juga dilakukan dengan pembelahan, dan jarang dengan spora.

Kerusakan akibat Pembusukan?

Kelompok jamur saprofit dan parasit setidaknya bisa dibedakan menjadi dua. Yang pertama adalah jenis jamur stain dan yang kedua adalah jenis jamur pembusuk. Jenis jamur stain atau pengubah warna, secara umum tak akan menyebabkan kerusakan kayu yang signifikan dalam hal pembusukan. Jamur stain, seperti golongan jamur blue stain tidak akan membuat kayu Anda berkurang kualitasnya karena kekokohannya menurun.

Bisakah Kerusakan yang Diakibatkan Jamur Blue Stain Diatasi dengan Cat?

Munculnya noda warna pada kayu yang dikarenakan oleh jamur ini mungkin menimbulkan pertanyaan bagi pembaca. Misalnya, apakah noda tersebut bisa ditimpa menggunakan cat saja?

Pertanyaan seperti ini wajar sekali diajukan. Di lapangan pun, kami sering mendapatkan pertanyaan serupa. Apalagi, tim antijamur.net merupakan bagian dari perusahaan Bio Industries yang menyediakan produk finishing. Sehingga ada saja yang bertanya mengenai cat yang bagus untuk menutupi noda blue stain.

Sebenarnya bisa saja noda ini ditimpa dengan dempul kayu yang bagus. Akan tetapi, tak jarang kami mendapati jamur akan terus tumbuh hingga menembus lapisan dempul itu. Fenomena ini tergolong sebagai suatu fenomena di mana jamur tumbuh di bawah lapisan cat dan untuk mengatasinya, jelas kita perlu menghilangkan cat tersebut dulu.

Kedua, bilapun jamur ini tidak tumbuh dari bawah lapisan cat, namun tidak semua orang ingin mengecat kayunya dengan warna solid. Penggunaan dempul untuk mereka yang ingin mengecat kayu secara natural transparent jelas kontraproduktif. Dus, solusi menimpa cat pada jamur blue stain bukanlah solusi yang benar-benar baik.

Simpulan Efek Kerusakan akibat Jamur Blue Stain

Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa kerusakan yang diakibatkan jamur hanya mencakup estetika kayu saja, namun kerusakan akibat jamur ini sebaiknya tetap harus dihindari. Apalagi, sebagaimana yang disebutkan di atas, kerusakan yang diakibatkan jamur blue stain dalam hal estetika kayu juga bisa menimbulkan kerugian yang jumlahnya sangat besar.

  1. Petani kayu bisa rugi ketika kayu yang dipanennya terserang hama ini
  2. Produsen mebel dan kerajinan bisa dikomplain apabila produk yang dibeli konsumennya terkena jamur ini

Menghindari Kerusakan yang Diakibatkan Jamur Blue Stain

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan yang disebabkan oleh hama ini.

1. Membasahi atau Mengeringkan Kayu

Spora blue stain sangat menyukai kayu yang lembab dan tidak terlindungi. Dengan demikian, banyak pakar menyarankan untuk mengeringkan kayu atau malah membasahinya sekalian. Dua kondisi tersebut terlalu ekstrim bagi spora jamur untuk tumbuh.
Namun, membasahi kayu beresiko membuat kayu rusak. Paparan air yang tinggi bisa berinteraksi dengan kandungan kimia kayu. Kadang akibatnya benar-benar di luar harapan.

Pembasahan juga membuat kayu rentan terserang hama yang lain dari golongan bakteri pembusuk. Oleh sebab itu, kami lebih menyarankan pengerian yang memadai dibanding pembahasan.

2. Menggunakan BioCide Wood Fungicide

Apabila Anda ditugaskan untuk kerusakan yang diakibatkan jamur blue stain pada kayu gergajian siap pakai, barangkali Anda tinggal mengeringkannya seperti saran di atas. Tapi bisakah Anda membayangkan apa yang hendak Anda lakukan bila Anda adalah petani kayu?

Fungisida Biocide Wood Fungicide

Petani pohon kayu kayu sudah cukup kelelahan ketika masa panen tiba. Pekerjaan mereka berat karena harus menebang tanaman-tanaman yang besar itu. Idealnya, batang pohon yang ditebang itu langsung dikondisikan sebaik mungkin. Namun, kenyataannya di lapangan berkata sebaliknya. Sering batang kayu harus menunggu agak lama hingga digergaji lalu dikeringkan.

Dus, perlu obat antijamur yang praktis digunakan. Pada batang pohon, area yang rentan terserang blue stain adalah area tebangan (potongan) yang tidak terlindung oleh kulit kayu. Anda bisa mengoleskannya dengan obat anti jamur yang tepat seperti BioCide Wood Fungicide.

BioCide Wood Fungicide didesain khusus sebagai fungisida untuk melindungi kayu dari jamur ini. Nanti, setelah kayu digergaji, pengawetan yang lebih baik bisa dilakukan dengan metode vakum tekan ataupun metode perendaman. Dengan demikian, kayu Anda bebas dari kerusakan yang diakibatkan jamur blue stain hingga sampai di tangan konsumen.

3. Menggunakan White Agent

Sekiranya blue stain sudah terlanjur menyerang, Anda bisa menggunakan White Agent WA-250. WA-250 adalah produk bleaching kayu tanpa hidrogen peroksida yang bekerja dengan efektif dan lebih aman. Penggunaan produk ini memungkinkan Anda menerapkan finishing transparan natural pada kayu yang pernah terserang hama ini.

Kiranya, inilah informasi dan solusi yang bisa kami bagikan untuk mengatasi kerusakan yang diakibatkan jamur blue stain. Tertarikkah Anda membeli BioCide dan WA-250? Apabila iya, kami selalu menanti kontak Anda atau kedatangan Anda ke Bio Service Point untuk mendapatkan produk ini.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.