Begini Cara Mencegah Jamur Blue Stain dengan Hasil Paling Efektif

Bagaimana cara mencegah jamur blue stain? Serangan jamur ini sulit sekali dihilangkan sehingga kerugian yang ditimbulkan tidak sedikit. Lalu bagaimana cara mencegahnya agar kita tak perlu mengalami kerugian akibat jamur ini?

Apa yang sebetulnya membuat kayu bernilai? Sifatnya yang alamiah? “Look”nya yang indah? Atau teksturnya yang membawa kehangatan?

Semua hal tersebut pada dasarnya adalah yang membuat kayu menjadi material berharga di tengah gempuran bahan-bahan sintetis. Meski saat ini sudah ada mebel plastik, mainan plastik, dan lain sebagainya, namun tetap saja, produk kayu tak tergantikan. Seseorang dengan cepat akan beralih ke produk kayu apabila ia memiliki uang yang cukup untuk membelinya, meninggalkan produk plastik yang lebih murah.

Dus, rasanya naïf bila kita mengira bahwa industri perkayuan tidak akan berkembang ke depannya. Industri ini akan terus dan selalu memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat.

Rentan Hama

Sayangnya, keunggulan-keunggulan kayu tersebut harus dikompensasi dengan beberapa kekurangan material itu. Salah satunya adalah sifat kayu yang rentan sekali terserang hama.

Anda bisa membiarkan plastik di udara terbuka dan tidak akan terjadi apa-apa sebulan kemudian. Namun, kayu mentah yang dibiarkan di ruang terbuka akan menjadi sasaran rayap, kumbang, semut, hingga ayam!

Serangan hama, dengan demikian perlu diperhatikan dalam industri woodworking. Tujuannya agar industri ini tetap kompetitif dengan industri dari bahan lain.

Salah satu hama yang perlu diwaspadai pada industri ini adalah hama jamur blue stain.

Waspada Serangan Blue Stain

Jamur blue stain adalah salah satu jenis jamur yang menjadi momok menakutkan bagi para produsen kayu. Jamur ini memang tak akan membuat kayu-kayu membusuk. Jamur blue stain pun tidak akan membuat kayu berkurang kekokohannya. Hanya saja, jenis jamur ini bisa menyebabkan cacat warna pada kayu. Timbulnya cacat warna ini akan membuat kayu-kayu turun nilai jualnya. Apalagi bila kayu tersebut ditargetkan untuk pasar pengolahan kayu yang mengedepankan estetika seperti furniture. Adanya penampakan jamur menyebabkan ia harus diseragamkan dulu warnanya dengan warna kayu pada umumnya. Dengan demikian ongkos produksi pun harus ditambahkan.

Untuk mengatasi jamur ini, caranya sama sekali tidak mudah. Jamur ini merupakan kelompok jamur mikroskopis yang terpenetrasi jauh di dalam substrat kayu. Ia berada di antara jaringan sel kayu sehingga tidak bisa dihilangkan dengan cara pengamplasan. Meski demikian, Anda bisa menutup noda tersebut dengan bleaching kayu yang bagus WA-250. Pemutih kayu tersebut adalah produk terbaik yang bisa Anda gunakan kala sudah terserang jenis jamur ini.

WA-250 bisa mengembalikan keindahan asli kayu meski mengubah tone-nya menjadi lebih cerah. Produk ini pun bisa bekerja dengan efektif dan tidak bergantung pada sinar matahari. Dan, yang tak kalah penting, WA-250 bukan merupakan pemutih kayu yang mengandung hidrogen peroksida. Dengan demikian, tingkat keamanannya sangat baik apabila dibandingkan dengan pemutih kayu kebanyakan.

Namun demikian, jelas ongkos produksi yang harus ditanggung menjadi lebih besar, Akan lebih baik bila Anda mengaplikasikan langkah pencegahan.

White Agent WA-250

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebagai aplikasi cara mencegah jamur blue stain.

4 Langkah Cara Mencegah Jamur Blue Stain

Mengkondisikan Kayu agar Tidak Sesuai dengan Pertumbuhan Jamur Blue Stain

Jamur blue stain tidak akan tumbuh pada kayu kering atau yang benar-benar basah. Oleh karena itu, Anda bisa mencegah pertumbuhan jamur ini dengan segera mengeringkan kayu log yang baru ditebang atau malah membuatnya sangat basah. Agar proses yang dilakukan makin efektif, Anda juga bisa segera menggergaji kayu log sebelum dikeringkan atau dibuat basah.

Mengkondisikan Ruang Penyimpanan Bersih dan Tidak Lembab

Kayu yang disimpan sangat rentan mengalami serangan jamur blue stain terutama bila kondisi ruang penyimpanannya buruk. Jadi, sebaiknya atur sedemikian rupa kondisi ruang penyimpanan agar tidak sesuai dengan tempat hidup jamur.

Mengawetkan Kayu dengan Treatment Anti Jamur yang Bagus

Beberapa kayu bergetah harus segera diawetkan agar tidak terserang jamur blue stain. Awetkan kayu Anda sebagai salah satu aplikasi cara mencegah jamur blue stain yang Anda lakukan. Pilih treatment pengawetan yang tetap sesuai dengan ancaman jamur blue stain yang berpotensi menyerang. Misalnya, bila ancaman blue stain sangat tinggi, lebih baik treatment yang Anda lakukan adalah dengan cara vakuk tekan.

Mengawetkan Kayu dengan Bahan Anti Jamur yang Bagus

 

Pada treatment pengawetan kayu yang Anda lakukan, gunakan bahan yang kualitasnya bagus. Kualitas bahan pengawet yang bagus akan membuat kayu Anda lebih terproteksi terhadap serangan jamur ini. Kami merekomendasikan Anda menggunakan Biocide Wood Fungicide. Anti jamur tersebut secara khusus diformulasikan untuk mencegah serangan jamur blue stain dan jamur hama kayu pada umumnya.

BioCide Wood Fungicide akan meresap pada substrat kayu dan membuatnya toksik pada spora jamur. Dengan demikian, meski spora jamur sudah menempel pun, kayu akan bebas dari hama tersebut.

Cara Mencegah Jamur Blue Stain dalam 3 Metode

Pencegahan blue stain menggunakan BioCide Wood Fungicide bisa dilakukan dalam beberapa metode. Kuncinya sejatinya terletak pada peresapan bahan ini. Kita bisa merendam kayu dalam larutan BioCide atau sekadar memulasnya menggunakan kuas.
Pada alur produksi kayu, kami menyarankan untuk melakukan pemulasan ke area tebangan kayu langsung setelah proses panen pohon.

Fungisida Biocide Wood Fungicide

Hal ini penting mengingat resiko serangan blue stain sangat tinggi pada masa-masa pasca penebangan. Anda cukup mengoleskan saja BioCide ke area bukaan tebangan yang tidak dilindungi kulit pohon sehingga prosesnya pun sama sekali tidak sulit.

Kemudian, supaya perlindungan yang diberikan lebih efektif, lakukan perendaman kayu menggunakan BioCide yang sudah dilarutkan. Akan lebih baik apabila Anda memiliki mesin vakum tekan. Namun bila tidakpun, perendaman secara manual sudah cukup baik.

Yuk Segera Pesan BioCide untuk Mencegah Jamur Blue Stain

Untuk kontak dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected] Pemesanan akan dilayani oleh CS khusus kami. Pemesanan akan menjangkau berbagai wilayah di Indonesia sehingga bisa mempermudah pelanggan yang jauh dari lokasi kami.

Anda juga bisa melakukan pemesanan online di toko daring seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Silahkan beli di toko ofisial kami atau di toko yang dekat dengan tempat Anda tinggal.
Adapun, untuk pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point dan agen-agen kami. Informasi alamat agen kami bisa Anda dapatkan dengan menguhubungi CS,

Semoga informasi tentang cara mencegah jamur blue stain ini bermanfaat ya. Jangan lupa untuk mengikuti terus berbagai artikel lain di antijamur.net.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.