Ukiran Berjamur? Ini Solusinya!

Begini cara mengatasi ukiran berjamur!

Apa itu seni ukir? Secara umum, seni ukir bisa diartikan sebagai suatu keterampilan untuk mengolah media secara 3 dimensi agar membentuk suatu gambaran atau pola tertentu dengan cara mencungkil atau menghaluskannya. Kesenian ini bertujuan untuk meningkatkan keindahan suatu produk.

Sejarah mencatat, bahwa seni ukir sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Kayu menjadi medium utama untuk pembuatan ukiran. Meski demikian sebetulnya selain kayu, bambu pun bisa dipakai sebagai media untuk mengukir.

Aplikasi Seni Ukir

Seni ukir bisa diterapkan pada berbagai media dan produk. Sampai saat ini, ukiran sering digunakan pada pembuatan furniture. Misalnya saja untuk membuat almari serta meja. Agar almari serta meja itu menarik, diterapkan ukiran di salah satu atau beberapa sisinya.

Penerapan ukiran seperti ini juga bisa menjadi penanda suatu wilayah. Sebab, tiap daerah dan negara memiliki pola ukiran sendiri-sendiri. Di Indonesia, misalnya, kita mengenal ukiran Bali, Manado, Dayak, dan lain sebagainya.

Selain bisa diterapkan pada mebel, ukiran juga bisa digunakan untuk membuat dekorasi wooden craft. Dan meski terbatas, seni ukir kadang digunakan pada pembuatan rumah mewah dengan tema tradisional.

Ketika Ukiran Berjamur

Ukiran sebagaimana produk kayu lainnya juga bisa berjamur. Serangan jamur bisa terjadi akibat substrat kayu yang sejak awal memang mengandung bibit (spora) jamur, saat kayu diolah, atau saat ukiran dikirimkan.

Keberadaan jamur jelas akan menyebabkan kerusakan dan kerugian. Produk tersebut akan berkurang estetikanya, dan pada beberapa kasus, produk lapuk sehingga tak bisa digunakan lagi.

Dari jenisnya sendiri, ada dua jenis jamur yang bisa merusak kayu.

  1. Pertama jamur noda atau jamur stain. Jamur ini membuat warna kayu menjadi gelap seperti kehitaman atau kebiruan. Umumnya, jamur stain menyerang kayu yang baru ditebang. Tapi dalam beberapa kasus, spora jamur stain bisa saja menempel di kayu dalam waktu yang lama, dan baru muncul setelah kayu diolah menjadi ukiran.
  2. Jamur permukaan. Jamur ini memiliki hifa yang bentuknya seperti rambut halus. Jamur permukaan seringkali berwarna putih seperti jamur tempe, meski ada kalanya menunjukkan warna yang lain. Jamur permukaan bisa menyeran kayu dalam berbagai tahapan pengolahan mebel ukiran.

Solusi Ukiran Berjamur

Kerusakan akibat serangan jamur jelas harus diatasi. Dan untuk mengatasinya, kita perlu obat antijamur yang berbeda untuk tiap jenis jamur yang menyerang. Berikut ini tiga bahan yang vital Anda miliki untuk memastikan produk ukiran Anda bebas jamur sampai di tangan pelanggan.

Gunakan BioCide Wood Fungicide dan WA-250

BioCide Wood Fungicide adalah produk fungisida untuk mencegah jamur stain. Sebagaimana disebut di atas, jamur stain adalah jamur yang merusak warna kayu. Jamur ini bersifat mikroskopis, dan tak bisa Anda bersihkan hanya dengan diusap.

Untuk mencegah jamur ini, Anda perlu mengoleskan BioCide Wood Fungicide pasca kayu ditebang. Lalu aplikasikan perlakuan lanjutan dengan merendam kayu dalam BioCide Wood Fungicide. Tahapan ini sangat perlu dilakukan produsen kayu.

Bagi Anda, yang hanya mengolah kayu menjadi ukiran, Anda bisa mengoleskan saja BioCide Wood Fungicide sebelum kayu dicat.

Tapi bagaimana apabila kayu sudah diserang jamur noda / stain? Tenang. Pertama-tama, basmi dulu jamur noda dengan BioCide Wood Fungicide. Setelah itu, perbaiki warna kayu dengan Wood bleaching WA-250. Penggunaan pemutih kayu diperlukan sebab setelah jamur noda menyerang, warnanya akan tetap bertahan pada kayu meski jamur sudah dibasmi oleh BioCide Wood Fungicide.

Biocide

BioCide SFP sebagai Solusi untuk Ukiran Berjamur

BioCide Surface Film Preservative atau BioCide SFP bisa digunakan untuk mengatasi sekaligus mencegah jamur permukaan. Sebagai fungisida pencegah, BioCide Surface Film Preservative bisa dicampurkan ke dalam bahan finishing. Dengan cara ini, bahan finishing akan memiliki proteksi ekstra terhadap serangan jamur. Produk finishing Anda pun tidak akan diserang hama fungi lagi. Namun perlu dipahami, tidak semua jenis cat bisa dicampuri dengan BioCide Surface Film Preservative. Hanya jenis cat water based dan secara khusus cat Bio Varnish yang paling cocok dicampurkan dengan fungisida ini.

Nah, untuk mengatasi jamur permukaan yang sudah meyerang, BioCide Surface Film Preservative bisa digunakan dengan cara diusapkan. Pertama, bersihkan dulu jamur dengan kain lap. Setelah itu, encerkan BioCide Surface Film Preservative sesuai rekomendasi pemaikaian. Larutan BioCide Surface Film Preservative itulah yang kemudian digunakan untuk membasmi jamur permukaan.

Pakai Silica Natural dan Container Dessiccant!

Ukiran berjamur sering terjadi pada masa barang dikirim lewat container. Hal ini disebabkan karena kondisi kontainer yang lembab dan suhu berubah-ubah. Padahal, masa kirim produk ukiran dalam kontainer cenderung lama. Jamur pun kadang tumbuh tidak di furniture berukir kita, tapi tumbuh di wadah produk. Pemesan produk Anda pun bisa menjadi kecewa karena hal ini.

Oleh sebab itulah, perlindungan antijamur dalam kontainer perlu dilakukan. Perlindungan antijamur dalam kontainer bisa memanfaatkan dua jenis antikelembaban sesuai ukuran produk kita.

  1. Silica natural. Silica natural akan menyerap kelembaban dalam wadah kecil. Dengan udara yang kering, jamur pun tidak akan tumbuh. Bagi Anda yang mengirim wooden craft berupa ukiran yang kecil, maka silica natural harus dimasukkan di tiap wadah produk.
  2. Container Dessiccant Pole. Dessiccant pole memiliki fungsi serupa dengan silica, namun memiliki kemampuan anti lembab yang lebih besar. Dessicant pole bisa digantung di ruangan dalam kontainer dan cocok untuk pengiriman produk mebel berukir yang besar.

Beli BioCide dan Silica dengan Cara di Bawah ini!

Kami menyediakan BioCide, silica, serta container desiccant pole! Anda bisa membeli ketiga produk tersebut dengan cara yang sangat mudah lho.

  1. Hubungi CS kami. Diskusikan produk yang ingin Anda beli. Untuk mendapatkan gambaran biaya dan lama pengiriman, berikan data berupa alamat pengiriman serta jumlah produk yang ingin Anda beli.
  2. CS akan memberikan estimasi biaya yang harus Anda bayar sekaligus lama pengirimannya. Lakukan pembayaran apabila pesanan sudah sesuai dengan kehendak Anda.
  3. Kirim bukti pembayaran kepada kami. Kami akan segera memverifikasinya.
  4. Ketika sudah diverifikasi, kami akan segera memproses pesanan Anda.
  5. Tunggu produk sampai di alamat yang Anda kehendaki.

Atau, bagi Anda yang ingin membeli secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Dengan senang hati, kami akan menyambut kedatangan Anda.

Simpulan

Dari bahasan panjang di atas, bisa kita katakana bahwa seni ukir merupakan satu bentuk seni yang tujuan utamanya memperindah suatu produk. Seni ukir sering diterapkan pada mebel dan wooden craft untuk dekorasi. Tapi sebagaimana produk berbahan organic yang lain, produk ukiran bisa mengalami kerusakan. Salah satu penyebabnya adalah serangan jamur atau fungi.

Jamur atau fungi bisa menyerang produk sehingga menimbulkan kerugian yang besar. Dan oleh karena itu, treatment pencegahan sebagai solusi ukiran berjamur harus dilakukan. Di antijamur.net, kami menyediakan berbagai bahan fungisida serta penyerap kelembaban. Anda bisa memesan berbagai produk tersebut sehingga terhindar dari kerugian besar akibat serangan hama jamur yang demikian destruktif.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.