Wow Ini Menariknya Produk Kerajinan Batok Kelapa!

Apa saja ya contoh produk kerajinan batok kelapa?

Tanaman ini sering menjadi icon untuk destinasi wisata di daerah beriklim tropis. Daunnya memiliki bentuk yang sangat khas, dan hampir semua bagian pohonnya memiliki manfaat luar biasa. Buahnya memiliki cairan di dalamnya, sedangkan daging buahnya bisa dimakan. Tanaman tersebut tentu saja adalah Cocos nucifera alias pohon kelapa.

Secara umum, pohon kelapa adalah tanaman yang masuk dalam golongan tanaman palem-paleman. Dalam Bahasa Inggris, tanaman ini disebut coconut karena bermula dari istilah coco. Istilah coco sendiri berasal dari Bahasa Portugis yang artinya kepala. Habitatnya di daerah dengan iklim tropis sampai sub tropis. Dan karena kekhasan serta kebermanfaatannya yang luar biasa, banyak negara yang memiliki julukan khas dengan pohon ini. Misalnya Indonesia yang diberi nama negeri Nyiur Kelapa.

Contoh Produk Kerajinan Batok Kelapa

Pada masa lalu, pohon kelapa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kayunya digunakan untuk membuat rumah sampai untuk kayu bakar, daun untuk membuat wadah, bunganya untuk dimakan, pun buahnya bisa dimakan sekaligus diminum.

Di zaman modern ini, berbagai manfaat pohon kelapa tersebut masih diakui masyarakat. Malah kini, pemanfaatan pohon kelapa sudah jauh lebih meluas. Misalnya saja dari bagian batok kelapa. Tahukah Anda bahwa bisnis kerajinan batok kelapa memiliki prospek yang sangat baik?

Kerajinan batok kelapa bisa diekspor ataupun dijual untuk pasar high end. Jadi bila Anda ingin memulai usaha kerajinan dengan memanfaatkan material ini, jangan ragu untuk mencoba. Berikut ini beberapa contoh produk kerajinan batok kelapa yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Gantungan Kunci

Material batok kelapa bisa difinish dengan warna yang sangat menarik dan pola yang juga cantik. Batok juga bisa dibentuk menjadi beragam wujud. Karenanya, material tempurung buah kelapa ini pun bisa digunakan untuk membuat aneka jenis gantungan kunci. Misalnya, gantungan berbentuk kupu-kupu sampai gantungan dengan bentuk berupa huruf.

Gantungan Kunci Batok Kelapa

Penarangan

Contoh produk kerajinan batok kelapa berikutnya adalah lampu serta wadah lilin. Ya, coconut shell juga bisa digunakan untuk membuat kap lampu lho. Kita juga bisa menggunakannya untuk membuat wadah lilin. Penggunaan batok kelapa ini pasti akan membuat alat penerangan menjadi lebih unik. Anda juga bisa memberikan kesan romantis di kafe atau restauran apabila menggunakan alat penerangan dari batok kelapa.

Suvenir, Boneka, dan Miniatur

Contoh produk kerajinan batok kelapa yang lain adalah aneka jenis suvenir, boneka, serta miniatur. Batok bisa digunakan sebagai kepala miniatur patung, atau bisa digunakan untuk bangunan berbentuk bulat. Selain itu, batok juga bisa dipotong kecil-kecil sebagai pelengkap untuk membuat boneka serta miniatur lainnya. Misalnya dibentuk bulat untuk kancing pada boneka.

Mainan Anak Puzzle

Batok kelapa juga bisa dijadikan mainan anak lho. Warnanya yang menarik dan sifatnya yang aman digunakan anak untuk bermain, membuatnya sangat cocok digunakan. Anda juga bisa membuat puzzle dari material ini.

Dompet dan Aneka Produk Fashion

Beragam jenis produk fashion juga bisa dibuat dari batok kelapa lho. Ada dompet, tas, kalung, sampai gelang yang bisa dibuat menggunakan material batok kelapa. Hasilnya pun sangat menawan. Bahkan tak jarang, ada perusahaan penghasil produk branded yang memanfaatkan batok kelapa dalam berbagai produk mereka.

Selain itu, elemen hiasan dari batok kelapa juga bisa dikombinasikan dengan pakaian. Misalnya saja baju wanita dan rok. Batok kelapa bisa digunakan untuk hiasan pada tali untuk pakaian-pakaian tersebut. Selain bisa memberikan kesan unik, penggunaan batok kelapa juga bisa memberikan kesan yang sangat etnik dan tradisional.

Hiasan Dinding

Contoh produk kerajinan batok kelapa yang lain adalah hiasan dinding. Keindahan tekstur, warna, dan bentuk tempurung kelapa bisa dipakai untuk merangkai hiasan dinding yang terbuat dari kayu, bambu, dan material yang lain.

Vas Bunga

Anda juga bisa membuat vas bunga dari batok kelapa. Vas bisa dibuat dengan bentuk alami batok kelapa (membulat) ataupun dimodifikasi. Silahkan pilih bentuk yang Anda rasa cocok dan menarik.

Sangat menarik bukan berbagai contoh produk kerajinan batok kelapa di atas? Nah, supaya berbagai produk di atas makin meningkat mutunya, aplikasikan beberapa tips di bawah ini.

Wadah Makanan dan Minuman

Kata siapa fungsi batok kelapa untuk wadah makanan dan minuman hanya berlaku di masa lalu? Kenyataannya, sampai sekarang masih ada pihak yang menggunakan batok untuk wadah konsumsi. Penjual jamu adalah contohnya. Biasanya si penjual menuangkan jamunya ke dalam batok yang sudah dibelah menjadi dua sehingga bentuknya seperti mangkok. Kini, restauran dengan gaya tradisional sampai hotel-hotel tertentu ada juga lho yang mengadopsi cara tersebut. Selain lebih etnik dan tradisional, pengalaman makan dan minum pun pasti jadi terasa lain daripada yang lain.

Tips Memperindah Produk Kerajinan Batok Kelapa : Finishing

Produk Kerajinan Batok Kelapa

Banyak orang yang menyukai tampilan alami batok kelapa. Secara umum, tampilan alami batok kelapa memang sangat menarik. Namun demikian, bagi yang lain, tampilan alami ini masih bisa ditingkatkan supaya lebih cantik. Finishing adalah jawaban untuk kebutuhan tersebut. Finishing bisa membuat batok kelapa tampak sangat bagus. Di sisi lain, finishing juga bisa memberikan proteksi pada produk kerajinan batok kelapa sehingga menjadi lebih awet.

Tipe finishing yang bisa diterapkan sendiri sangat beragam. Ada finishing natural dengan warna transparan, finishing solid color, sampai aneka jenis finishing dengan permainan warna yang beragam.

Tips 2: Perlu Obat Pengawet

Tips kedua yang bisa kami sarankan agar produk kerajinan batok kelapa menjadi lebih bermutu adalah dengan memanfaatkan preservatif atau obat pengawet. Obat pengawet yang dimaksud adalah obat anti hama.

Biocide Sfp

Seperti yang kita tahu, bahan organik seperti batok kelapa rentan rusak ketika diserang jamur sampai serangga. Kerusakan akibat hama ini membuat produk menjadi tidak awet. Bukan tak mungkin, produk sudah rusak ketika baru dipajang di toko-toko. Akibatnya, kerugian besar harus Anda tanggung.

Di pasaran, tersedia berbagai jenis pestisida alias antihama yang bisa digunakan. Tapi pilihlah pestisida yang tepat untuk industri kerajinan. Di antijamur.net, kami sedia lho pestisida khusus antijamur. Kami menyediakan BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

BioCide Wood Fungicide bisa digunakan untuk mencegah jamur stain atau jamur yang menyebabkan kerusakan warna. Sedangkan BioCide Surface Film Preservative adalah antijamur yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi jamur permukaan.

Tertarik menggunakan BioCide antijamur? Hubungi nomor kontak kami sekarang juga, ya! CS kami pasti akan melayani Anda dengan ramah dan profesional.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa kami bagikan mengenai contoh produk kerajinan batok kelapa sekaligus tips supaya produk tersebut terlihat menarik. Semoga bermanfaat ya! Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

Selalu basmi jamur dengan BioCide!

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.