Apakah Cuka Bisa Menghilangkan Jamur pada Furniture?

Apakah cuka bisa menghilangkan jamur pada furniture? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini.

Siapa tak terganggu dengan mebel yang berjamur? Bayangkan saja almari atau meja Anda ditumbuhi jamur putih. Selain kurang menarik secara estetika, kehadiran jamur juga bisa menyebabkan berbagai persoalan kesehatan. Apalagi bila Anda memiliki alergi khusus pada spora jamur.

Tak heran, saat menghadapi ini, banyak orang yang kemudian langsung mencari tips cara menghilangkan jamur pada furniture. Berbagai situs pun kerap jadi rujukan. Padahal, belum tentu efektivitas tips-tips tersebut bisa dipercaya. Misalnya saja tips menggunakan cuka. Apakah cuka bisa menghilangkan jamur pada furniture? Kali ini antijamur.net akan mengulas tema tersebut. Namun sebelumnya, yuk cari tahu dulu mengenai vinegar atau cuka.

Pengertian Cuka

Cuka atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan ‘vinegar’ adalah larutan asam asetat dan beberapa campuran bahan lainnya yang memberikan efek pada rasa larutan tersebut. Cuka biasanya mengandung sekitar 5% sampai 20% asam asetate per volum. Kandungan asam asetatnya sendiri diproduksi dari fermentasi etanol atau gula oleh bakteri khusus yang biasa disebut asetic acid bacteria.

Terdapat beberapa jenis cuka. Pembagian cuka ini dibedakan menurut bahan asal cuka tersebut. Sekarang, cuka banyak digunakan untuk bahan memasak, misalnya untuk penambah rasa, pemberian asam pada makanan, sampai untuk membuat acar. Bahkan tak jarang cuka juga digunakan untuk membersihkan berbagai benda.

Apakah Cuka Bisa Menghilangkan Jamur pada Furniture?

Lantas, apakah bahan ini bisa digunakan untuk membasmi jamur? Jamur sebagaimana cuka terdiri dari berbagai jenis. Ada jamur yang mikroskopis, namun ada juga jamur yang makroskopis. Sifat jamur juga berlainan, ada yang biasa hidup di tempat yang sangat asam, namun ada juga yang hanya bisa hidup pada kondisi pH netral.

Di lapangan sendiri, tak jarang beberapa orang menggunakan cuka sebagai bahan untuk membasmi jamur. Bahkan, beberapa website pun menyarankan pembersihan jamur pada mebel menggunakan bahan ini. Salah satu argumen yang paling sering digunakan adalah bahwa cuka adalah material alami atau organik. Jadi, cuka dianggap lebih aman untuk digunakan masyarakat awam.

Benarkah Cuka Bisa Menghilangkan Jamur pada Furniture?

Lantas benarkah tips tersebut? Apakah cuka bisa menghilangkan jamur pada furniture?

Kadangkala cuka memang bisa digunakan untuk membasmi jamur. Namun tak semua jamur bisa dibasmi dengan bahan ini dan efektivitasnya pun tidak selalu baik. Pada banyak kasus, justru penggunaan cuka sama sekali tidak efektif. Sebab ada beberapa jenis jamur yang justru menyukai pH asam yang disediakan oleh kandungan asam asetat pada bahan ini.

Agar lebih jelas dan lengkap, berikut ini kekurangan menggunakan vinegar untuk membasmi hama jamur.

  1. Efektivitasnya kurang. Sebab bahan ini memang tidak dibuat secara khusus untuk membasmi hama jamur. Bahan ini hanya memiliki sifat yang tidak disukai oleh beberapa jenis jamur.
  2. Kadang tidak efektif sama sekali untuk jamur yang justru menyukai kondisi asam.
  3. Kandungan asam yang digunakan bisa merusak substrat atau bahan di mana jamur tersebut hendak dibasmi

Untuk kebutuhan profesional, misalnya untuk treatment antijamur di restauran, hotel, dan lainnya, jelas bahan cuka sama sekali tak bisa diandalkan. Penggunaannya yang tidak efektif justru akan boros dan membuat banyak tenaga terbuang secara sia-sia.

Pun demikian sebetulnya untuk kebutuhan pembasmian jamur sehari-hari. Dibanding menggunakan cuka, jauh lebih murah dan efisien bila kita menggunakan produk antijamur secara langsung.

Daripada Pakai Cuka, Baiknya Gunakan BioCide Saja!

Dengan penjabaran di atas, bisa disimpulkan bahwa pemakaian cuka kurang efektif. Jadi pertanyaan apakah cuka bisa menghilangkan jamur pada furniture sudah terjawab. Tapi pertanyaannya, kalau cuka tidak dikatakan efektif, lantas solusi apa yang harus diambil? Yang jelas, kita tak mungkin membiarkan mebel diserang dan dimakan jamur begitu saja.

Di antijamur.net, kami menyediakan bahan pembasmi jamur mebel yang bagus, lho. Tersedia produk BioCide Surface Film Preservative yang dapat Anda gunakan. BioCide Surface Film Preservative atau biasa disingkat BioCide SFP adalah produk fungisida yang dapat dengan cepat membasmi jamur yang tumbuh pada mebel. Produk ini bisa membasmi beragam jenis jamur permukaan.

BioCide SFP juga Bisa Dicampur Cat!

Biocide

Anda tahu apa yang makin menarik dengan BioCide Surface Film Preservative? BioCide SFP juga bisa dicampurkan ke dalam cat water based. Produk ini bisa membuat produk cat Anda yang biasa menjadi produk cat antifungal.

Anda pun tak perlu repot-repot membeli cat mahal yang memiliki feature tersebut. Jadi, sekiranya lapisan finishing mengalami kerusakan akibat jamur, setelah dibersihkan dengan BioCide SFP, Anda bisa memfinish dengan cat antijamur lagi. Mudah dan sangat praktis, bukan? Dengan cara ini, mebel Anda pun akan terjaga dari serangan jamur di kemudian hari.

Begini Cara Mudah Pesan BioCide

Jadi memang, daripada Anda bingung terus-menerus berjibaku dengan masalah jamur pada furniture, sebaiknya hal itu segera diatasi. Caranya, tentu saja bukan dengan menggunakan cuka yang kurang efektif. Anda bisa memanfaatkan produk yang kami sediakan, BioCide SFP. Untuk membeli produk ini, Anda bisa berkunjung langsung ke Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Yogya, dan juga Cirebon. Anda juga bisa membeli dari agen kami yang alamatnya bisa Anda dapatkan via kontak Customer Service kami.

Bagaimana bila lokasi Anda jauh dari agen dan Bio Service Point? Tak perlu khawatir! Sebab, kami juga menyediakan opsi pembelian secara online lho. Anda bisa membeli dengan menghubungi Customer Service kami terlebih dahulu. CS kami kemudian akan memandu Anda dengan ramah dan juga profesional.

Simpulan

Serangan jamur pada mebel bisa menyebabkan kerusakan yang parah. Mebel akan terlihat buruk dan juga rusak secara fungsional. Apalagi bila serangan jamur itu mengenai bagian furniture yang kayunya kurang bagus. Misalnya saja papan tripleks yang biasanya dipakai di bagian belakang lemari. Oleh sebab itulah keberadaan jamur ini harus segera dihilangkan.

Tapi bagaimana cara menghilangkannya? Beberapa orang mencoba menghilangkan jamur menggunakan bahan alam. Salah satunya adalah cuka. Tapi apakah cuka bisa menghilangkan jamur pada furniture secara efektif? Menurut kami, pemakaian cuka cenderung tidak efektif. Ada juga jenis jamur yang tak bisa dibasmi menggunakan bahan ini sama sekali. Oleh sebab itulah, agar mebel terselamatkan dan Anda tak perlu berkali-kali membasmi organisme parasit itu, ada baiknya digunakan fungisida atau antijamur yang efektif. Produk yang kami rekomendasikan sekaligus kami sediakan di antijamur.net adalah BioCide Surface Film Preservative atau BioCide SFP. Produk ini bisa digunakan untuk membasmi jamur pada furniture mulai dari almari sampai meja dengan sangat baik.

Yuk, gunakan BioCide Surface Film Preservative sekarang juga.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.