Cara Menghilangkan Jamur Pada Furniture Kayu

Banyak cara yang sudah dilakukan untuk mengusir jamur dari furniture, butuh cara menghilangkan jamur pada furniture kayu yang lebih efektif dan efisien.

Sebelum kita lebih jauh membahas cara menghilangkan jamur pada furniture kayu, pertanyaan yang perlu dijawab adalah kenapa jamur tumbuh di furniture kita? Berikut faktor-faktor tumbuhnya jamur pada kayu yang perlu Anda ketahui.

  1. Temperatur, Jamur perusak kayu dapat berkembang pada suhu yang bervariasi, tetapi pada kondisi-kondisi alami perkembangan yang paling cepat terjadi selama periode-periode yang lebih panas dan lebih lembab dalam setiap tahun.
  2. Oksigen, ksigen sangat dibutuhkan oleh jamur untuk melakukan respirasi yang menghasilkan CO2 dan H2O. Sebaliknya untuk pertumbuhan yang optimum, oksigen harus diambil secara bebas dari udara. Tanpa adanya oksigen, tidak ada jamur yang dapat hidup.
  3. Kelembaban, kebutuhan jamur akan kelembaban berbeda-beda, namun hampir semua jenis jamur dapat hidup pada substrat kayu yang belum jenuh air. Jamur pelapuk akan menyerang kayu yang berbeda pada lingkungan yang lembab dalam waktu yang relatif lama. Kayu yang dipasang sebagai komponen bangunan disekitar kamar mandi atau sumur, kayu yang terkena tempias air hujan atau kayu yang terendam air akibat banjir akan mudah sekali terserang jamur pembusuk. Bisa juga menyerang furniture anda seperti meja, lemari, kursi, dipan dan cabinet jika ruangannya lembab dan tidak banyak mendapat sinar.
  4. Konsentrasi Hidrogen (pH), pada umumnya jamur akan tumbuh dengan baik pada pH kurang dari 7 (dalam suasana asam sampai netral). Pertumbuhan yang optimum akan dicapai pada pH 4,5 sampai 5,5
  5. Bahan Makanan (Nutrisi), jamur memerlukan makanan dari zat-zat yang terkandung dalam kayu seperti selulosa, hemiselulosa, lignin dan zat isi sel lainnya. selulosa, hemiselulosa dan lignin yang menyusun kayu terdapat sebagai makromolekul yang terlalu besar dan tidak larut dalam air untuk diasimilasi langsung oleh cendawan.

Jika lima faktor tersebut menyebabkan tumbuhnya jamur, tidak ada tindakan yang pasti kecuali menggunakan obat jamur yang efektif dan efisien. Karena apabila kita hanya membersihkannya dan mengkondisikan ruang agar tetap kering jamur akan tetap tumbuh. Alasannya ialah kita tidak bisa mengendalikan kondisi kelembaban dan temperatur di sekitar tempat funiture kita diletakkan.

Kembali lagi, menemukan cara menghilangkan jamur pada furniture yang paling efektif memang susah. Namun masih ada harapan dengan menggunakan bahan kimia yang relatif aman dan ramah lingkungan, di Indonesia hanya terdapat satu produk seperti ini, yakni BioCide Surface Film Preservative.

Bagaimana mengaplikasikan BioCide Surface Film Preservative?

Cukup campur anti jamur BioCIde dengam air bersih dengan perbandingan 1:100. Lalu kuaskan pada seluruh permukaan furniture Anda. BioCide adalah cara menghilangkan jamur pada furniture yang paling efektif. Produk anti jamur BioCide melindungi furniture Anda hingga 3 tahun lebih.

Selain itu, BioCide sangatlah ekonomis, karena bahan utama campurannya adalah air. Sehingga tidak perlu minyak untuk pelarutnya seperti obat anti jamur kayu pada umumnya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn