Ini Dia 6 Jenis Kayu Warna Hitam dan Gelap dengan Kesan Elegan

Wow, beberapa kayu warna hitam ini memang sangat memesona. Selain ebony, ada juga beberapa kayu eksotik yang sangat indah namun masih jarang diketahui orang.

Keindahan jati, di antaranya terletak pada warnanya yang keemasan. Kayu tersebut pun banyak dipakai untuk membuat mebel hingga kerajinan ukir-ukiran. Namun di lapangan, tentu tak cuma warna keemasan yang dianggap indah.

Selain warna keemasan yang mewah ala jati, warna hitam pun sangat populer. Hitam sendiri merupakan warna yang melambangkan kemisteriusan, elegansi, hingga kesan berkelas. Kayu dengan warna ini akan sangat cocok diterapkan untuk membuat mebel, lantai, hingga beberapa jenis craft.

Di lapangan, tak banyak kayu yang hadir dengan warna hitam. Kebanyakan kayu hanya memiliki warna coklat medium saja.

Namun bila Anda tertarik dengan warna ini, janganlah mudah menyerah untuk mencarinya. Meski pilihannya sedikit, bukan berarti tak ada kayu yang menawarkan warna hitam dan aksen gelap secara umum. Beberapa contohnya sendiri akan dijabarkan sebagai berikut.

Baca juga: Cara Mengatasi Besi Berlumut

Daftar Kayu Warna Hitam dan Gelap

1. Black Mahogany

Mahoni atau mahogani sebenarnya tak sepenuhnya berwarna hitam. Akan tetapi beberapa sub jenisnya hadir dengan warna yang sangat pekat, yakni merah dengan aksen coklat gelap. Dan seiring berjalannya waktu, warna tersebut akan terus menua. Dengan demikian, kayu ini patut Anda pertimbangkan sekiranya Anda menyukai warna hitam dan gelap.

kayu mahoni hitam
dark mahogany

2. Walnut

Jenis kayu warna gelap kedua yang juga bisa dipertimbangkan adalah walnut. Walnut, terutama black walnut memiliki warna yang juga sangat gelap. Dan dengan sifatnya yang kuat dan tahan lama, kayu ini menjadi pilihan menarik sebagaimana kayu mahogany.

3. Cocobolo

Tak pernah mendengar nama kayu ini? Bisa dipahami! Sebab cocobolo memang bukan kayu yang populer.

Namun kayu ini memiliki tampilan yang sangat indah. Cocobolo memiliki warna yang beragam dari kuning, gelap, hingga ungu kemerahan. Seiring berjalannya waktu, warna kayu akan menua, dan biasanya tampak dengan aksen oranye yang sangat gelap.

4. Wenge, Kayu Warna Hitam yang Langka

Wenge adalah salah satu kayu yang langka di dunia. Kayu ini memiliki warna coklat gelap hingga hampir sepenuhnya hitam. Dan meskipun sangat padat, namun, kayu ini cukup mudah untuk diolah terutama setelah dipotong lurus.

5. Rosewood

Beberapa jenis rosewood ternyata hadir dengan warna gelap yang sangat indah lho. Jadi bila Anda penyuka rosewood dan warna hitam, pilih saja varian black rosewood.

Kayu warna hitam
black rosewood

6. Ebony

Ya, siapa yang tak tahu eboni? Malahan, ketika orang berpikir tentang kayu warna hitam, mereka pasti langsung membayangkan eboni.

Padahal, eboni sebanarnya memiliki warna yang cukup beragam. Namun aksen gelap dan warna hitam sangatlah umum pada kayu ini.

Berdasarkan jenisnya sendiri, eboni bisa dibagi lagi ke dalam beberapa subtype. Kelima di antaranya adalah:

  1. Ceylon Ebony (nama ilmiah: Diospyros ebenum). Kayu ceylon ebony berasal dari pohon yang banyak terdapat di Indonesia, India, dan Sri Lanka.
  2. African Ebony (nama ilmiah: Diospyros mespiliformis). Tipe ini kadang juga disebut jackalberry dan ukuran pohonnya umumnya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran pohon lainnya. Salah satu kelebihan kayu ini adalah sifatnya yang tahan rayap.
  3. Gaboon Ebony or Gabon Ebony (nama ilmiah: Diospyros dendo). Kayu ini berasal dari Gabon, Afrika. Warnanya coklat gelap dengan garis-garis keabu-abuan yang indah. Hingga hari ini sendiri, jenis ini banyak digunakan untuk membuat alat musik.
  4. Macassar Ebony (nama ilmiah: Diospyros celebica). Inilah kayu eboni asli Indonesia. Tanaman tersebut tumbuh di Sulawesi dan bisa mencapai tinggi hingga 65 kaki. Warnanya sendiri sangat unik, coklat dengan adanya belang-belang hitam.
  5. Pale Moon Ebony (nama ilmiah: Diospyros malabarica). Tipe ini banyak terdapat di Asia Tenggara. Pale moon memiliki warna yang gelap meskipun buahnya sangat kuning.
kayu eboni makassar
kayu eboni makassar

Jaga Kayu Warna Hitam dari Jamur dengan BioCide Surface Film Preservative

Warna hitam dan gelap pada kayu memang sangat memesona. Tapi warna pada kayu tersebut, sayangnya bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan proses oksidasi di mana paparan ultra violet dan bahan kimia mengenai kayu.

Oleh sebab itulah, kayu seharusnya dirawat secara berkala. Caranya dengan:

  1. Menggunakan polish atau poles kayu yang bagus, terutama yang berbahan beeswax
  2. Mengecat kayu secara berkala agar kayu selalu terlindung
  3. Menjaga kayu dari hama yang bisa menyebabkan pembusukkan

Khusus untuk tips yang terakhir disebut, Anda bisa mengandalkan produk kami, BioCide Surface Film Preservative. BioCide Surface Film Preservative atau BioCide SFP merupakan fungisida sekaligus anti lumut dengan bahan aktif yang bekerja dengan efisien.

Produk ini bisa digunakan dengan cara:

  1. Dioleskan pada area yang berjamur dan berlumut sehingga hama yang tumbuh dan sporanya terbasmi
  2. Dioleskan pada permukaan kayu warna hitam untuk mencegah pertumbuhan jamur dan lumut
  3. Dicampurkan ke bahan finishing water based

Penggunaan BioCide SFP akan memberikan proteksi yang benar-benar bagus. Jadi, sebaiknya, gunakanlah produk ini.

Ini Alasan Menggunakan BioCide Surface Film Preservative untuk Aneka Kayu Warna Hitam

Di pasaran, produk fungisida kayu sebenarnya tidak hanya BioCide SFP saja. Ada produk lainnya yang bisa digunakan. Namun jumlahnya tidak banyak, pun kualitas BioCide SFP masihlah yang terbaik. Berikut ini beberapa kelebihan BioCide SFP.

  1. BioCide Surface Film Preservative adalah produk serba guna yang bisa dipakai untuk mengatasi lumut, jamur, sekaligus beberapa jenis serangga
  2. Produk ini tidak menyebabkan kayu sulit dicat atau permukaannya jadi licin seperti oil based preservative
  3. Produk ini memberikan perlindungan yang sangat baik dan tahan lama
  4. Harganya yang terjangkau membuatnya sangatdisukai para pelaku usaha. Apalagi penggunaannya juga hemat sebab tersedia dalam konsentrasi tinggi
  5. Dibuat dengan standar keamanan menurut regulasi yang berlaku
  6. Bisa dicampurkan ke bahan finishing tertentu, umumnya yang water based seperti cat BioColours
  7. Bisa bekerja dengan efektif dan efisien

anti jamur untuk kayu warna hitam

Pembelian dan Info Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih lanjut dan juga pembelian, silahkan hubungi CS kami. Anda bisa membeli secara daring ataupun secara langsung. Bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point atau agen-agen kami.

Simpulan

  1. Di antara berbagai warna kayu, warna-warna gelap seperti hitam selalu memiliki tempat tersendiri.
  2. Warna gelap memberikan kesan misterius, berkelas, dan juga elegan. Warna ini cocok sekali digunakan pada furniture, lantai, dan juga beberapa jenis kerajinan.
  3. Di dunia sendiri, dikenal lumayan banyak kayu dengan warna hitam dan gelap. Selain eboni, ada juga kayu mahoni hitam, black rosewood, dan lain sebagainya.
  4. Bahkan kayu eboni sendiri sebetulnya masih bisa dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Misalnya eboni Makassar, eboni Ceylon, dan ebony Afrika.
  5. Agar kayu warna hitam tersebut selalu terjaga keindahannya, jagalah ia dari jamur dan lumut dengan menggunakan BioCide Surface Film Preservative.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk Anda, ya. Nantikan informasi menarik lainnya di sini.