Cara Mengatasi Besi Berlumut dengan BioCide Surface Film Preservative

Bagaimana cara mengatasi besi berlumut? Mari simak tutorial lengkap dan beberapa tipsnya di bawah ini.

Material seperti besi sering digunakan untuk membuat furniture hingga bangunan. Misalnya saja untuk membuat kursi, meja, bangku taman, pagar, hingga tangga interior.

Dibandingkan dengan kayu, besi menawarkan beberapa kelebihan. Salah satunya adalah tampilan metaliknya yang menarik dan sifatnya yang sangat kokoh.

Namun demikian, tentu material ini pun memiliki kekurangan-kekurangan tersendiri. Salah satunya sifatnya yang tetap bisa diserang hama meski bukan bahan organik.

Hama yang menyerang memang bukan rayap atau teter yang menggerogoti bahan tersebut. Umumnya hama yang menyerang berasal dari golongan lumut. Ya, lumut. Pada produk berbahan besi untuk outdoor (misalnya garden furniture), serangan lumut sering sekali terjadi.

Sebenarnya, lumut tidak hidup dengan menyerap nutrisi pada besi. Lumut hanya tumbuh pada noda bernutrisi hara yang menempel di permukaan logam tersebut. Namn bila dibiarkan, lama-kelamaan besi tetap bisa rusak. Sebab materialnya akan mengalami oksidasi akibat kelembaban tinggi setelah ditumbuhi oleh lumut.

Lantas, bagaimana cara untuk menghilangkannya? Di antijamur.net kami menyediakan BioCide Surface Film Preservative. Obat ini adalah produk terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi serangan lumut.

Cara Mengatasi Besi Berlumut dengan BioCide SFP

1. Pembersihan

Lakukan pembersihan secara manual terlebih dahulu. Sebab bila tidak, maka obat yang digunakan hanya akan mengenai kotoran yang menempel saja.

Pembersihan bisa dilakukan menggunakan amplas ataupun sikat. Lakukan dengan hati-hati dan pakailah perlengkapan keamanan yang diperlukan.

Pembersihan tak perlu dilakukan sampai tuntas ya. Sebab bilapun Anda menghilangkan semua lumutnya, ke depan sporanya masih bisa tumbuh dengan subur. Jadi, setelah dibersihkan ala kadarnya, sebaiknya bilas dengan air dan biarkan hingga permukaan besi agak mengering.

Mengatasi Lumut Di Besi

2. Aplikasi BioCide SFP

Pembersihan dengan BioCide SFP untuk mengatasi besi berlumut sangatlah krusial dilakukan. Sebab pembersihan manual biasnaya bersifat sementara.

Untuk menggunakan BioCide SFP sendiri, Anda tinggal mengencerkannya menggunakan air sebesar 1,5% hingga 3% sesuai tingkat serangan lumut.

Setelah itu, silahkan kuaskan dengan hati-hati di permukaan lumut yang tumbuh di besi. Gunakan sarung tangan dan perlengkapan keamanan yang lain ya.

3. Masa Tunggu

Biarkan BioCide SFP bereaksi. Setelah beberapa saat, lumut dan sporanya akan benar-benar terbasmi. Jadi, Anda tinggal membilasnya dengan air lalu mengering-anginkannya saja. Dan voila, Anda pun sudah selesai menghilangkan lumut di besi dengan efektif.

Catatan Saat Mengatasi Besi Berlumut

  1. Awas karat! Saat membersihkan permukaan besi yang tak hanya berlumut, namun juga berkarat, Anda harus waspada. Gunakan masker hingga kacamata pelindung.
  2. Berhati-hatilah bila Anda alergi pada spora lumut. Ketika Anda mulai bersin, pusing, dan gatal sebaiknya hentikan aktivitas Anda dan mintalah orang lain untuk menggantikannya.
  3. BioCide SFP harus diaplikasikan dengan hati-hati. Jangan sampai produk ini mengiritasi kulit dan mata Anda. Setelah digunakan, simpanlah produk di tempat yang sejuk, terhindar dari sinar matahari langsung, dan jauh dari jangkauan anak kecil.

Kenapa Harus Mengatasi Besi Berlumut?

Alasan estetika biasanya menjadi landasan kenapa orang-orang ingin mengatasi produk besi mereka yang ditumbuhi lumut. Namun sebetulnya, ada jauh lebih banyak manfaat melakukan pembersihan lumut dibanding bila tidak melakukan apapun sama sekali.

  1. Dari aspek kesehatan, besi berlumut biasanya juga berkarat dan sangat licin. Pembersihan lumut sekaligus karat akan meningkatkan kesehatan di lingkungan terkait.
  2. Keindahan. Tumbuhnya lumut menyebabkan kesan kumuh, kotor, dan tak terawat.
  3. Persepsi. Bila Anda memiliki usaha kafe atau restauran, keberadaan lumut harus diatasi segera. Sebab organisme ini bisa membuat pengunjung enggan mampir ke tempat usaha Anda.
  4. Aspek ekonomi. Sebelum kerusakan terjadi semakin parah, tentu lebih baik bila lumut yang terlanjur tumbuh segera ditangani.
  5. Aspek harga. Bila Anda menjual rumah atau tempat usaha, namun banyak terdapat lumut di bagian besi (seperti pagar), tentu harga jual bangunan bisa turun.

Singkat kata, pembersihan lumut memang lebih mendatangkan faedah dibanding mudharatnya. Yang penting hanyalah memastikan kita melakukan pembersihan itu dengan hati-hati.

Mencegah Besi Berlumut untuk Jangka Panjang

Untuk mengatasi besi berlumut, kita memang bisa menggunakan BioCide Surface Film Preservative. Namun demikian, perlu dipahami bahwa pembersihan material besi memiliki resiko tersendiri. Sebab seperti tertulis di atas, acap kali, besi yang ditumbuhi lumut juga mengalami pengkaratan.

Tentu, kita harus ekstra hati-hati ketika berhadapan dengan rustic atau kawat seperti ini. Salah-salah, karat bisa masuk ke dalam mata atau terhirup hingga ke paru-paru.

Biocide

Oleh karena itu, alangkah lebih baik bila kita melakukan langkah-langkah pencegahan agar hal yang sama tidak terjadi ke depannya. Tenang, tidak sulit kok mencegah besi berlumut meski material itu diletakkan di outdoor sekalipun.

Yang harus dilakukan hanyalah:

  1. Wajib mengecat besi dengan cat eksterior
  2. Wajib melakukan pengecatan secara berkala, misalnya setiap setengah tahun atau satu tahun sekali
  3. Menjaga kebersihan di sekitar produk berbahan logam tersebut
  4. Meminimalisir kelembaban di sekitarnya, misalnya dengan memotong rerumputan dan tanaman yang lain
  5. Mencampurkan BioCide SFP pada cat water based yang diaplikasikan. Penggunaan BioCide SFP memungkinkan Anda membeli cat eksterior yang biasa saja. Setelah ditambahkan BioCide SFP, cat tersebut akan memiliki feature ekstra anti lumut. Alhasil, Anda bisa menghemat biaya pembelian cat anti lumut yang biasanya lebih mahal.

Informasi Lebih Lanjut dan Pemesanan

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai BioCide Surface Film Preservative dengan menghubungi CS antijamur.net. Anda boleh bertanya sepuasnya mengenai produk ini. CS kami akan memberikan jawaban yang memadai dan bila diperlukan disertai dengan data-data yang diperlukan.

Adapun untuk melakukan pembelian, Anda juga bisa meminta panduan dari CS. Namun bila Anda bermaiksud melakukan pembelian secara langsung, silahkan kunjungi kami di Bio Service Point.

Simpulan

Beberapa hal penting dapat kita simpulkan berdasarkan penjelasan di atas:

  1. Besi merupakan salah satu jenis bahan logam yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh pemanfaatan besi bisa dilihat pada bidang pembuatan mebel dan konstruksi bangunan.
  2. Dibandingkan dengan kayu, besi memang tak mudah dimakan hama. Dan ini menjadi suatu keunggulan tersendiri. Namun demikian, bukan berarti masalah hama bisa diabaikan begitu saja.
  3. Salah satu hama yang hampir pasti menyerang besi yang tak dilindungi dengan baik adalah lumut. Lumut merupakan organisme yang bisa berotosintesis namun dengan rentang hidup lebih tinggi dibanding tanaman.
  4. Keberadaan lumut jelas harus diatasi. Cara terbaik untuk mengatasi besi berlumut adalah dengan menggunakan BioCide Surface Film Preservative.
  5. Untuk mencegah agar besi tak diserang hama yang sama, jangan lupa aplikasikan cat outdoor tahan lama yang juga dicampuri zat anti lumut BioCide Surface Film Preservative.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa ikuti berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.