veneer hickory

Pohon hickory mungkin tak terkenal di Indonesia. Pun begitu dengan veneer kayu hickory. Namun demikian, ternyata veneer dari kayu tersebut potensial lho untuk membuat mebel. Kenapa, ya?

Sekilas Pohon Hickory

Pohon hickory adalah pohon yang tergolong dalam genus Carya. Sebetulnya, pohon ini terdiri atas beberapa spesies dengan jumlah total mencapai angka 19 yang distribusinya meluas di berbagai belahan dunia. Hickory adalah tanaman angiosperma yang memproduksi bunga dengan ukuran kecil berwarna kuning kehijauan dan biasanya akan bermekaran pada musim semi.

CS Anti Jamur

Sepanjang pertumbuhannya, tanaman ini bisa mencapai ketinggian sampai 120 kaki. Namun kecepatan pertumbuhannya tergolong lambat, dan pohon baru dikatakan dewasa ketika sudah berusia 200 tahun. Oleh sebab itulah, dari 19 pohon spesies tanaman ini, hanya 4 saja yang bisa dikomersilkan. Di Amerika di mana kayu ini populer, kayu ini hanya menyumbang angka 2 persen dari total seluruh kayu di pasaran.

Karakter Kayu Hickory

kayu hickory

Bagian sapwood atau kayu gubal memiliki warna putih hingga krem. Adapun bagian teras atau dalamnya memiliki warna merah kecoklatan. Dengan kata lain, terdapat kontras yang begitu jelas antara bagian gubal dan teras kayu ini. Sifat ini pun sering digunakan orang untuk membedakan kayu hickory dengan kayu yang lain.

Di pasaran, kontras warna kayu luar dan dalam ini sering dijual dalam bentuk “calico hickory”. Calico hickory adalah istilah untuk menyebut grade kayu tersebut yang dijual dengan tampilan merah coklat dan putih krem dalam satu potongan kayu untuk tujuan estetika.

Adapun, ciri lain kayu ini adalah:

  1. Sangat berat
  2. Kuat
  3. Keras
  4. Memiliki resistensi terhadap shock atau kejutan yang baik dan fleksibel
  5. Pola serat lurus dan permukaannya kasar

Kekerasan kayu ini kadangkala membuatnya sulit untuk diolah dalam industri woodworking. Selain itu, kayu ini juga mudah pecah karena kekeringannya. Namun di sisi lain, kekeringan kayu ini membuatnya mudah dicat serta dilem. Aplikasi finishing secara umum sangat mudah dilakukan dengan hasil sangat baik pada kayu ini

Kegunaan

  1. Sebagai kayu bakar
  2. Sebagai kayu khusus untuk membuat beberapa makanan karena bisa memberikan efek tersendiri
  3. Untuk membuat mebel
  4. Untuk membuat lantai kayu
  5. Untuk material konstruksi bangunan
  6. Digunakan untuk pegangan misalnya untuk pegangan palu dan kapak
  7. Pembuatan berbagai jenis produk home décor

Veneer Kayu Hickory

Di atas kita telah membahas mengenai pohon hickory serta karakteristik kayunya. Secara umum bisa dikatakan bahwa para woodworker menyukai kayu ini. Apalagi kayu ini memiliki performa terbaik dalam Janka Ball Test.

veneer hickory (2)

Salah satu wujud pemanfaatan kayu hickory sendiri adalah dengan pembuatannya sebagai veneer. Veneer memungkinkan kayu ini untuk:

  1. Diolah lebih mudah dengan tampilan hickory yang tetap bisa dipertahankan. Sebagaimana disebut di atas, kadangkala woodworker kesulitan menangani kayu ini karena sangat keras
  2. Didistribusikan ke daerah lain di mana kayu ini jarang. Pendistribusian veneer kayu ini jelas lebih memungkinkan dibanding distribusi kayu solidnya

  3. Di Indonesia, meski tak banyak, namun ada juga pelaku usaha mebel yang menggunakan kayu ini. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi pemilihan kayu tersebut. Yang pertama, untuk menghadirkan mebel kayu hickory yang memang sangat jarang tersedia di pasar lokal. Dan yang kedua untuk diekspor kembali ke negeri Paman Sam. Yang terakhir itu biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan budget produksi di Indonesia yang murah. Dengan demikian, pelaku usaha akan mendapatkan keuntungan ketika bisa mengekspor produk yang memang diminati di Amerika namun dengan biaya produksi yang lebih terjangkau di Indonesia.

Meningkatkan Keawetan Mebel dengan Veneer Kayu Hickory

Secara umum, kayu ini adalah kayu yang tergolong awet. Tingkat kekerasannya membantu kayu ini bisa bertahan dari serangan berbagai jenis hama. Namun dalam bentuk veneer, tentu level keawetan kayu ini tak bisa dipertahankan sebagaimana adanya.

Oleh sebab itulah treatment pengawetan harus dilakukan. Belum lagi ketika Anda mengombinasikan penggunaan veneer ini dengan kayu lain yang tingkat keawetannya kurang baik. Salah satu treatment pengawetan yang wajib Anda lakukan adalah treatment pengawetan untuk mencegah serangan jamur.

Mengapa Jamur?

Serangan jamur memiliki peluang terjadi lebih tinggi dibanding serangan hama lainnya. Contoh, ketika Anda menaruh mebel untuk disimpan sementara waktu di gudang, bisa jadi mebel Anda aman dari rayap. Sebab Anda sudah menutup jalan masuk rayap di ruangan gudang tersebut. Namun serangan jamur dari ventilasi udara sampai spora yang menyangkut di baju Anda bisa mendatangkan bencana lain. Bagian mebel yang di pojokan, misalnya, mungkin rusak akibat hama tersebut.

kayu berjamur (3)
Jamur blue stain

BioCide, Solusinya!

Untuk mencegah jamur, gunakan secara dini produk fungisida atau antijamur yang bagus. Di sini, produk yang kami rekomendasikan adalah BioCide. Produk ini memiliki cara kerja yang sangat efisien dan juga efektif. Kelebihan lainnya, BioCide tersedia dalam kemasan yang lebih hemat dengan harga yang juga terjangkau. Penggunaan pelarut air juga membuat BioCide lebih aman dan hemat ketika diaplikasikan.

Selain itu, terdapat dua varian BioCide untuk kebutuhan yang berbeda:

  1. BioCide Surface Film Preservative untuk mencegah dan membasmi jamur tempe, lumut, bakteri, dan jamur-jamur di permukaan kayu.
  2. BioCide Wood Fungicide untuk mencegah jamur noda seperti blue stain

Mudah Dipesan dan Konsultasi Gratis

Pembelian BioCide untuk memastikan mebel dengan veneer kayu hickory Anda lebih awet, bisa dilakukan dengan sangat mudah. Anda bisa membeli lem ini di Bio Service Point milik perusahaan Bio Industries. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon.

Selain itu, Anda juga bisa membeli produk ini secara online di antijamur.net secara langsung. Hubungi saja nomor hotline kami dan Anda akan segera tersambung dengan Customer Service kami yang ramah dan juga profesional. Anda juga bisa membeli lem ini via berbagai toko daring. Kami telah menyediakan opsi tersebut secara khusus kepada Anda yang memang terbiasa belanja di online shop seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak,d an masih banyak lagi.

Kesimpulan

Veneer adalah lapisan tipis kayu solid yang biasanya dibuat untuk maksud dekoratif. Namun tak jarang veneer juga didesain untuk memberikan perlindungan pada lapisan kayu di bawahnya.

Produksi veneer kerap kali memperhatikan kecenderungan di pasar. Kayu-kayu yang dianggap populer dan mudah diolah serta memiliki estetika yang baik sering dijadikan material veneer.

Salah satu produk veneer yang beredar di pasaran adalah veneer kayu hickory. Sebetulnya, produk ini tak banyak dikenal di Indonesia. Namun produk ini banyak digemari pasar Amerika Serikat. Penggunaannya di Indonesia sendiri dilakukan dengan beberapa tujuan. Pertama untuk menghadirkan mebel dari kayu yang tak biasa di pasar lokal, dan kedua untuk diekspor kembali ke Amerika dalam produk furniture jadi.

Sangat menarik, bukan? Tunggu informasi menarik lainnya dari kami masih di antijamur.net. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

CS Anti Jamur